,

Serunya Liburan di Grand Maerakaca, Taman Mini Jawa Tengah

Mampir ke kota Semarang, sobat tiket tak boleh lupa mengunjungi Grand Maerakaca. Tempat ini merupakan taman rekreasi populer di Semarang. Dari muda sampai tua pasti senang deh datang ke Grand Maerakaca. Pilihan wahananya juga banyak banget.

Enggak cuma bermain, kamu juga akan mengenal lebih dekat berbagai wilayah di Jawa Tengah lho. Kok bisa? Bagi yang penasaran, lanjut baca artikel di bawah ya.

Grand Maerakaca, Taman Mini Jawa Tengah

Sobat tiket mungkin pernah mendengar Puri Maerakaca yang dijuluki sebagai Taman Mini Jawa Tengah. Nah, Puri Maerakaca sudah berganti nama menjadi Grand Maerakaca sejak tahun 2017 lalu. Bukan hanya berganti nama, beberapa wahana dan fasilitas baru juga didirikan lho. Mau tahu apa aja wahana dan aktivitas seru di Grand Maerakaca? Simak ulasan dari tiket.com berikut.

1. Berfoto Ria di Anjungan Jawa Tengah

Belum sempat mengunjungi kota atau kabupaten lain di Jawa Tengah? Jangan kecewa, kamu bisa mengelilinginya kok di anjungan Jawa Tengah. Wahana ini mungkin akan mengingatkan sobat tiket pada anjungan daerah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

Bedanya, Grand Maerakaca hanya menampilkan anjungan yang mewakili kabupaten atau kota di Jawa Tengah. Total ada 35 anjungan di wahana ini.

Kamu bisa melihat berbagai rumah adat daerah Jawa Tengah dan tentunya berfoto ria. Sudah bisa ditebak kalau wahana in jadi spot foto favorit pengunjung ya. Jadi siap-siap memotret bergiliran dengan pengunjung lain. Untuk mengelilingi berbagai anjungan, kamu bisa naik wahana kereta mini dengan membayar Rp5 ribu* per orang.

2. Asyiknya Trekking Mangrove

Pemandangan mangrove memang bikin hati terasa adem ya. Kamu yang setuju, bisa nih berjalan santai melewati jalanan bambu yang cukup luas. Jalanan ini dibangun di atas kolam luas dengan pemandangan mangrove di sisinya. Sambil trekking, sobat tiket bisa melihat pengunjung lain yang sedang bermain perahu di sungai.

Asyik ya keliling santai dengan pemandangan asri dan udara yang segar? Pemandangan kolam di malam hari juga enggak kalah cantik lho. Lampu-lampu yang menyala bikin suasana terasa hangat. Enggak heran kalau banyak pengunjung yang berburu foto di sini.

3. Mengelilingi Laut Jawa dengan Perahu

Maksudnya mengelilingi Laut Jawa dalam bentuk miniatur ya sobat tiket. Miniatur lautnya itu ya kolam yang berada di bawah jalanan bambu yang dilalui dengan berjalan kaki tadi. Uniknya, miniatur Laut Jawa ini merupakan kolam tambak bandeng lho.

Jadi bisa dibayangkan betapa serunya mendayung dengan pemandangan mangrove. Apalagi kalau mendayung bareng pasangan, pasti suasana akan terasa romantis. Kamu juga bisa pilih sendiri jenis perahunya. Jenis terbaru ada kano beratap dengan desain yang lucu. Kalau kamu yang datang bersama keluarga, ada juga pilihan perahu yang lebih luas dan becak air.

Sewa kano: Rp10 ribu* per orang

4. Berpose di Spectamata Foto 3D

Selesai berfoto di anjungan, kamu bisa berpose dengan latar poster 3D di wahana ini. Jangan malu-malu untuk bergaya di depan kamera ya. Soalnya tagline dari wahana ini adalah “Puaskan Narsismu”, jadi bebas ekspresikan gayamu ya.

5. Bermain Sambil Belajar Untuk Si Kecil

Wahana Kreativitas

Sobat tiket yang membawa anak kecil, boleh nih mengajak si kecil bermain sambil belajar di wahana kreativitas. Tinggal pilih si kecil mau membuat roket air atau menghias kue atau roti sesuai keinginan.

