Hewan Langka di Indonesia

,

7 Hewan Langka di Indonesia, Ayo Lindungi Rumah Mereka

Hewan langka di Indonesia – Negara kita ini adalah rumah dari banyak sekali jenis hewan. Bahkan beberapa dari jenis hewan itu hanya bisa ditemukan di Indonesia. Salah satu alasannya mungkin karena Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas dan masih banyak tempat yang belum dihuni oleh manusia.

Tapi sayangnya, beberapa hewan asli Indonesia ini sudah menjadi sangat langka dan hampir punah. Oleh karena itu, mari kita semua ikut berpartisipasi dalam menjaga rumah mereka agar anak dan cucu kita masih bisa melihat hewan-hewan itu secara langsung nantinya.

Liburan ke Rumah dari Hewan Langka di Indonesia

Kalau sobat tiket penasaran hewan langka di Indonesia itu ada apa aja, berikut ini tiket.com mau kasih daftarnya. Beberapa fauna berikut ini masih bisa langsung kamu jumpai di habitat asli dan daerah asalnya.

1. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera adalah salah satu hewan langka di Indonesia yang keberadaannya sudah terancam punah. Jumlah dari hewan ini hanya ada sekitar ratusan saja hingga saat ini dan sudah harus kita perhatikan sekali kondisinya.

Kalau kamu ingin melihat Harimau Sumatera dari lebih dekat, kamu bisa bertualang ke Taman Nasional Kerinci Seblat, salah satu taman nasional di Indonesia yang paling besar dan juga cantik. Bukan cuma Harimau Sumatera saja, tempat ini juga menjadi rumah dari banyak fauna lain dan yang paling terkenal adalah kucing besar itu.

2. Orangutan

Orangutan adalah primata asli Indonesia yang masih bisa kamu temukan hingga sekarang. Tapi sayangnya Orangutan adalah salah satu hewan yang statusnya terancam punah karena habitat asli mereka yang kian lama kian sempit.

Kalimantan adalah tempat yang alam liarnya masih dihuni oleh hewan ini. Di sana, kamu bisa coba bermain-main ke Taman Nasional Batang Ai. Peluangmu untuk bisa bertemu dengan tuan rumah alias si Orangutan di sini lumayan besar, lho.

3. Komodo

Warga Indonesia pasti sudah tahu kalau Komodo adalah hewan asli yang hanya ada di Indonesia. Komodo adalah spesies kadal monitor yang terbesar dan terpanjang di dunia yang ukurannya bisa mencapai 3 meter dengan berat hingga 70 kilogram.

Jika kamu pergi liburan ke Taman Nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur, kamu bakalan bisa melihat kadal raksasa ini dari lebih dekat. Bisa dibilang hewan ini adalah primadona dan daya tarik utama dari tempat ini dan mengundang banyak turis dari luar negeri sekalipun.

4. Merak

Hewan Langka di Indonesia

Merak adalah burung yang berukuran cukup besar dan punya bulu penuh warna nan cantik. Bulu merekalah yang membuat Merak menjadi hewan yang sangat terkenal. Maka dari itu, kecantikan dari burung ini perlu kita lestarikan dengan menjaga rumah asli mereka.

Tempat terbaik untuk bisa bertemu dengan Burung Merak adalah di Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo yang ada di Jawa Timur. Mari kita bantu pemerintah Indonesia dalam menjaga jumlah Burung Merak yang ada di negara kita tercinta ini.

5. Badak Jawa

Hewan Langka di Indonesia

Badak Jawa atau lebih terkenal dengan sebutan Badak Bercula Satu juga merupakan hewan langka di Indonesia. Bahkan jumlahnya sudah tinggal sangat sedikit dan memerlukan perhatian khusus dari kita semua.

Kini, Badak Jawa hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon yang ada di Jawa Barat. Hewan ini sangat dijaga keberadaannya oleh petugas yang ada di sana dan kabar baiknya adalah jumlah mereka secara perlahan mengalami kenaikan.

6. Anoa

Hewan Langka di Indonesia

Anoa adalah hewan yang sangat mirip dengan kerbau, namun ukurannya lebih kecil menyerupai seekor kambing. Setiap tahunnya jumlah dari hewan langka ini semakin berkurang dan masuk ke dalam daftar fauna yang perlu dilestarikan.

Sulawesi adalah rumah dari Anoa sekaligus penjaga keberadaan dari hewan yang tak bisa ditemukan di tempat lain ini. Selain Anoa, di Sulawesi kamu bisa juga bertemu dengan Babirusa, Burung Maleo, Kuskus, dan Tarsius.

7. Penyu

Penyu dibagi menjadi 7 spesies berbeda yang antara lain adalah penyu hijau, tempayan, sisik, belimbing, kemp’s ridley, lekang, dan pipih. Nah menariknya, 6 dari 7 spesies itu bisa kamu temukan di Indonesia, di mana penyu kemp’s ridley saja yang tidak.

Oleh karena itu Indonesia menjadi negara dengan konservasi penyu terbesar yang didirikan oleh pemerintah. Untungnya, catatan perburuan penyu di Indonesia terbilang kecil. Ada banyak tempat di Indonesia yang memiliki penangkaran penyu di mana salah satunya adalah Turtle Park Serangan yang ada di Bali.

Jalan-Jalan ke Habitat Asli Hewan Langka di Indonesia

Kalau sobat tiket adalah tipe orang yang suka melihat margasatwa dengan berkunjung ke habitat asli mereka, maka kamu bisa datang ke salah satu rumah dari hewan langka di Indonesia yang sudah disebutkan di atas. Bertemu langsung dengan hewan-hewan itu secara langsung pasti bisa memberi kesan yang unik dan tak terlupakan. Jangan lupa untuk tetap melestarikan habitat asli mereka, ya. Kamu bisa langsung pesan tiket pesawat ke sana dengan aplikasi tiket.com. Nah, mungkin kamu juga ingin liburan ke taman nasional di Indonesia lainnya untuk liburan selanjutnya.