,

Kebun Teh Wonosari Lawang, Sebuah Paket Keseruan Liburan

Sedang mencari referensi tempat wisata alam untuk mengisi liburan? Sobat tiket mungkin bingung menentukan pilihan, karena memiliki daya tarik tersendiri untuk menciptakan kegembiraan. Atau, bisa jadi memilih-milih mana yang cocok dikunjungi semua anggota keluarga.

Di Malang ada wisata alam Kebun Teh Wonosari Lawang yang bisa menjadi destinasi seru untuk kamu dan keluarga. Hamparan padang hijau di sini pun begitu memanjakan mata, sehingga dapat menjadi tempat relaksasi juga. Mau tahu lebih lanjut? Simak ulasan berikut, ya!

Mengenal Kebun Teh Wonosari Lawang

Sumber: Shutterstock

Kebun Teh Wonosari Malang adalah perkebunan teh pertama di Jawa Timur, karena sudah berdiri sejak 1910. Ketika masih berada dalam pengelolaan perusahaan Belanda (NV. Cultur Maathappy), bukan hanya teh yang ditanam di sini, melainkan kina. Pada masa penjajahan Jepang, sebagian lahan di sini ditanami berbagai tumbuhan palawija untuk tujuan swasembada pangan.

Setelah terbebas dari penjajahan, pengelolaan beralih ke PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Badan usaha ini bertugas untuk menangani perluasan produksi serta distribusi. Berdasarkan jenis tipografi di sini, PTPN XII pun memutuskan teh dan kopi saja yang ditanam. Hasil panen yang maksimal dari sini membuat terciptalah sebuah merek teh bernama Teh Rolas.

Fungsi kebun teh di sini pun meluas. Bukan hanya sebagai lahan tanam, melainkan wisata alam yang seru untuk kamu kunjungi. Kamu dan keluarga bisa melakukan beberapa aktivitas hiburan di sini sambil melihat pemandangan cantik khas pegunungan.

Lokasi Kebun Teh Wonosari Lawang

Wisata alam ini terletak di Toyomarto, Lawang, Malang, Jawa Timur. Akses menuju ke sini sangat mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, mobil sewaan yang bisa kamu dapatkan di aplikasi tiket.com, atau transportasi umum.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah Surabaya, ikuti saja jalur utama Surabaya-Malang. Setelah menempuh perjalanan kira-kira 80 km ke Lawang, terdapat petunjuk-petunjuk menuju kebun teh. Sementara kalau kamu berangkat dari arah Malang, ikuti arah menuju utara sepanjang 30 km, lalu belok ke kiri untuk menuju tempat ini.

Menggunakan transportasi umum ke sini dapat ditempuh dengan jurusan yang menuju Surabaya, lalu turun di Terminal Lawang. Untuk melanjutkan perjalanan, naiklah angkot berkode SLKW yaitu angkot khusus menuju perkebunan teh.

Setelah tiba di perkebunan, sobat tiket disarankan untuk meminta peta lokasi pada pengelola agar semakin mudah dalam menjelajah tempat ini.

Fasilitas di Kebun Teh Wonosari Lawang

Sumber: Shutterstock

Kebun Teh Wonosari Lawang memiliki berbagai fasilitas fungsional seperti toilet, musala, jaringan internet, dan swalayan. Selain itu, ada pula bungalo atau wisma, hotel resor dengan 105 kamar, convention hall, dan aula atau gedung pertemuan.

Melakukan pertemuan di sini akan membuat momen terasa lebih istimewa, karena udara sejuk dan pemandangan indah dapat menciptakan atmosfer santai ketika membahas hal-hal penting. Selain itu, jauh dari keramaian, sehingga pembahasan akan berjalan lancar tanpa suara yang mengganggu.

Kegiatan Menarik di Kebun Teh Wonosari Lawang

Sumber: Shutterstock

Kebun teh seluas 1.114 hektare ini menyajikan kegiatan menarik untuk pengunjung pada hari biasa atau kerja. Di sini kamu bisa menyaksikan serangkaian produksi teh sampai siap kirim ke luar Jawa bahkan eksport ke luar negeri.

Kamu pun dapat melihat bagaimana proses daun teh bisa dinikmati. Proses tersebut meliputi pemetikan, pelayuan, penggilingan, fermentasi, pengeringan, dan pengepakan. Ingin membawa olahan teh dari sini? Bisa banget, sobat tiket!

