Fakta Bunga Edelweis

,

6 Fakta Bunga Edelweis, Kenapa Kamu Tidak Boleh Memetiknya?

Bunga Edelweis, atau yang memiliki nama latin Javanese Edelweis merupakan tanaman yang populer di kalangan pendaki gunung. Kalau sobat tiket termasuk salah satu yang hobi mendaki gunung, tentu kamu pernah menemukan tanaman ini di beberapa Gunung di Indonesia deh.

Memiliki kecantikan dan makna yang mendalam, tidak heran membuat tanaman ini seringkali menjadi incaran para pendaki untuk dibawa pulang. Namun sayangnya, sudah diberlakukan Undang-Undang agar tidak ada lagi pendaki yang mencabut Edelweis secara sembarangan.

Nah, dibalik keindahan Bunga Edelweis, ada fakta-fakta menarik yang perlu untuk kamu ketahui lho, sobat tiket. Apa saja fakta Bunga Edelweis itu? Ayo cari tahu!

Fakta Bunga Edelweis, Si Cantik yang Mulai Langka

Sobat tiket tentu tau kan, kalau Bunga Edelweis ini seringkali dipetik dan dibawa pulang oleh para pendaki gunung? Hal itu pula yang menjadikan bunga ini semakin langka, dan membuatnya harus dilindungi dan dibudidayakan kembali.

Hampir punah, berikut ini 6 fakta Bunga Edelweis yang mungkin belum kamu ketahui, sobat tiket.

1. Disebut Sebagai Bunga Abadi

Mampu bertahan hingga 10 tahun lamanya, Bunga Edelweis disebut-sebut sebagai bunga abadi. Bahkan, seringkali bunga ini dilambangkan sebagai lambang cinta. Tidak heran kesan romantis akan didapatkan jika kamu bisa memberikan bunga dengan kelopak berwarna putih ini kepada pasangan kamu.

Fakta Bunga Edelweis - Disebut Bunga Abadi

Edelweis memiliki hormon etilen yang dapat membuatnya terus mekar dan indah selama 10 tahun. Hal itu lah yang menjadikan Edelweis dikenal sebagai bunga abadi, dan melambangkan cinta.

2. Hanya Tumbuh di Sekitar Pegunungan

Kamu nggak perlu heran sih, sobat tiket, kenapa nggak pernah lihat Bunga Edelweis di taman bunga, atau di taman-taman pada umumnya. Karena, Bunga Edelweis ini memang hanya tumbuh di daerah pegunungan.

Fakta Bunga Edelweis - Hanya Terdapat di Sekitar Pegunungan

Jadi, kamu memang membutuhkan effort lebih untuk bisa melihat dan menyentuh bunga abadi satu ini nih, sobat tiket. Untuk bisa melihat indahnya bunga yang memiliki bentuk seperti popcorn ini, kamu bisa mendaki ke Gunung Rinjani, Gunung Gede, Gunung Merbabu, dan dataran tinggi Dieng.

Sebelumnya, kamu juga bisa melihat Bunga Edelweis di Gunung Bromo. Namun sayangnya, bunga abadi ini sudah mulai punah dan tidak bisa kamu lihat lagi deh di sekitar Gunung Bromo ini.

3. Mampu Bertahan di Tanah Tandus

Meskipun Bunga Edelweis ini tumbuh di daerah pegunungan, namun ternyata Edelweis juga mampu bertahan di tanah yang tandus lho, sobat tiket. Hal ini disebabkan oleh mikoriza atau bentuk dari simbiosis mutualisme yang dimiliki oleh Edelweis.

Sehingga, tanaman ini dapat memperluas jangkauannya untuk mencari zat hara yang dilakukan oleh akar-akar dari tumbuhan Edelweis. Dengan begitu, akar dari tanaman ini mampu menyerap mineral dan air untuk bertahan. 

4. Dilindungi Undang-Undang

Dikarenakan Bunga Edelweis ini semakin berkurang jumlahnya, akhirnya diterapkan Undang-Undang untuk melindungi si bunga lambang cinta ini nih, sobat tiket. Jadi, kamu tidak bisa lagi sembarangan mencabut atau memetik bunga ini saat melakukan pendakian.

UU No.5 tahun 1990 adalah Undang-Undang yang memberlakukan pelarangan untuk mencabut atau memetik Bunga Edelweis. Dalam UU yang membahas mengenai konservasi daya Hayati Ekosistem ini, terdapat Pasal 33 Ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional”.

Jadi, hal ini perlu banget untuk kamu perhatikan ya, sobat tiket. Jangan sampai kamu lupa dan justru malah melanggar UU yang sudah ditetapkan.

5. Mulai Mengalami Kepunahan

Karena minat masyarakat yang tinggi akan bunga cantik ini, terlebih jarang untuk ditemukan, menjadikan bunga abadi ini sering dipetik oleh para pendaki atau masyarakat sekitar. Dengan begitu, jumlah dari bunga ini pun semakin mengalami penurunan. 

 

Sehingga, tidak heran jika di beberapa area Bunga Edelweis mulai mengalami kepunahan. Namun untuk menanggulanginya, pemerintah dan petani setempat mulai menggalakkan pembudidayaan tanaman satu ini.

Jadi, untuk kamu yang ingin memiliki Bunga Edelweis ini, baik untuk menjadi koleksi, kenang-kenangan, ataupun hadiah. Bisa membelinya dari petani setempat.

6. Memiliki Ketinggian Hingga 8 Meter

Kebanyakan yang kita tahu, bunga ini hanya memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 1-3 meter. Namun ternyata, bunga ini mampu tumbuh hingga 8 meter tingginya lho, sobat tiket.

Tentunya hal ini semakin menambah kesan istimewa dari tumbuhan indah yang menjadi incaran siapapun ya, sobat tiket. Nah, kalau kamu mau melihat Bunga Edelweis ini secara langsung, kamu bisa datang pada bulan Agustus-September.

Karena, di bulan-bulan tersebut Edelweis mulai bermekaran.

Ayo Lihat Si Cantik Edelweis Dari Dekat

Penasaran mau lihat Edelweis dari dekat? Tenang sobat tiket, kamu masih punya waktu nih untuk bisa melihat dan menyentuh bunga abadi ini dari dekat. Makanya, rencanakan liburan kamu di Bulan Agustus-September nanti ke wilayah-wilayah pegunungan yang ada.

Jangan lupa, beli tiket pesawat menuju sana belinya di tiket.com ya, sobat tiket! Selain melihat Edelweis, kamu juga punya kesempatan lho untuk melihat indahnya milky ways di beberapa pegunungan yang ada di Indonesia. 

Seperti di 7 Tempat Melihat Bintang di Indonesia ini. Ayo, untuk sobat tiket yang memiliki jiwa petualang, realisasikan liburan yang berbeda ini bersama dengan tiket.com!