,

5 Hal Asyik Ketika Mengunjungi Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun Teh Wonosari merupakan salah satu tujuan agrowisata yang ada di malang dan dikelola oleh pemerintah setempat. Bahkan, objek wisata ini menjadi wisata agro teh yang paling populer di Jawa Timur, lho! Buat kamu yang berkesempatan untuk berlibur ke Malang, Jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini.

Apa Saja Fasilitas Kebun Teh Wonosari?

Sebagai salah satu wisata andalan Malang, Kebun Teh Wonosari telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas memadai seperti tempat parkir, wifi hot spot, Kafe Tea House, lahan perkemahan, swalayan, paket outbound, musala, toilet umum, hingga penginapan untuk kamu yang mau menghabiskan beberapa hari di Kebun Teh Wonosari.

Jam Buka dan Tiket Masuk Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB dan tiket masuknya dibanderol sekitar Rp15.000 untuk hari kerja dan Rp20.000 untuk hari libur.

Bagaimana Cara Menuju Kebun Teh Wonosari Malang?

Kebun Teh Wonosari Malang berada di kaki Gunung Arjuna, lokasi tepatnya berada di Desa Toyomarto, Singosari, Malang. Dari Lawang, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 6 km untuk tiba di lokasi. Sementara dari Kota Malang, jaraknya sekitar 22 km.

Nggak perlu khawatir soal akses karena lokasinya begitu mudah dijangkau. Kamu bisa menggunakan mobil pribadi atau transportasi umum. Buat kamu yang menggunakan transportasi umum, dari terminal Lawang silakan naik angkutan jurusan Wonosari.

5 Kegiatan Seru di Kebun Teh Wonosari

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Kebun Teh Wonosari. Biar nggak kehabisan ide, ayo simak 5 aktivitas yang bakal bikin liburanmu di Kebun Teh Wonosari jadi lebih menyenangkan.

1. Menikmati Udara Sejuk Khas Pegunungan

sumber:shutterstock

Buat kamu yang hidup di tengah hiruk pikuk perkotaan, melepas penat dengan menghirup udara sejuk khas pegunungan bisa jadi opsi terbaik. Berada di ketinggian sekitar 950-1.250 mdpl, selain menyajikan udara yang segar, sejauh mata memandang kamu bisa menikmati hijaunya hamparan teh yang bisa bikin pikiran menjadi tenang.

Kalau ingin berkeliling santai, tersedia kereta kelinci yang siap mengantarmu mengitari perkebunan selama kurang lebih 20 menit. Lokasi parkir kereta kelinci ini berada sekitar 200 meter dari area Tea House.

Nggak perlu khawatir soal harga, karena tiket kereta kelinci di Kebun Teh Wonosari ini hanya dibanderol Rp5.000 per orangnya. Sambil berkeliling menikmati pemandangan sekitar, sobat tiket akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan menceritakan sejarah perkebunan sampai beragam jenis teh yang tersedia di sini.

Puas berkeliling, badan pun mulai terasa dingin. Tenang, setelah itu kamu bisa berkunjung ke Kafe Tea House untuk menyeruput hangatnya teh dan kopi yang berasal langsung dari hasil kebun dengan harga terjangkau.

Tersedia beragam jenis teh yang bisa kamu pesan di Tea House, di antaranya adalah teh rolas, green tea, sampai white tea. Silakan pilih teh mana yang sesuai dengan seleramu,  Bagi kamu pencinta teh, wajib banget nih berkunjung ke Tea House.  

2. Berburu Spot Selfie yang Instagrammable

Hayo ngaku, siapa nih sobat tiket yang doyan selfie? Kalau kamu pergi ke Kebun Teh Wonosari dijamin nggak bakal kecewa deh sama pemandangannya yang luar biasa. Apalagi, di sini ada beberapa lokasi foto yang terbilang keren punya buat dibagikan ke Instagram.

Lokasi yang kerap diburu oleh penikmat selfie adalah Bukit Kuneer. Di sini, kamu bisa menemukan sejumlah spot foto yang unik, contohnya Jembatan Hits. Jembatan kayu yang dibangun membelah perkebunan teh ini bisa menjadi lokasi pas untuk berfoto dengan latar belakang hamparan daun teh di lereng Gunung Arjuno.

