4 Festival Terkenal di Hong Kong dari Yang Romantis Hingga Yang Mistis
Sumber: Shutterstock.com

,

4 Festival Terkenal di Hong Kong, dari yang Romantis Hingga yang Mistis!

Ke Hong Kong jangan cuma belanja, sobat tiket. Ikut merasakan kentalnya budaya dan merasakan cita rasa kuliner khas saat mendatangi festival-festival di sana pun tidak kalah menarik.

Sepanjang tahun, kota di negara daratan Cina ini memang selalu diwarnai festival-festival seru yang sayang untuk kamu lewatkan. Ada 4 festival paling terkenal di Hong Kong dan pastinya meriah. Simak festival apa saja dan kapan kamu bisa menyaksikannya!

4 Festival di Hong Kong Yang Nggak Boleh Dilewatkan

Kentalnya budaya Tionghoa di Hong Kong, membuat beberapa festival memiliki kesan tersendiri. Ada yang romantis untuk dikunjungi bersama pasangan dan yang mistis untuk menambah keseruan saat berlibur dengan teman-teman.

Berikut tiket.com merangkum 4 festival terkenal di Hong Kong yang memiliki kesan romantis hingga mistis. Jika kamu kebetulan berada di Hong Kong saat festival ini berlangsung, jangan lupa untuk datang, ya!

1. Menghormati Dewi Laut di Festival Tin Hau

Saat Sang Dewi Laut kepercayaan Tionghoa, Tin Hau, berulang tahun, masyarakat Hong Kong akan merayakannya dengan menggelar sebuah festival. Seperti kita ketahui, Hong Kong sangat menggantungkan kehidupan mereka terhadap hasil tangkapan laut.

Maka nggak heran jika pada hari ulang tahun Sang Dewi, orang-orang di Hong Kong akan berdoa di kuil. Mereka meminta agar Dewi Tin Hau memberikan cuaca yang baik, melindungi para nelayan dari badai dahsyat, serta memberikan hasil laut yang melimpah.

Orang-orang akan menghias perahu dengan pita dan bendera berwarna cerah dengan simbol yang menunjukkan penghormatan kepada Sang Dewi. Nikmati juga parade Shap Pat Heung yang akan menampilkan tarian barongsai dan kostum warna-warni peserta parade.

4 Festival Terkenal di Hong Kong dari Yang Romantis Hingga Yang Mistis
Sumber: Shutterstock.com

Festival ulang tahun Dewi Tin Hau jatuh pada setiap bulan ketiga tanggal 8 Mei kalender Cina. Untuk datang ke sini, sobat tiket bisa berangkat dari Choi Hung ke Sai Kung Town dengan naik bus 92. 

2. Melihat Warna-Warni Festival Lampion Musim Semi

Ini adalah saat paling romantis untuk sobat tiket berkunjung ke Hong Kong bersama sang kekasih. Festival Lampion Musim Semi ini disebut juga sebagai Valentine China. Jika sobat tiket jomblo, tidak perlu cemas sebab ada permainan cari jodoh untuk para lajang di sini 😉

Mereka menyalakan lampion kemudian menerbangkannya ke langit, menghanyutkannya ke laut, atau sekadar menggantung dan menempelnya di rumah-rumah. Malam hari yang suram menjadi romantis dengan cahaya-cahaya lampion yang temaram.

4 Festival Terkenal di Hong Kong dari Yang Romantis Hingga Yang Mistis
Sumber: Shutterstock.com

Selain itu, festival lampion ini selalu diadakan pada hari pertama musim semi yang selalu bertepatan dengan malam bulan purnama. Terbayang betapa indah festival ini ditemani bulan yang bulat sempurna. Belum lagi serangkaian kembang api yang meledak-ledak di langit pada jam-jam tertentu.

Setiap tahunnya, Festival Lampion Musim Semi juga menandakan berakhirnya serangkaian festival musim semi. Dekorasi tahun baru dilepaskan dan pantangan-pantangan tahun baru nggak berlaku lagi. Di Indonesia, Festival Lampion Musim Semi ini dikenal sebagai hari Cap Go Meh.

Saat festival, sobat tiket juga bisa mencicipi tang yuang, yaitu bola-bola tepung ketan berisi wijen hitam yang dinikmati bersama kuah gula. Tak ketinggalan ada juga tarian barongsai dan tarian naga ikut memeriahkan.

