Destinasi Hari Kejepit di Sekitar Jakarta

,

⚡ 6 Ide Destinasi Liburan Satu Hari di Sekitar Jakarta

Destinasi Liburan Satu Hari di Jakarta – Salah satu hari besar tidak resmi tapi terkenal yang ada di Indonesia adalah Harpitnas atau singkatan dari Hari Kejepit Nasional. Harpitnas cukup membuat masyarakat Indonesia, khususnya para pekerja merasa serba salah.

Pasalnya harpitnas adalah hari di mana kamu harus masuk kerja di antara dua hari libur. Jika sudah begitu, pasti kalimat yang ada di pikiranmu adalah “kenapa ngga sekalian libur aja, sih?”

Selain itu, hari kejepit juga bisa saja mengganggu rencanamu yang ingin liburan ke tempat jauh dan membutuhkan hari libur yang panjang. Tapi tenang saja, Sobat Tiket. Kalian tak perlu sedih karena masih ada banyak cara lain untuk menikmati hari tersebut.

Kamu masih bisa menikmati hari libur yang terbit setelah hari kejepit itu. Nah, bagi kamu warga jakarta, kami punya beberapa destinasi seru untuk menghabiskan hari di sekitar Jakarta supaya kamu tidak bosan di rumah. Simak terus, ya.

Destinasi Liburan Satu Hari di Jakarta

Sejujurnya, liburan di Jakarta tidak akan cukup hanya dengan satu hari saja. Tapi jika kamu ingin menikmati liburan setelah hari kejepit, maka kamu masih bisa mendapatkan satu hari yang sangat menyenangkan di Jakarta asalkan kamu tahu tempat yang dituju dan bagaimana cara memanfaatkan waktu. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan destinasi hari kejepit di Jakarta untuk kamu.

1. Monumen Nasional (Monas)

Destinasi Hari Kejepit di Sekitar Jakarta

Sebelum hari mulai panas, untuk destinasi yang pertama kamu bisa pergi ke tugu Monas dengan naik Transjakarta atau transportasi lain yang menurutmu paling baik dari tempat kamu tinggal. Di sini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota Jakarta dari ketinggian 132 meter. Kamu bisa masuk ke dalam Monas dan menaiki lift yang akan membawamu ke puncak Monas.

Selain itu di halaman sekitar Monas kamu juga bisa melakukan beragam kegiatan lain seperti bermain layang-layang, bersepeda, atau sekadar menikmati udara segar dari taman yang dirawat dengan subur di sana.

2. Kota Tua

Destinasi Hari Kejepit di Sekitar Jakarta

Setelah puas menikmati pemandangan kota Jakarta dari atas, selanjutnya kamu bisa datang ke kawasan Kota Tua yang letaknya tidak jauh dari Monas. Kota Tua adalah sebuah kawasan di Jakarta yang memiliki suasana kuno dan akan membuatmu merasa seperti sedang menjelajah waktu ke masa lampau.

Di sini, terdapat lima museum yang bisa kamu kunjungi meliputi Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bank Mandiri. Selain itu di sini juga banyak pedagang yang menjual pernak-pernik, jajanan ringan, kaos, gantungan kunci, dan banyak lainnya.

3. Masjid Istiqlal

Destinasi Hari Kejepit di Sekitar Jakarta

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara. Masjid ini memiliki tujuh pintu masuk dan semuanya dinamai berdasarkan Asmaul Husna. Masjid ini boleh dikunjungi oleh siapapun, tidak hanya untuk orang-orang yang ingin beribadah, namun juga untuk para turis.

Satu hal yang membuat masjid ini menarik adalah posisi Masjid Istiqlal yang berada tepat di sebelah Katedral. Hal tersebut melambangkan keharmonisan dan toleransi antar umat beragama. Tempat ini sudah pasti cocok sekali untuk refreshing di antara kesibukan sehari-hari.

4. Pasar Baru

Destinasi Hari Kejepit di Sekitar Jakarta

Tidak jauh dari Masjid Istiqlal, kamu bisa berjalan kaki ke kawasan Pasar Baru. Di sini kamu bisa berbaur dengan banyak sekali orang dan mencari barang-barang menarik dengan harga yang terjangkau. Tidak salah kalau tempat ini kamu jadikan sebagai tempat rekreasi.

Pasar Baru terbagi menjadi tiga area yang meliputi Jalan Pintu Air Raya, Metro Atom Plaza, dan Harco Plaza Pasar Baru. Barang-barang yang dijual di sini sangat banyak seperti baju, sepatu, alat musik, produk kecantikan, jam tangan, kamera, dan masih banyak lainnya.

5. Taman Menteng

Destinasi Hari Kejepit di Sekitar Jakarta

Ketika hari sudah mulai gelap, kamu bisa berpindah tempat ke Taman Menteng. Jika kamu adalah seseorang yang suka berwisata kuliner, maka tempat ini dapat memuaskanmu. Puaskan rasa laparmu di sini. Berlokasi tepat di sebelah Taman Menteng, kamu bisa menemukan banyak warung yang menjajakan beraneka jenis makanan.

6. Grand Indonesia

Destinasi Hari Kejepit di Sekitar Jakarta

Destinasi selanjutnya agak berbeda, tidak harus selalu bertemakan tradisional. Setelah menghabiskan banyak waktu di tempat-tempat tradisional yang telah disebutkan di atas, berikutnya tidak ada salahnya jika kamu masuk ke mal untuk berbelanja atau sekedar berjalan-jalan. Grand Indonesia adalah pilihan mal yang cocok jika kamu ingin merasakan sedikit suasana khas Indonesia.

Kamu bisa membeli beberapa suvenir di Alun-alun Indonesia yang ada di lantai 3. Kemudian jika kamu ingin melihat kekayaan budaya Indonesia, kamu bisa naik ke lantai 8 dan masuk ke Galeri Indonesia Kaya. Di situ kamu bisa mendengarkan lagu tradisional Indonesia, belajar mengenai kekayaan budaya yang ada di Indonesia melalui presentasi multimedia, atau kamu juga bisa berpose mengenakan baju tradisional Indonesia melalui proyeksi virtual.

Itu adalah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi selama satu hari di sekitar Jakarta. Lain halnya jika kamu punya waktu seminggu penuh untuk berlibur di Jakarta, maka opsi yang kamu punya juga akan menjadi lebih banyak lagi. Kalau butuh inspirasi liburan di kota lain, simak juga ya tempat wisata di Banyuwangi ini.