Biaya membuat roket air: Rp10 ribu*

Biaya menghias kue: Rp2 ribu*

Wisata Aktivitas

Wisata aktivitas terdiri dari aktivitas menangkap ikan dan menanam sayuran. Menangkap ikan kedengarannya sepele ya? Tapi anak jadi bisa mengenal berbagai jenis ikan dan paham cara memelihara hewan lho. Bermanfaat banget kan? Apalagi, kamu hanya perlu membayar seribu rupiah*. Murah meriah.

Biaya menanam: Rp3 ribu*

Wahana Kompetisi

Di sini, anak ditantang mengikuti berbagai lomba. Mulai dari lomba bakiak, memindahkan bola dan lainnya. Wahana ini bukan cuma melatih kerja sama dan keahlian anak tapi juga mengajarkan sportivitas dalam berlomba. Keren, ya?

Outbound Anak

Si kecil suka bertualang? Coba ajak dia bermain di arena outbound indoor ini. Anak pasti akan senang melewati jaring laba-laba, menyeberangi jembatan gantung sampai masuk terowongan gantung.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Jateng Science Center

Tempat ini pas untuk sobat tiket yang kesulitan mengajarkan ilmu pengetahuan pada anak. Di sini, ada berbagai alat peraga yang dijamin bikin anak ingin tahu tentang sains. Misalnya, rumah simulasi gempa, parabola suara dan cermin sinkronasi.

Jam buka: setiap hari pukul 08.00 – 18.00.

Kapan Waktu yang Tepat Mengunjungi Grand Maerakaca?

Sebagai taman rekreasi, Grand Maerakaca sudah pasti ramai di akhir pekan dan hari libur. Kalau punya waktu luang, tentunya sobat tiket bakal lebih memilih datang di hari biasa supaya lebih leluasa berekreasi dan berfoto.

Tapi Grand Maerakaca punya acara Malem Minggon Maerakaca (M2M). Sesuai namanya, acara ini diadakan pada malam minggu dan menyasar anak muda. Acara yang sudah pernah terselenggara seperti live performing keroncong dan penampilan musik lainnya.

Kalau mau puas berwisata di Grand Maerakaca dan ikut acara M2M, sobat tiket mungkin bisa mampir dulu di hari biasa untuk menjajal berbagai wahana dan anjungan. Di malam minggunya, kamu bisa ikut acara M2M. Kapan sih M2M diadakan? Pantau aja terus Instagram resmi Grand Maerakaca biar kamu enggak ketinggalan info.

Selain di malam minggu, Grand Maerakaca juga rutin mengadakan festival Maerakaca dua kali dalam setahun lho. Festival ini diisi dengan pentas budaya dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah. Terus kapan lagi dong festival ini diadakan lagi? Festival berikutnya akan berlangsung November ini nih sobat tiket. Dicatat ya waktunya! Enggak setiap hari kan kamu bisa menyaksikan beragam pentas budaya di satu tempat?

Harga Tiket Masuk Grand Maerakaca

Grand Maerakaca buka setiap hari dari pukul 07.00 – 19.00 (weekdays) dan 07.00 – 21.00 (weekend). Tiket masuk tempat wisata ini Rp10 ribu* per orang. Sobat tiket yang sudah tahu mau menjajal wahana atau aktivitas apa aja, bisa memilih paket wisata mulai dari Rp40 ribu* per orang. Rinciannya bisa dilihat di situs resmi Grand Maerakaca.

Cara Menuju Grand Maerakaca

Grand Maerakaca terletak di kompleks Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Alamat lengkapnya di Jl. Anjasmoro, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Posisinya tak jauh dari bandara Ahmad Yani. Untuk sampai di Grand Maerakaca, sobat tiket cuma butuh waktu berkendara selama 15 menit dari kawasan Simpang Lima.

Bagi sobat tiket yang berangkat bareng anak kecil, kamu bisa sewa mobil di tiket.com. Tersedia supir dan mobilnya juga bisa pilih sendiri jadi tak perlu was-was takut mobilnya enggak muat. Praktis banget kan?

*Keterangan harga saat artikel dibuat