,

Ayo Kenali Istilah Dalam Hotel Ini, Sebelum Kamu Pesan Hotel di tiket.com

Istilah Dalam Hotel – Sobat tiket yang sudah biasa menginap di hotel, tentu sudah sangat familiar dong dengan istilah-istilah yang ada di dalam hotel. Namun, berbeda dengan sobat tiket yang jarang menginap di hotel, sehingga tidak familiar dengan beberapa istilah dalam hotel.

Kali ini, tiket.com akan memberikan penjelasan mengenai istilah dalam hotel apa saja yang perlu banget untuk kamu ketahui nih, sobat tiket. Jadi, saat pemesanan hotel nanti, tidak ada misunderstanding yang terjadi antara kamu dan pihak hotel.

Mau tau kan, apa saja istilah dalam hotel tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya untuk sobat tiket.

10 Istilah Dalam Hotel yang Wajib Kamu Ketahui

Seringkali tamu yang ingin menginap di hotel mengalami kesulitan ataupun kesalahpahaman dengan petugas. Sebetulnya, hal ini didasari dengan kurang familiarnya beberapa istilah dalam hotel bagi para tamu.

Nah, agar memudahkan sobat tiket saat ingin memesan kamar hotel nantinya, tiket.com memberikan kamu penjelasan mengenai beberapa istilah yang sering digunakan dalam hotel nih. Without any further ado, let’s move to the list!

1. Klasifikasi Hotel Bintang

Sebelum memesan hotel, kamu perlu untuk mencari tahu terlebih dulu nih, sobat tiket, mengenai klasifikasi dari hotel yang kamu inginkan. Apakah kamu menginginkan hotel dengan fasilitas mewah dan lengkap, serta pelayanan yang terbaik seperti hotel dengan bintang 5 dan juga bintang 4.

Atau justru kamu ingin menginap di hotel dengan harga terjangkau saja seperti hotel bintang 3, 2, 1? Kamu bisa mencari tahu klasifikasi hotel berdasarkan bintang sebelum mulai pesan kamar hotel ya, sobat tiket.

2. Jenis Kamar

Kamar hotel terbagi menjadi beberapa jenis. Biasanya, jenis kamar menyesuaikan dengan harga menginap per malam yang telah ditentukan oleh masing-masing hotel nih, sobat tiket. Untuk jenis kamar hotel diantaranya adalah Single Room, Standard Room, Superior Room, Deluxe Room, Suite, hingga Presidential Suite.

Pembagian jenis kamar ini bisa kamu sesuaikan dengan keperluan dan juga budget yang kamu miliki. Kamar hotel dengan harga terjangkau bisa kamu dapatkan dengan memilih Single Room hingga Standard Room.

Sedangkan Suite dan Presidential khusus untuk kamu yang ingin mendapatkan fasilitas hotel mewah bak seperti di rumah.

3. Black-out Date

Kalau sobat tiket biasanya memesan kamar hotel secara online agar lebih mudah dan cepat, maka ada tanggal yang disebut black-out date yang membuat kamu tidak bisa memesan kamar secara online.

Nah, di tanggal ini lah kamu bisa melakukan Walk-in Guest agar tetap bisa pesan kamar sesuai dengan yang kamu butuhkan.

4. Jenis Bed

Setelah jenis kamar, yang perlu untuk sobat tiket ketahui dari istilah dalam hotel adalah jenis kasur (bed). Istilah untuk jenis bed ini seringkali salah terucap lho, sobat tiket. Kalau kamu ingin mendapatkan tempat tidur dengan ukuran besar, kamu bisa request untuk mendapatkan kamar dengan double-bed. Double-bed ini sama artinya dengan kasur berukuran king-size.

Sedangkan untuk kamu yang ingin mendapatkan jenis kasur single, bisa menyebutkan twin-bed. Jadi, jangan sampai salah ya, sobat tiket. Karena, akan sulit untuk menukar kamar apabila keadaan hotel sedang penuh.

5. Walk-in Guest

Saat ini, pemesanan hotel memang menjadi lebih mudah secara online. Hanya melalui aplikasi online travel agent seperti tiket.com, kamu bisa pesan kamar hotel dimanapun dan kapanpun. Harga promo juga akan sering kamu dapatkan apabila memesan melalui aplikasi tiket.com.

