,

Daya Tarik Gereja Tertua di Surabaya, Spot Wisata Unik dan Klasik!  

Pesona kota Surabaya tidak lepas dari nilai-nilai sejarah dan budaya yang sejak dulu hingga kini selalu dijaga oleh masyarakatnya. Perkembangan sejarah dan budaya ini dapat terlihat dari banyaknya bangunan bersejarah dengan berbagai cerita di baliknya. 

Bicara mengenai bangunan bersejarah, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria adalah salah satu saksi bisu dari perkembangan sejarah dan budaya di kota Surabaya. Terdapat banyak cerita di balik megahnya bangunan dengan gaya arsitektur khas Eropa ini. Apa sih keunikan dari tempat ini?

Sekilas Tentang Gereja Tertua di Surabaya

Sumber: shutterstock.com

Jika sobat tiket sedang berada di sekitar Jalan Kepanjen Surabaya, pandanganmu pasti akan langsung tertuju dengan satu bangunan yang berlokasi di jalan ini. Bukan candi, bukan juga museum, arsitektur indah nan megah ini dimiliki oleh sebuah gereja kuno yang konon diyakini sebagai salah satu gereja tertua di Surabaya. 

Namanya cukup panjang, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria. Tapi, warga sekitar biasa menyebutnya dengan nama Gereja Kepanjen. Berada tepat di sebelah SMK Katolik Frateran Surabaya, gereja tua ini masih menjadi sumber kegiatan religius oleh warga sekitar pemeluk agama Katolik.

Gereja ini mulai dibangun di tahun 1899, oleh arsitektur dari Semarang yang bernama W. Westmaas. Memiliki kapasitas lebih dari 3000 jemaat, gereja ini menjadi salah satu daya tarik khas dari kota Surabaya yang wajib dikunjungi. 

Sebelumnya, sebuah gereja sempat didirikan di daerah Roomsche Kerkstraat atau yang saat ini dikenal dengan Jl. Cendrawasih. Namun, karena adanya rencana pembuatan jalan di Surabaya, gereja ini akhirnya dibongkar, dipindahkan, dan diubah namanya menjadi Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria.

Sesuai dengan namanya, Gereja ini dibangun sebagai bentuk persembahan pada Santa Perawan Maria. Selain sebagai rumah ibadah, gereja ini juga sempat digunakan sebagai rumah sakit darurat dan rumah pastoran yang bertugas kala itu. 

Keunikan Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Sumber: shutterstock.com

Hal pertama yang terlihat dari bangunan ini adalah kemegahannya. Dengan arsitektur khas Eropa, bangunan gereja ini memberikan kesan kuno dan megah jika dipandang mata. Gereja ini mempunyai banyak keunikan yang tidak bisa ditemukan di arsitektur bagunan lain di Surabaya. Apa saja keunikannya? Simak informasinya di bawah ini:

1. Dinding Bata Khas Eropa

Daya tarik utama dari gereja ini dapat dilihat dari bagian dinding luarnya. Bernuansa khas Eropa dengan gaya Neo Gotik, bangunan gereja ini dilapisi oleh dinding bata yang sangat indah. Gaya klasik juga semakin terasa dengan pilar-pilar kokoh di sekitar pintu masuk gereja yang menambah keindahannya. 

Meski sudah berusia lebih dari 100 tahun, dinding bata di gereja ini masih tetap terjaga. Pada beberapa bagian dinding ada yang mulai berlumut dan menghitam, namun hal ini tidak mengurangi keindahan dan kemegahan bangunan bersejarah ini. 

2. Kokohnya Fondasi Kayu

Di balik kokoh dan megahnya bangunan gereja, terdapat sebanyak 799 batang kayu galam dari Kalimantan yang menjadi fondasi dari bangunan ini. Kayu-kayu ini juga berjajar menghiasi bagian langit-langit gereja, yang semakin menambah kesan khas dan klasik di gereja ini. 

Jajaran kursi gereja yang juga terbuat dari kayu membuat keindahan interior gereja ini semakin terasa. Selain itu, kamu juga bisa melihat elemen-elemen dekoratif lain yang membuat gereja ini semakin indah dipandang mata. 