Kegiatan menarik di sini adalah teawalk. Jadi, sobat tiket akan menjelajah perkebunan dengan berjalan kaki. Seru, bukan? Kamu dapat menangkap pemandangan di sekitar sambil berfoto. Kamu bebas berfoto di mana pun, karena setiap sudut tempat ini sangat layak untuk dibadikan. Pengelola pun tidak memberikan tarif pada pengunjung.

Selain berkeliling perkebunan dengan berjalan kaki, pengelola juga menyediakan sarana kereta kelinci, sepeda air, sepeda gunung, kuda wisata, mobil batrei, atau ATV yang menguji adrenalin saat melibas medan berkontur ala pegunungan.

Kebun teh ini merupakan peninggalan pada zaman Belanda. Oleh karena itu, banyak turis mancanegara berkunjung ke sini seperti dari Belanda, Amerika, Jerman, Jepang, dan Australia.

Wahana di Kebun Teh Wonosari Lawang

Wahana Kebun Teh Wonosari Lawang sangat bervariasi dan lebih dikhususkan untuk sarana olahraga. Kegiatan liburan yang lengkap, bukan? Kamu bisa melihat keindahan alam pegunungan, melakukan aktivitas menarik, dan menyehatkan badan.

Ingin menguji adrenalin? Sobat tiket bisa menjajal wahana wall climbing dan flying fox di sini. Atau, ingin bermain taktik untuk mengalahkan lawan? Pengelola menyediakan sarana paint ball, lho! Berkunjung bersama teman atau keluarga menjadi lebih seru.

Sarana olahraga di sini semakin lengkap berkat adanya lapangan tenis, sepakbola, voli, trek jogging serta sepeda sehat. Kalau kamu ingin bersantai sambil melakukan kegiatan fisik ringan, pengelola menyediakan taman bermain. Ada pula lahan berkemah dan wisata edukasi untuk pengunjung khususnya pelajar yang sedang melakukan study tour.

Paket Wisata di Kebun Teh Wonosari Lawang

Sumber: Shutterstock

Untuk memudahkan pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan, pengelola menyediakan berbagai pilihan paket yang meliputi edukasi, petik teh, bermalam khusus pelajar, meeting and gathering, outbond, dan camping.

Harga untuk setiap paket berbeda, bergantung pada jumlah peserta, kegiatan apa yang ingin diikuti, dan jenis fasilitas yang dipilih. Khusus untuk paket edukasi, pengelola membedakannya menjadi enam jenis dengan keseruan masing-masing.

Kuliner dan Oleh-Oleh

Terdapat rumah makan dan kios-kios makanan di sini. Jadi, kamu pun bisa berwisata kuliner. Menu yang ditawarkan sangat beragam. Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh, terdapat pula toko-toko yang bisa kamu kunjungi. Atau, tertarik membeli tanaman atau bunga hias untuk mempercantik rumah? Kamu pun dapat memilihnya di kebun teh ini.

Tips Berwisata ke Kebun Teh Wonosari Lawang

Ada beberapa saran untuk sobat tiket kalau mau berkunjung ke sini. Pertama, jangan lupa membawa jaket, karena udara di sini terkadang bisa sangat dingin. Kedua, hindari perjalanan pada malam hari saat pulang dari sini. Ketiga, selalu menjaga kehati-hatian saat melakukan berbagai aktivitas di sini. Keempat, berangkatlah sepagi mungkin untuk menghindari macet dan mendapatkan udara terbaik di sini.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Kebun Teh Wonosari Lawang

Tiket masuk ke sini sangat terjangkau, sobat tiket. Di hari biasa, Senin-Sabtu, kamu cukup membayar sebesar 8.000. Sementara Minggu dan libur nasional naik menjadi 12.000. Kamu bisa berkunjung ke sini antara pukul 07.00-17.00 WIB.

Merasakan Kesegaran Udara di Wisata Alam Malang

Menyenangkan bukan menghabiskan liburan di kebun teh ini? Bagi kamu yang masih ingin merasakan kesegaran udara di wisata alam Malang, ada rekomendasi destinasi lain seperti Coban Rondo. Selain menarik dari segi objek hiburan, sejarah tempat ini pun menarik.

Rencanakan liburan kamu menggunakan aplikasi tiket.com, ya! Pesan hotel di Malang dan segala akomodasi bisa dilakukan dalam satu proses sekaligus. Selamat menghabiskan waktu liburan, sobat tiket!