Namun, untuk sobat tiket yang ingin pesan langsung di hotel tanpa melalui aplikasi biasa juga disebut dengan Walk-in Guest.

Walk-in Guest merupakan istilah dalam hotel yang berarti reservasi dengan cara langsung datang ke hotel yang kamu inginkan. Biasanya, kamu akan melakukan Walk-in Guest apabila dekat dengan hotel tersebut.

6. Fasilitas Kamar Mandi

Kalau fasilitas kamar mandi sih memang standar ya, sobat tiket. Biasanya, untuk hotel 3 kebawah fasilitas kamar mandi hanya berupa shower saja. Sedangkan untuk hotel bintang 4 dan 5 akan tersedia bathtub yang bisa kamu gunakan untuk berendam.

Jadi, kalau sobat tiket ingin mendapatkan fasilitas kamar mandi berupa bathtub ataupun jacuzzi, bisa memilih hotel dengan klasifikasi bintang 4 dan 5 ya!

7. High Season & Peak Season Surcharge

Istilah dalam hotel berikutnya adalah High Season dan Peak Season Surcharge. Kedua istilah ini memiliki momen yang berbeda ya, sobat tiket, meskipun sama-sama mengalami kenaikan harga saat pemesanan.

High Season Surcharge biasanya terjadi pada momen-momen libur sekolah yang mana akan diramaikan dengan liburan panjang. Sedangkan Peak Season Surcharge terjadi saat momen libur lebaran dan juga tahun baru. Di momen-momen tersebutlah harga penginapan hotel akan melambung tinggi.

8. Check-in Time & Late Check-out

Nah, ini adalah istilah dalam hotel yang paling wajib untuk sobat tiket ketahui sebelum memesan kamar hotel. Saat memesan kamar hotel, kamu harus pahami kapan waktu untuk check-in dan juga late check-out ya, sobat tiket.

Istilah Dalam Hotel - Check-in Time

Masing-masing hotel memiliki kebijakan yang berbeda dalam hal ini. Namun, rata-rata jam check-in adalah pukul 1 hingga 2 siang. Namun jika hotel dalam keadaan sepi, kamu bisa check-in di jam 9 pagi.

Sedangkan check-out time adalah pukul 11 hingga 12 siang. Jadi, kamu sudah harus meninggalkan kamar di hari terakhir penginapan sebelum check-out time agar tidak dikenakan biaya tambahan. Namun biasanya pihak hotel menyediakan late check-out tergantung dari situasi hotel. Late check-out sendiri biasanya hingga pukul 3 sore.

9. Breakfast

Breakfast merupakan fasilitas tambahan yang biasanya sudah termasuk dalam biaya sewa kamar per malam. Namun, kamu bisa melihat apakah kamar yang kamu pesan sudah termasuk breakfast atau belum. Mengingat tidak semua kamar akan menyediakan layanan ini.

Kamu juga bisa membayar biaya tambahan apabila ingin mendapatkan fasilitas breakfast dari hotel. Jika kamar yang kamu pesan sudah termasuk harga untuk breakfast, maka kamu bisa memastikan breakfast yang disediakan berlaku untuk berapa orang.

10. Concierge

Concierge merupakan layanan yang disediakan sebagai penghubung antara pihak hotel dengan para tamu terkait hal yang dibutuhkan oleh tamu. Misalnya saja seperti terkait fasilitas kamar dan hotel, hingga pelayanan yang dibutuhkan.

Biasanya, kamu bisa mendapatkan layanan concierge di area pintu masuk ataupun melalui sambungan telepon.

Staycation di Hotel Favorit, Cara Seru Menikmati Akhir Pekan

Akhir pekan ini belum tau mau pergi ke mana? Daripada berdiam diri di rumah, lebih baik packing keperluan kamu, pesan hotel di tiket.com, dan staycation deh! Mau sendirian ataupun bareng orang-orang tersayang juga bisa. Jadikan akhir pekan kamu lebih berkesan dengan menikmati staycation di hotel favorit kamu.