National Parks in Indonesia

,

Suka Wisata Petualangan? Coba Jelajahi 8 Taman Nasional Terindah di Indonesia

Hidup adalah petualangan! Sobat tiket yang keren dan berani pastinya setuju dengan ungkapan itu. Benar kan? Kamu pastinya juga tahu kalau di Indonesia ini banyak banget destinasi wisata yang menawarkan petualangan mengagumkan untuk kamu nikmati, salah satunya adalah destinasi taman nasional yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Sebelumnya nih, kamu pastinya udah tahu dong apa itu taman nasional, sobat tiket? Taman nasional adalah area pelestarian atau konservasi alam yang masih asli.  Biasanya, taman nasional berfungsi sebagai kawasan wisata edukatif dan penelitian untuk ilmu pengetahuan.

Untuk kamu yang suka wisata petualangan, kamu wajib banget nih buat menjelajahi 8 taman nasional terindah di Indonesia berikut ini.

8 Taman Nasional Terindah untuk Wisata Petualanganmu

1. Taman Nasional Alas Purwo

Wisata Petualangan Taman Nasional Alas Purwo

Kita mulai wisata petualangan kita dari Taman Nasional Alas Purwo atau TN Alas Purwo yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur. Taman nasional yang sebagian besar kawasannya adalah hutan hujan ini akan membuat hasrat petualangan kamu terpenuhi, karena taman nasonal ini masih sangat asri dan alami.

Selain ini, Taman Nasional Alas Purwo juga menghadap langsung ke lautan, sehingga punya banyak pantai cantik seperti Pantai Plengkung, Pantai Pancur, dan Pantai Trianggulasi. Lengkap banget, sobat tiket!

2. Taman Nasional Bali Barat

Wisata Petualangan - Taman Nasional Bali Barat

Berlokasi nggak jauh dari Banyuwangi, ada Taman Nasional Bali Barat yang juga menjadi salah satu taman nasional terindah versi tiket.com. TN Bali Barat adalah destinasi wisata petualangan yang terdiri dari hutan dan sabana yang luas di Provinsi Bali, tepatnya di dekat Pelabuhan Gilimanuk.

TN Bali Barat juga menjadi rumah bagi sekitar 160 spesies flora dan fauna. Kalau kamu mau bertemu dengan Jalak Bali yang langka, kamu bisa coba untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

3. Taman Nasional Komodo

Wisata Petualangan Indonesia - Taman Nasional Komodo

Siapa sih yang nggak tahu Taman Nasional Komodo? Destinasi wisata Taman Nasional Komodo yang berlokasi di perbatasan NTT dan NTB ini cocok banget buat kamu yang suka menjelajah alam. Taman Nasional Komodo yang sangat terkenal dengan reptil komodonya ini punya banyak obyek wisata indah yang harus kamu kunjungi, di antaranya adalah Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pantai Pink.

4. Taman Nasional Tanjung Puting

Wisata Petualangan Indonesia - Taman Nasional Tanjung Puting KalimantanWisata Petualangan Indonesia - Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan

Dari Nusa Tenggara, kita beralih ke Kalimantan Tengah. Pulau Kalimantan juga punya destinasi wisata petualangan yang nggak boleh kamu lewatkan yaitu Taman Nasional Tanjung Puting. Kawasan taman nasional yang dahulunya disebut sebagai Suaka Margasatwa Sampit ini terkenal dengan koleksi flora dan faunanya yang sangat beragam. Kamu bisa bertemu dengan orangutan kalimantan, beruang madu, dan bekantan kalau datang ke TN Tanjung Puting.

Keren banget, ya sobat tiket!

5. Taman Nasional Gunung Leuser

Wisata Petualangan - Taman Nasional Gunung Leuser

Jangan berhenti menjelajahi destinasi wisata petualangan di Indonesia karena masih ada Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh dan Sumatera Utara. Taman Nasional Gunung Leuser ini adalah rumah bagi 89 spesies langka yang dilindungi, di antaranya adalah orangutan sumatera dan harimau sumatera.

Selain melakukan penjelajahan alam, kamu juga bisa lho melakukan pendakian ke Puncak Gunung Leuser yang menantang. Waktu pendakian untuk menempuh puncak Gunung Leuser bisa memakan waktu hingga 10 hari lho. Jangan lupa siapkan fisik dan mentalmu ya!

6. Taman Nasional Wakatobi

Wisata Petualangan - Taman Nasional Wakatobi

Setelah taman nasional yang berada di darat, sekarang saatnya kamu berpetualang juga ke taman nasional bawah laut. Salah satu taman nasional yang terkenal dengan keindahan dunia bawah airnya yang memesona adalah Taman Nasional Wakatobi. Taman nasional yang berlokasi di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini adalah area konservasi laut yang sangat terjaga. Kamu bisa melihat cantiknya terumbu karang di Wakatobi dan menemukan biota laut yang beraneka ragam. Seru banget deh kalau menyelam di Wakatobi!

7. Taman Nasional Baluran

Wisata Petualangan Taman Nasional Baluran

Selain Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi juga masih punya Taman Nasional Baluran sebagai pilihan destinasi untuk wisata petualanganmu. Taman nasional yang juga menjadi bagian dari Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini adalah destinasi wisata petualangan yang akan memberikanmu pengalaman liburan yang seru dan menantang.

Taman Nasional Baluran memiliki kawasan hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Kamu tentunya bisa memuaskan jiwa petualangmu dengan berwisata sambil menjelajah Taman Nasional Baluran.

8. Taman Nasional Bunaken

Wisata Petualangan - Taman Nasional Bunaken

Satu lagi taman laut yang nggak boleh kamu lewatkan saat liburan panjang. Yap, Taman Nasional Bunaken! Buat kamu yang sering dibuat terkagum-kagum dengan keanekaragaman terumbu karang di Indonesia, kamu bisa banget nih buat datang dan menyelam di Taman Nasional Bunaken.

Ada ratusan spesies terumbu karang yang pastinya bakalan bikin kamu takjub! Kalau kamu belum tahu letaknya, tempat untuk wisata petualangan di Indonesia ini berlokasi di Sulawesi Utara.

Nah, itu tadi 8 kawasan taman nasional terindah di Indonesia versi tiket.com yang bisa kamu pilih sebagai destinasi wisata petualanganmu. Ingat, sebelum melakukan wisata petualangan, sobat tiket harus mencari tahu dulu tentang informasi lengkap dari tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Untuk menuju ke provinsi yang menjadi lokasi dari berbagai taman nasional di atas, kamu bisa pesan tiket pesawat di tiket.com. Kamu juga bisa membaca artikel tempat wisata antimainstream di Indonesia sebagai referensi untuk liburanmu, lho.