Ada juga permainan teka-teki dengan menggantungkan kalimat teka-teki di kertas merah, dan menggantungnya di lampion. Siapa pun boleh mengambilnya dan jika menebak dengan benar akan ada hadiah dari si pemberi teka-teki. Seru, kan?

Untuk ikut menikmati keromantisan ini, sobat tiket hanya harus datang ke Hong Kong  pada hari ke-15 bulan pertama setiap tahunnya. 

3. Datang ke Festival Hantu Lapar yang Penuh Nuansa Mistis

Festival ini akan banyak mengingatkan sobat tiket pada kematian. Kenapa? Sebab Hungry Ghost Festival bertujuan untuk memberi makan kepada arwah para kerabat. Para arwah akan memakan pemberian orang-orang yang masih hidup seperti orang kelaparan.

Para penganut Taoisme percaya bahwa pada hari festival, gerbang neraka dibuka. Membiarkan arwah-arwah datang ke dunia untuk makan atau bahkan membalas dendam pada orang yang berbuat kesalahan pada mereka semasa hidup. Hiy, ngeri!

Kamu akan menemukan orang-orang membakar uang kertas selama festival berlangsung. Tentu, uang itu cuma mainan, namun dipercaya tetap dapat membuat para arwah senang menerimanya. Mereka percaya arwah tidak akan berbuat buruk pada mereka jika diberi makan sesajen dan uang yang dibakar.

4 Festival Terkenal di Hong Kong dari Yang Romantis Hingga Yang Mistis
Sumber: Shutterstock.com

Selama bulan kematian berlangsung, ada banyak pantangan yang tidak boleh dilanggar. Seperti dilarang merayakan ulang tahun pada malam hari dan jangan menikah pada bulan ini. Kamu juga dilarang menggunakan pakaian berwarna hitam atau merah karena arwah menyukai dua warna tersebut.

Banyak banget hal menarik untuk difoto selama berada di sini. Tapi, jangan mengambil foto di malam hari ya, sobat tiket. Ini juga merupakan satu pantangan yang tak boleh dilakukan saat bulan kematian. 

Setelah festival, ada serangkaian ritual yang dipercaya dapat mengantarkan arwah-arwah itu kembali ke alam baka. Para keluarga akan menghanyutkan lampion warna merah ke laut yang bertuliskan nama-nama arwah keluarga atau kerabat.

Hal tersebut dilakukan sebagai simbol bahwa mereka menyuruh para arwah pergi. Para Biksu pun akan berteriak dan merintih untuk menakuti arwah-arwah tersebut. Untuk menyaksikan festival ini, kamu bisa datang ke Hong Kong setiap tanggal 14 atau 25 bulan ke-15 kalender Cina.

4. Ikut Lomba Perahu di Festival Perahu Naga

Sering disebut Dragon Boat Festival, festival ini diadakan untuk memperingati hari kematian pahlawan Cina, yaitu Qu Yuan, yang menenggelamkan diri di Sungai Ming Lo sekitar 2000 tahun yang lalu. 

Masyarakat Hong Kong sangat menghargai tindakan Yuan yang melakukan bunuh diri itu sebagai aksi protes terhadap korupsi yang terjadi di pemerintahan. Mereka akan melempar pangsit ke laut untuk ikan, supaya  ikan nggak memakan jenazah Yuan.

4 Festival Terkenal di Hong Kong dari Yang Romantis Hingga Yang Mistis
Sumber: Shutterstock.com

Lomba diikuti oleh ribuan atlet baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka menaiki perahu-perahu sepanjang 10 meter yang berbentuk naga pada kepala dan ekornya. Terdapat 22 awak dalam satu perahu mendayung mencapai garis finish. 

Festival ini juga menjadi kesempatan untuk berkompetisi menggunakan kostum yang unik dan berwarna-warni. Sorak sorai puluhan ribu penonton yang menyemangati para atlet menjadi daya tarik sendiri. Setiap tahunnya, festival perahu naga diadakan di pelabuhan Victoria.

Festival di Hong Kong Akan Menjadi Pengalaman Menarik

Berbeda dengan hanya mengunjungi tempat-tempat wisata, datang ke festival-festival di Hong Kong akan membuat sobat tiket punya kenangan dan pengalaman budaya yang nggak bakal terlupakan!

Agar tidak ketinggalan festivalnya, kuy, pesan tiket dan rencanakan perjalananmu bersama tiket.com. Lihat juga rekomendasi tempat wisata di Hong Kong agar liburan kamu semakin menyenangkan!