,

Kenali Klasifikasi Hotel Berdasarkan Bintang Sebelum Pesan Hotel di tiket.com

Klasifikasi Hotel – Menginap di hotel tentu menjadi hal biasa untuk sebagian orang. Selain karena memang untuk kebutuhan saat bepergian, istilah staycation kini semakin sering terdengar. Staycation, atau berlibur di hotel menjadi kegiatan yang seru untuk dilakukan, apabila kamu tidak memiliki banyak waktu untuk liburan berhari-hari.

Untuk mendapatkan pengalaman menginap sekaligus berlibur di hotel yang menyenangkan, tentu pemilihan hotel sangatlah berpengaruh. Jadi, sobat tiket yang berencana untuk staycation bersama dengan orang tersayang, perlu mencari hotel yang tepat agar mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Nah, sebelum memilih hotel, ada baiknya sobat tiket memahami klasifikasi hotel berikut ini nih. Supaya, kamu bisa menentukan ingin menginap di hotel mana yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kamu.

Klasifikasi Hotel Berdasarkan Bintang

Klasifikasi hotel sebetulnya terbagi menjadi beberapa aspek. Mulai dari berdasarkan tujuan kedatang tamu, menurut lamanya menginap, berdasarkan jumlah kamar, berdasarkan lokasi, hingga klasifikasi hotel berdasarkan bintang.

Kali ini, tiket.com akan membahas klasifikasi hotel berdasarkan bintang. Karena, dengan mencari tahu mengenai bintang yang tersemat, sobat tiket bisa tahu loh fasilitas apa yang akan sobat tiket dapatkan selama menginap.

Tentunya, klasifikasi hotel berdasarkan bintang ini juga sudah melalui survey yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Daerah (Diparda) ya, sobat tiket. Berikut ini klasifikasi hotel berdasarkan bintang yang bisa sobat tiket ketahui!

1. Hotel Bintang 1

Klasifikasi Hotel - Grand Pondok Puri Ayu

Pertama tentu ada klasifikasi hotel bintang 1 yang dari segi harga sangat terjangkau. Jadi, tidak heran apabila sobat tiket ingin pergi berlibur, maka akan melirik deretan hotel bintang 1 sebagai akomodasi selama berlibur. Selain harganya yang relatif murah, ternyata klasifikasi hotel bintang 1 itu meliputi lokasi yang tidak jauh dari tempat-tempat ramai dan dikelola langsung lho oleh pemiliknya.

Biasanya, klasifikasi pun ditentukan dari beberapa aspek berikut ini:

Memiliki jumlah kamar minimal 15 kamar dengan tipe standar

Memiliki fasilitas kamar mandi di dalam

Luas kamar minimum 20 m2

2. Hotel Bintang 2

Klasifikasi Hotel - The Batu Hotel & Villas

Hotel bintang 2 tentunya memiliki fasilitas yang lebih baik dari hotel bintang 1. Jadi, untuk harga pun akan mengalami perubahan yang cukup terasa apabila kamu ingin membandingkan antara hotel bintang 1 dengan hotel bintang 2. Secara lokasi, hotel bintang 2 terletak di lokasi yang strategis dan lingkungan yang bebas polusi.

Fasilitas dan pelayanan yang terdapat pun berbeda, berikut ini klasifikasi dari hotel bintang 2:

Memiliki setidaknya 20 kamar tipe standar

Memiliki minimum 1 kamar tipe suite

Fasilitas kamar berupa kamar mandi di dalam, telepon, TV, AC

Tata udara dan pengaturan udara yang baik

Luas kamar standar 22 m2 minimum, dan 44 m2 untuk kamar tipe suite

Pengamanan pada pintu kamar

Terdapat lobby

Fasilitas olahraga dan rekreasi

Terdapat Bar

3. Hotel Bintang 3

Pilihan hotel yang lebih baik, kamu bisa memilih hotel bintang 3 sebagai tempat untuk mendapatkan kenyamanan saat menginap. Ada banyak hotel bintang 3 yang bisa memberikan fasilitas cukup lengkap, dengan pelayanan yang memudahkan kamu. Secara lokasi, hotel bintang 3 terletak di sekitar kawasan bisnis, perbelanjaan, tol, dengan dekorasi hotel kekinian.

Berikut ini klasifikasi dari hotel bintang 3 pada umumnya yang bisa kamu ketahui :

Memiliki 30 kamar tipe standar

Kamar tipe suite berjumlah 2 kamar minimum

Fasilitas di dalam kamar berupa AC, TV, Wifi, Kamar mandi dan toilet yang terpisah

Terdapat sarana olahraga dan permainan

Luas kamar 24 m2 untuk tipe standar, dan 48 m2 untuk tipe suite

Terdapat restoran yang dikelola sendiri

Tersedia Valet parking

4. Hotel Bintang 4

Klasifikasi dari hotel bintang 4 ini hampir mendekati sempurna untuk fasilitas, pelayanan, hingga lingkungan dari lokasi hotel bintang 4 berada. Biasanya, hotel bintang 4 memiliki lokasi yang tidak jauh dari tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat makan. Hotel bintang 4 juga memiliki bangunan yang lebih besar dengan pelayanan yang memuaskan.

Staycation di hotel bintang 4 tentunya akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah klasifikasi dar hotel bintang 4 :

Memiliki kamar tipe standar berjumlah 50 kamar

Memiliki minimal 3 kamar tipe suite

Fasilitas kamar berupa kamar mandi dalam, toilet, AC, TV, Kulkas kecil, Wifi, laundry, dll.

Terdapat lobby dengan luas minimum 100 m2

Terdapat bar

Terdapat sarana olahraga dan rekreasi

Terdapat water heater

Luas kamar tipe standar 24 m2

Luas kamar tipe suite 48 m2

5. Hotel Bintang 5

Klasifikasi Hotel - Hotel Indonesia Kempinski

Klasifikasi terakhir dari hotel berbintang adalah hotel bintang 5. Hotel bintang 5 merupakan hotel dengan fasilitas termewah yang menyediakan fasilitas terlengkap bagi tamu yang datang menginap. Sobat tiket pasti akan menemukan hotel bintang 5 di lokasi seperti pusat kota, dekat dengan kawasan bisnis, pusat perbelanjaan, dan hiburan.

Hotel bintang 5 juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk menginap tamu-tamu penting, baik kenegaraan, ataupun rekan bisnis. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai klasifikasi di hotel bintang 5, berikut ini selengkapnya :

Memiliki jumlah kamar minimal 100 kamar dengan tipe standar

Memiliki jumlah kamar minimal 3 kamar dengan tipe suite

Fasilitas kamar kualitas nomor 1, seperti tempat tidur, kamar mandi, toilet, AC, TV, Kulkas, hingga fasilitas jacuzzi.

Terdapat restoran serta pelayanan antar ke kamar 24 jam

Luas kamar tipe standar minimum 26 m2, dan tipe suite minimum 52 m2

Terdapat fasilitas olahraga, kolam renang, tempat bermain anak, valet parking, hingga concierge

Nah, itu dia klasifikasi hotel mulai dari bintang 1 hingga bintang 5. Jadi, kalau sobat tiket berencana untuk menginap di hotel, bisa mempertimbangkan terlebih dahulu deh. Kapanpun dan dimanapun kamu membutuhkan kamar hotel, pesan kamar hotel di tiket.com ya, sobat tiket.

Lagi di Singapore, mau menginap di Hotel Dekat MRT Singapore agar lebih hemat? Bisa juga kok, pesan nya tetap di tiket.com ya!