Nggak puas dengan satu spot saja? Di sepanjang jembatan kayu terdapat area berfoto lain yaitu gardu pandang berbentuk hati lengkap dengan hiasan bunga-bunga yang cantik. Lokasi inilah yang menjadi spot foto favorit pengunjung. Kalau sobat tiket ke sini, jangan lupa cobain, ya!

Satu lagi objek foto instagrammable yang nggak boleh dilewatkan adalah rumah kayu berbentuk segitiga yang menyerupai gubuk. Selain selfie, jika sedang kosong, kamu bisa beristirahat sejenak di gubuk ini, lho!

3. Menikmati Wahana Bermain

Jalan-jalan mengelilingi kebun teh, sudah. Berburu spot foto juga sudah. Kira-kira hal apa lagi yang bisa dilakukan di Kebun Teh Wonosari Malang? Guna memanjakan para pengunjungnya, pihak pengelola menyiapkan sejumlah wahana bermain yang bisa kamu coba. Tapi tentunya dengan biaya tambahan di luar tiket masuk kebun teh, ya!

Nggak jauh dari Hotel Rollas, terdapat kolam renang dengan terapi ikan. Cukup membanderol biaya sekitar Rp10.000-Rp12.000, sobat tiket bisa merasakan sensasi terapi pengobatan yang berbeda. Bergeser sedikit dari lokasi kolam renang, terdapat taman bermain anak-anak yang dilengkapi dengan ragam wahana seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Tempat ini cocok banget nih buat pengunjung yang mengajak serta buah hatinya.

Kamu ingin aktivitas yang menguji adrenalin? Kamu bisa mengendarai ATV, motor trail, berkuda, bermain paint ball, mengendarai sepeda gunung, menjajal wall climb, hingga meluncur menggunakan flying fox. Untuk menikmatinya, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp10.000-Rp175.000.

4. Melihat Proses Pembuatan Teh

sumber:shutterstock

Lengkapi kunjunganmu ke Kebun Teh Wonosari dengan menengok proses pembuatan teh yang ada di Pabrik Teh Wonosari. Jadi, sambil liburan sobat tiket pun bisa menambah pengetahuanmu soal bagaimana cara mengelola teh dari pucuk hingga teh siap seduh yang beredar di pasaran.

Selama mengunjungi Pabrik Teh Wonosari, kamu akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan menjelaskan setiap proses pembuatan teh. Mulanya, pucuk daun teh yang telah dipetik dari kebun akan ditimbang, kemudian dijemur dengan bantuan mesin selama kurang lebih 8 jam.

Setelah proses penjemuran selesai, daun teh akan digiling untuk menghasilkan serbuk teh. Daun teh yang telah digiling akan melalui tahap pengeringan, sortasi, setelah itu baru bisa dikemas.

Kualitas teh di sini terbilang baik dan siap ekspor. Kabarnya, teh asli Wonosari Malang ini sangat digemari oleh pasaran Timur Tengah sebagai salah satu bahan untuk terapi awet muda. Tertarik buat coba?

 5. Berburu Oleh-Oleh di Pasar Lawang

Buat oleh-oleh keluarga di rumah, kamu bisa membeli beragam camilan khas Malang hingga sayur mayur serta buah-buahan di Pasar Lawang. Lokasinya memang nggak berada persis di Kebun Teh Wonosari, tapi saat balik kamu bakal melewati Pasar Lawang kok.

Nggak pernah sepi dari pengunjung, pasar yang berlokasi di pinggir jalur Surabaya-Malang ini selalu jadi destinasi wisata belanja wajib bagi wisatawan. Untuk melayani para pembeli, Pasar Lawang ini bahkan buka selama 24 jam.

Oh iya, kalau mencari jajanan pasar khas Malang seperti Cenil, Lupis, dan Bledus Jagung, kamu juga bisa menemukannya di sini, lho! Pokoknya sebar lengkap deh!

Jangan Lewatkan Berkunjung ke Kebun Teh Wonosari

Itu dia informasi seputar Kebun Teh Wonosari untuk kamu yang berniat mengunjunginya. Jika berkunjung ke Malang, jangan lupakan membeli oleh-oleh khas yang sayang banget kalau dilewatkan, nih!

Selanjutnya jika kamu mencari ingin mencari tiket pesawat, kereta api atau hotel di Malang, pakai aplikasi tiket.com! Ada banyak promo menarik yang tersedia untuk kamu pilih. Selamat berlibur ya, sobat tiket!