,

Belanja Murah Meriah di Higashimuki Shopping Street di Nara, Jepang

Liburan memang nggak lengkap nih kalau nggak mampir ke shopping center setempat buat nyari cemilan atau aksesoris lokal buat oleh-oleh. Daripada ke mall yang biasanya menawarkan harga barang yang lebih mahal, coba ke Higashimuki Shopping Street kalau lagi di Nara, Jepang. 

Harga barang maupun makanan di sini juga lebih murah lho daripada di Tokyo. Tempatnya juga nyaman, rapi dan cukup lengkap. Kamu bisa belanja, makan siang atau makan malam di sini. 

Lokasi Higashimuki Shopping Street juga strategis, pas di tengah-tengah kota Nara dan dekat stasiun! Penasaran kan? Mari dibaca ulasan tiket.com tentang Higashimuki. Semoga tercerahkan! 

Tentang Higashimuki Shopping Street

Tempat ini terletak di sebelah Stasiun Kintetsu Nara. Saat memasuki area ini, kamu akan disambut oleh patung air mancur seorang biksu bernama Gyoki Bosatsu. Biksu ini sangat terkenal karena menyebarkan agama Buddha di Nara pada zamannya walaupun hal itu merupakan perbuatan illegal. 

Dia juga membangun berbagai kuil di seantero Nara. Kalau kamu tau Kuil Todaiji dan patung Buddha raksasanya yang luar biasa itu, nah, biksu ini yang buat. So, jangan lupa untuk berfoto dengan latar air mancur patung biksu ini. 

Nah, begitu kamu masuk ke area Higashimuki yang panjangnya kurang lebih 250 meter, kamu akan melihat berbagai toko, restoran, dan cafe berderet-deret dengan rapi. Jalanan di Higashimuki berubin dan ada atapnya juga. Aman deh dari hujan. Oh ya, walau terlihat kecil, kamu bisa melihat dan mencoba banyak hal di sini. Percaya deh. 

Kalau kamu memperhatikan dinding dan plafon Higashimuki, ada dekorasi-dekorasi bernuansa rusa. Kenapa rusa? Karena rusa adalah simbol kota Nara yang juga merupakan binatang suci bagi pemeluk agama Shinto. Jadi, walaupun terkesan modern, elemen-elemen tradisional masih bisa kamu rasakan saat belanja di sini. 

Yang Bisa Kamu Lakukan di Higashimuki

Sumber: Shutterstock.com

Higashimuki merupakan shopping center tersibuk di kota Nara, sobat tiket. Ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat singgah ke sini. Selain belanja, kamu juga bisa membeli makanan khas Nara sampai nyoba pake kimono! 

1. Nyobain Makanan Khas Nara

Salah satu makanan yang harus kamu coba pasi lagi di Higashimuki adalah Kakinoha-zushi sushi yang dibungkus pakai daun persimmon atau kesemek. Sushi ini berbentuk persegi panjang yang dibungkus rapi dengan daun kesemek. 

Topping sushi jenis ini biasanya ikan mackerel, salmon, udang, belut, dan lain-lain. Sushi ini difermentasi lho dan rasanya lumayan berbeda dari sushi yang biasa kamu jumpai di Tokyo. Biasanya sushi ini dijual per kotak dan bisa jadi bekal atau dimakan pas muter-muter Higashimuki. 

Salah satu toko yang menjual sushi ini adalah Tanaka Nara yang berada pas di depannya patung biksu Gyoki. Toko ini buka dari jam 9.30 sampai jam 19.30. 

Selain sushi, kamu bisa cobain sakura mochi yang dibungkus dengan daun ceri yang sayangnya cuma ada pas musim semi dan permen kastanye yang cuma ada pas musim gugur. Penganan ini di jual di toko Manshodo yang buka dari jam 09.00 sampai 19.00. Kalau kesini pas musim panas atau dingin, cobain dorayakinya. Yummy banget. 

Harga  : sekitar 1.200 yen per kotak (sushi)

2. Belanja di Tax-Free Shop atau 100 Yen Shop

Sumber: Shutterstock.com

Harga barang-barang di Nara lebih murah lho daripada di Tokyo atau Osaka. Jadi, jangan sia-siakan, sobat tiket. Belanjalah sepuasnya! Tips biar agak hemat, cari toko yang ada tulisannya “Japan-Tax-free Shop”. 