3. Atap Kubah dan Pilar Tinggi

Daya tarik khas dari gereja ini juga terletak pada atap yang berbentuk kubah dan pilar-pilar megah di bagian dalam dan luar gereja. Pilar berwarna putih kokoh ini bisa kamu lihat pada bagian depan gereja, tepatnya di area pintu masuk. Warna putih pilar bertemu dengan warna merah alami batu bata, semakin memberikan kesan klasik pada bangunan ini. 

Pada bagian dalam gereja juga terdapat pilar pilar tinggi berlapis warna putih dan keemasan, yang melengkung, membentuk kubah hingga ke bagian langit-langit gereja. Pemandangan yang sangat khas dan memanjakan mata. 

4. Rose Window dan Kaca Mozaik nan Cantik

Keindahan gereja ini semakin indah dengan rose window dan kaca mozaik yang berada di beberapa bagian gereja. Rose Window atau jendela berbentuk bundar ini adalah ciri utama dari gaya Neo Gotik yang diusung di bangunan ini. 

Selain mempercantik, Rose Window memiliki fungsi yang berbeda, salah satunya untuk menangkal air hujan. Selain Rose Window, kaca mozaik berwarna warni juga menjadi elemen tambahan yang semakin menambah daya tarik interior gereja ini. 

Keindahan kaca mozaik penuh warna di gereja ini dirancang oleh arsitek Indonesia yang bernama Muljono Widjoyosastro. Suasana akan semakin indah dan menakjubkan saat jendela terkena sorotan sinar matahari. Pemandangan yang sulit ditemui di tempat lain. 

Pernah Terbakar dan Hancur di Masa Penjajahan

Sumber: shutterstock.com

Kota Surabaya adalah salah satu kota yang turut andil dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia. Untuk mencapainya, Surabaya harus rela mengorbankan banyak hal, termasuk bangunan-bangunan yang ikut hancur kala perang. 

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria ini sempat menjadi korban dari pertempuran di Surabaya yang terjadi pada tahun 1945. Kemegahan dan keindahan gereja ini dihancurkan oleh serangan tentara Inggris yang berasal dari sisi laut dan udara. 

Setelah kerusuhan, hanya pondasi dan kerangka bangunan saja yang tersisa dari gereja ini. Hingga akhirnya di tahun 1950, gereja ini direnovasi secara besar-besaran oleh Pastor P.A. Bastiansen CM, dengan tidak mengubah desain dan struktur bangunan yang sebelumnya. 

Renovasi selanjutnya dilakukan pada tahun 1960, dengan mengubah kaca-kaca pada bagian jendela gereja ini. Setelah direnovasi secara bertahap, gereja ini kembali difungsikan seperti sedia kala pada tahun 1951. 

Bagi sobat tiket yang ingin sekadar menikmati keindahan arsitektur gereja ini, kamu bisa langsung datang dan meminta izin pada petugas gereja. Mohon untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan area gereja, agar aktivitas ibadah bisa tetap terlaksana. 

Hingga saat ini, Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria masih menjadi pusat kegiatan agama Katolik di Surabaya. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, gereja ini juga menjadi salah satu cagar budaya di kota Surabaya yang dilindungi oleh pemerintah setempat.

Wisata Sambil Belajar Budaya di Kota Pahlawan

Bagaimana, apakah sobat tiket sudah memasukkan wisata sejarah ke dalam itinerary liburan? Kalau belum, tunggu apa lagi? Kalau masih ingin menjelajah dan belajar budaya, kamu bisa mengunjungi 5 Tempat Bersejarah di Surabaya yang tidak kalah menakjubkan.

Mau pesan tiket pesawat ke Surabaya, sobat tiket? Beli tiket lewat aplikasi tiket.com aja! Ada banyak pilihan maskapai dengan berbagai harga, yang bisa kamu sesuaikan dengan bujet liburan. Kalau mau liburan hemat, coba cari promo dan potongan harga menarik di aplikasi atau website tiket.com ya! Dijamin bikin liburan makin seru dan ramah di kantong. Selamat menjelajah, sobat tiket!