,

6 Hal Seru dan Menarik di Kawasan Kampong Glam, Jangan Sampai Terlewatkan!

Selain Gardens by The Bay, Merlion Park, atau Marina Bay, salah satu spot di Singapura yang nggak boleh dilewatkan untuk kamu kunjungi adalah kawasan Kampong Glam.

Kawasan ini terletak di utara Singapore River, tepatnya berada di wilayah Rochor. Kampong Glam ini mayoritas ditinggali oleh masyarakat Melayu dan Arab, sehingga daerahnya pun banyak dipengaruhi oleh beberapa kultur.

Nggak sulit menemukan banyak makanan halal atau tempat wisata menarik serta gratis di kawasan ini. Jangan bingung, simak list yang sudah disiapkan untuk kamu di bawah ini, ya!

Jelajah Seru di Kawasan Kampong Glam

Ada banyak spot yang bisa sobat tiket kunjungi ketika sedang berada di Kampong Glam. Apalagi hampir semua spot di kawasan Kampong Glam ini happening banget dari tempat foto, belanja, bahkan kulineran. Penasaran apa saja, kan?

1. Arab Street

Arab Street merupakan kawasan tempat tinggal mayoritas masyarakat Muslim di Singapura.  Kawasan wisata yang berdekatan dengan Bugis Street ini adalah pusat jual-beli berbagai macam perlengkapan Muslim.

Waktu terbaik datang ke Arab Street adalah saat bulan Ramadhan tiba sampai Hari Raya Idul Fitri. Mengapa demikian? Karena di bulan Ramadhan, Arab Street menjadi sangat meriah dengan banyaknya bazar makanan dan budaya. 

Menjelang sore hari di bulan Ramadhan, suasana Arab Street semakin ramai dengan banyak wisatawan yang berdatangan karena ingin berbuka puasa bersama bersama.

Hal menarik: Berfoto-foto dan kulineran di sini menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan. Sobat tiket bisa menemukan berbagai galeri seni dan berbagai macam restoran di Arab Street yang menawarkan berbagai macam menu khas Timur Tengah dan Melayu.

2. Masjid Sultan

Saat sedang berada di Kampong Glam, sobat tiket bisa mengunjungi Sultan Mosque yang terkenal sebagai ikon utama di Kampong Glam sejak tahun 1826. Masjid Sultan di Kampong Glam ini mempunyai atap berwarna emas yang terlihat mewah, lho!

Masjid Sultan yang mampu menampung hingga 5.000 jamaah ini dibangun oleh Sultan Johor pada tahun 1826 dan sempat direnovasi sekitar tahun 1990-an. Luasnya secara keseluruhan adalah 4.109 meter persegi dan 2.000 meter persegi pada ruang utamanya.

Hal menarik: Selain bisa beribadah dengan nyaman, selama bulan Ramadhan, di malam hari di sekitar Masjid Sultan ini terdapat pasar malam dengan berbagai macam gerai makanan yang nikmat untuk disantap.

3. Hotel di Kampong Glam

Sobat tiket nggak perlu bingung jika ingin mencari penginapan di dekat kawasan Kampong Glam. Banyak pilihan hotel yang menarik untuk dipilih. Tentunya dengan harga yang nggak akan menguras bujet liburan.

Keuntungan ketika kamu menginap di kawasan Kampong Glam ini adalah kamu punya waktu jelajah yang lebih banyak dan lebih lama. Selain itu, letak kawasan ini pun ada di jantung Kota Singapura sehingga kamu bisa leluasa pergi ke mana pun dengan mudah.

Sobat tiket juga nggak akan kesulitan jika malam hari kelaparan, karena di kawasan Kampong Glam ini banyak sekali spot kuliner yang bisa didatangi dan buka 24 jam. Nggak khawatir deh jika ingin mencari makanan halal!

Hal menarik: Ada deretan hotel daerah Kampong Glam/Bugis yang bisa kamu pilih dengan harga terjangkau. Nggak perlu bingung mencari, cek list hotelnya di sini, ya!

4. Haji Lane

Di Kampong Glam ada spot paling menarik yang bisa sobat tiket kunjungi, yaitu Haji Lane. Di sini kamu bisa menyusuri sebuah gang kecil dengan berbagai macam kafe, restoran, butik-butik fashion asli Singapura.

Lorong atau jalan kecil Haji Lane ini nggak panjang kok sobat tiket, hanya sekitar 200 meter saja. Namun, kamu nggak akan merasa bosan karena di Haji Lane ini banyak yang dilihat dan tentunya banyak spot foto Instagrammable!

Apa yang Menarik Di Sini: Sobat tiket bisa berfoto OOTD karena di Haji Lane terdapat berbagai macam mural-mural keren, graffiti, dan street art. Ayo penuhi kebutuhan feed Instagram-mu agar lebih menarik di sini!

5. Malay Heritage Centre

Malay Heritage Centre ini adalah pusat kebudayaan yang menampilkan budaya, kultur, serta sejarah warga Melayu di Singapura. Di Malay Heritage Centre sering diadakan workshop dan aktivitas kebudayaan oleh Badan Kebudayaan Nasional lho, sobat tiket.

Uniknya lagi, Malay Heritage Centre ini berdiri di area yang dahulunya adalah istana atau kediaman sultan. Bangunan yang dibuka sejak tahun 2004 ini, mempunyai gaya arsitektur bangunan campuran antara Inggris dan Melayu. 

Apa yang Menarik Di Sini: Datanglah pada hari Kamis – Minggu, karena kamu bisa ikutan tur dengan pemandu gratis, lho. Tur berdurasi sekitar 45 menit yang dimulai jam 12 siang sampai 2 siang.

6. Kuliner di Kampong Glam

Kuliner menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di kawasan ini Sobat tiket bisa mengunjungi sejumlah tempat makan di sini, seperti Kampong Glam Café dan Singapore Zam-Zam.

Restoran tersebut banyak didatangi turis internasional dan cukup terkenal di daerah ini. Kampong Glam Café terletak di pojokan Bussorah Street, sedangkan Singapore Zam-Zam terletak tidak jauh dari Masjid Sultan.

Apa yang Menarik Di Sini: Sobat tiket bisa mencoba berbagai masakan Melayu di Kampong Glam Café. Kamu juga bisa mencoba murtabak daging rusa di Singapore Zam-Zam. Menariknya, pelayannya pun bisa berbahasa Indonesia, lho!

Cara Menuju Kampong Glam

Untuk menuju ke Kampong Glam, kamu bisa menaiki MRT East West dengan tujuan Bugis Station, setelah itu cukup berjalan kaki sekitar 700-meter melalui Victoria Street.

Tenang saja, sobat tiket, kamu tidak perlu takut tersesat, karena ada banyak petunjuk jalan menuju Kampong Glam. Kamu pun bisa bertanya kepada orang lokal karena daerah ini sangat terkenal di Singapura.

Sudah ke Kampong Glam, Selanjutnya ke Little India!

Singapura nggak cuma punya kawasan Melayu seperti Kampong Glam, tapi juga punya kawasan ala bollywood yaitu Little India! Kawasan ini nggak kalah menarik dengan Kampong Glam karena punya ciri khas budaya India yang kental.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo pesan tiket pesawat ke Singapura sekarang! Berlibur dengan menjelajahi setiap sudut kota Singapura yang menarik pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan!