,

Menikmati Es Krim Bernuansa Jadul di Toko Oen, Bikin Ketagihan!

Sisa-sisa penjajahan Belanda masih bisa ditemukan saat ini melalui bangunan bergaya kolonial. Bahkan, hal tersebut menjadi identitas di beberapa kota di Indonesia, seperti Malang. Secara tidak langsung, potensi wisata pun akan mengikuti.

Salah satu bangunan bergaya kolonial di Malang adalah Toko Oen. Kedai ini menjual aneka penganan manis, misalkan es krim. Bagaimana warisan Belanda tersebut masih eksis sampai sekarang? Temukan jawaban melalui ulasan berikut, ya!

Sejarah Toko Oen

Sumber: Shutterstock

Toko Oen di Malang didirikan oleh pengusaha Tionghoa keturunan Belanda bernama Liem Goe Nino pada 1930. Kedai ini merupakan cabang dari kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta. Jadi, pertama kali dibuka adalah tahun 1910.

Tahun 1990, kepemilikan Toko Oen beralih ke pengusaha asal Malang bernama Danny Mugianto. Meski sudah berganti tangan, keaslian resep masih dijaga sampai sekarang. Menikmati es krim di sini pun dapat memberikan kesan nostalgia.

Saat pertama kali masuk ke Toko Oen, sobat tiket akan disambut oleh etalase berisi roti, kue basah, dan kue kering. Mengapa bukan es krim? Karena, pada awal didirikan kedai ini menjual aneka produk pastry.

Kesan vintage dari Toko Oen begitu terasa dari furnitur meja dan kursi berbahan rotan. Ada pula tulisan di dinding berbunyi, “Welkomm in Malang. Toko “Oen” Die Sinds 1930 Aan De Gasten Gezelligheid Geeft.” Bahasa Belanda ini kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi, “Selamat datang di Malang. Toko “Oen” yang telah memberikan suasana nyaman bagi para tamu sejak 1930.”

Lokasi Toko Oen tidak sulir ditemukan, karena berada di pusat kota. Bahkan, berjarak beberapa meter saja dari Alun-Alun Kota Malang dan berdekatan dengan bangunan ikonik Gereja Kayutangan.

Fakta Seputar Toko Oen

Sumber: Shutterstock

Tidak hanya sebagai salah satu bangunan bersejarah, daya tarik Toko Oen berasal dari fakta kedai ini, sebagai berikut:

1. Peristiwa 1947

Bangunan Toko Oen sempat dijadikan tempat Kongres Komite Nasional Indonesia pada 25 Februari 1947. Pada tahun sama, terjadilah peristiwa kebakaran di Malang dan kedai ini merupakan salah satu yang dapat diselamatkan.

2. Banyak Turis Mancanegara Berkunjung Ke Sini

Toko Oen masuk salah satu wisata legendaris di Malang yang termuat dalam guide book, sehingga banyak turis mancanegara berkunjung ke sini. Sebagai salah satu bentuk layanan, daftar menu ditulis menggunakan Bahasa Belanda dan Bahasa Inggris.

3. Saat Ini Hanya Tersedia di Dua Kota

Cabang Toko Oen di beberapa kota di Indonesia sudah tidak beroperasi, kecuali Malang dan Semarang. Pengelolaan kedai ini di Semarang sudah ditangani generasi ketiga dengan beberapa cabang. Namun, di Malang hanya ada satu-satunya.

Bangunan-Bangunan Bersejarah di Malang

Malang tidak hanya dikenal akan pesona kota wisata kuliner, melainkan kota sejarah melalui bangunan-bangunan kuno yang masih ada sampai sekarang. Menyimpan berbagai cerita masa lalu, destinasi ini pun layak kamu kunjungi saat liburan. Apa sajakah itu?

Ada 4 rekomendasi bangunan bersejarah yang bisa kamu kunjungi di Malang, antara lain: Alun-Alun Tugu Malang, Wisma Tumapel, Museum Brawijaya, dan Museum Sejarah Bentoel. Tempat publik seperti rumah sakit pun ada yang memiliki cerita masa lalu menarik yaitu RSU Lavalette.

Lokasi dan Jam Operasional Toko Oen

Sumber: Shutterstock

Toko Oen berlokasi di Jl. Jenderal Basuki Rahmat nomor 5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang. Kamu dapat menikmati sajian di kedai ini setiap hari antara pukul 09.00-21.30 WIB. Waktu kunjungan favorit pembeli adalah saat jam makan siang.

Akses ke Toko Oen

Sobat tiket bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk menuju Toko Oen. Kalau titik keberangkatan kamu dari Terminal Arjosari, kamu bisa menaiki angkot berkode AG. Sementara dari Terminal Landungsari, kamu bisa menaiki angkot berkode ADL atau menggunakan ojek online.

Menu di Toko Oen

Sumber: Shutterstock

Toko Oen tidak hanya menyediakan es krim, melainkan ragam menu lain. Jadi, waktu bersantai kamu di sini akan lebih seru.

1. Pastry

Pastry merupakan makanan khas Eropa, sehingga Toko Oen menyediakan menu ini. Memiliki rasa gurih dan manis, dinikmati bersama es krim enak juga. Selain itu, akan cukup mengenyangkan.

2. Salad

Mau makan makanan sehat? Toko Oen juga menyediakan salad, lho! Di sini tersedia dua varian yaitu Dutch Salad dan Beef Salad.

Apa sih Dutch Salad itu? Merupakan salad dengan tambahan sumber karbohidrat seperti kentang atau jagung dengan siraman saus krim. Sebagai pelengkap, irisan telur atau daging biasa ditambahkan. Sementara Beef Salad, sesuai namanya, penyajian menu ini memiliki porsi bahan yang seimbang antara sayur dan daging.

3. Sandwich

Sandwich sebagai makanan khas Eropa pun dihadirkan dalam menu Toko Oen. Dari beberapa varian yang tersedia, Uitsmijter adalah yang menjadi favorit banyak pengunjung. Tertarik mencoba?

4. Steak

Mengunjungi Toko Oen tidak hanya sekadar untuk mencari cemilan, melainkan dapat mengisi perut dengan makanan berat seperti Steak. Di sini varian yang tersedia adalah Wienerschnitzel Steak, Beef Steak with Fried Egg, Oxtongue Steak, dan Galantine Steak. Mana nih yang ingin sobat tiket cicipi?

5. Aneka Minuman

Melepas dahaga di Toko Oen tidak hanya dengan menikmati es krim, karena kedai ini menyediakan aneka minuman lain seperti milkshake. Bahkan, ada minuman tradisional sekoteng juga, lho! Sangat cocok dinikmati untuk menghangatkan badan di hari yang dingin.

6. Es Krim

Ini dia primadona Toko Oen! Es krim di sini terbagi menjadi tiga jenis yaitu Old Fashion Ice Cream Single Scoop, Old Favorites, dan Fancy Sundae. Semuanya memiliki rasa yang beragam. Sobat tiket tinggal pilih, mau yang rasa buah-buahan segar atau olahan seperti vanila.

Es krim di Toko Oen menjadi primadona, karena masih memakai resep kuno. Jadi, bisa dipastikan bebas dari pengawet dan dibuat dari bahan alami berkualitas. Selain itu, memiliki rasa yang pas, sehingga tidak terasa enek.

Harga makanan di Toko Oen bervariasi, mulai dari belasan sampai ratusan ribu. Harga tersebut belum termasuk pajak. Bujet yang sobat tiket keluarkan untuk berwisata kuliner di sini sangat sebanding dengan rasa yang ditawarkan serta bisa merasakan langsung daya tarik sejarah dari kedai ini.

Berburu Kuliner Legendaris di Malang

Menu-menu di Toko Oen merupakan salah satu kuliner legendaris di Malang. Sobat tiket perlu mencoba makanan lain agar wisata kamu semakin lengkap, karena berasal dari beragam pilihan mulai dari mi sampai ketan.

Ingin berwisata kuliner sekaligus sejarah di Malang? Persiapkan semua akomodasi kamu menggunakan tiket.com. Prosesnya cepat dan mudah. Kamu pun akan mendapatkan berbagai promo menarik, sehingga membuat jalan-jalan menjadi lebih hemat. Kamu juga bisa mengeksplor kota Malang dengan layanan sewa mobil di aplikasi tiket.com.