Tinggal tunjukin paspor dan kamu bisa dapat harga barang yang tidak kena pajak asal belanja minimal 10.000 yen. Lumayan lho. 

Kalau masih terlalu mahal nih buat kamu, coba ke 100 Yen shop namanya Daiso. Semua barang-barang disini harganya 100 yen. Asiik! Kamu bisa pilih souvenir untuk oleh-oleh dan kenang-kenangan buatmu sendiri.

3. Nyobain Kimono

Kalau belum sempet nyobain kimono, kamu bisa nemu toko namanya Kimono Daishin yang menjual berbagai jenis kimono dengan variasi desain yang oke beserta aksesorisnya. Kamu bisa kok nyobain pake kimono di sini. Tentunya sambil foto-foto. 

4. Melihat Pembuatan Mochi

Siapa yang suka mochi? Di Nakatanidou, kamu bisa ngeliat pekerja di tempat ini menumbuk mochi di lesung kayu dengan kecepatan yang luar biasa. Segera setelah adonan beras ketan hijau diletakkan ke dalam lesung, para pekerja bersiap dengan alu mereka yang bentuknya kayak palu untuk menumbuk mochi. 

Sambil numbuk mochi, mereka bakal teriak! Terampil banget deh, sobat tiket. Tau nggak kalau para pekerja ini pernah memenangkan kejuaraan menumbuk mochi tingkat nasional dua tahun berturut-turut dari tahun 2005 sampai 2006. 

Untuk waktu kapan numbuk mochinya sih nggak ada jadwal pastinya, tapi biasanya ada hampir setiap setengah jam sekali. Jadi di tengok-tengok aja ya. Numbuk mochinya keliatan kok dari depan toko. Nakatanidou buka dari jam 10.00 sampai jam 19.00. 

Terus kamu harus beli mochinya. Bisa beli satuan kok atau kalau mau satu kotak. Kenyal dan enak buanget. 

Harga  : sekitar 130 yen per buah

Destinasi Wisata di Sekitar Higashimuki Shopping Street

Kalau lagi di daerah ini, kamu harus ke Nara koen atau taman Nara. Kamu bisa melihat langsung simbol kota Nara yaitu rusa. Yups! Rusa. Mereka hidup bebas lho di taman seluas 660 hektar ini. Ada sekitar 1.200 rusa berkeliaran di taman Nara dan para pengunjung bisa memberi makan dan foto-foto bareng rusanya. 

Kalau mau kasih makan, nggak boleh sembarangan yak. Harus beli biskuit khusus namanya Shika Senbei. Biskuitnya banyak di jual di dalam kompleks taman.

Oh ya, rusa-rusa di sini cukup jinak kok asal kamu tenang. Tanduk para rusa jantannya juga sudah dipotong supaya nggak membahayakan pengunjung. Aman deh. Jadi, nggak usah takut yak. Kapan lagi bisa berinteraksi langsung dengan rusa yang hidup bebas?

Untuk masuk ke taman Nara ini gratis lho. Kalau capek keliling Higashimuki, kamu bisa nyantai kan disini. Rindang dan asri tempatnya. 

Selain berinteraksi dengan rusa, ada beberapa kuil di dalam taman ini yang bisa kamu singgahi. Salah satunya adalah Kuil Todaiji. Kuil ini merupakan salah satu landmark kota Nara dan ada patung Buddha setinggi 16 meter yang dibangun oleh biksu Gyoki. 

Patung Buddha tersebut beratnya 250 ton dan berada di dalam bangunan kayu setinggi 48 meter. Keren kan? Makanya, mampir ya. Sekalian belajar sedikit sejarah mengenai kota Nara. 

Kamu akan dikenai biaya sekitar 500 yen per orang untuk bisa masuk ke bangunan kayu ini. Kuil Todaiji buka dari jam 08.00 sampai jam 16.30. Kalau ke Nara pas awal bulan Maret, ada penyalaan obor raksasa. Di catet, sobat tiket. Jangan sampai dilewatkan. 

Seru banget belanja dan jalan-jalan di Nara. Bisa nih Nara kamu masukan ke jadwal perjalanan. Sehari cukup kok untuk sekedar melihat-lihat pusat kotanya. Bisa nih baca artikel tiket.com tentang Eksplor Nara biar tau lebih banyak. Habis itu langsung booking tiket pesawat di tiket.com ya. Japan, here I come!