,

Contoh Itinerary Semarang 3 Hari, Liburan Singkat Tapi Puas

Sobat tiket tak punya banyak waktu untuk liburan? Jangan khawatir, tiket.com punya rekomendasi liburan singkat untuk kamu. Salah satunya, kamu bisa berlibur ke kota Semarang. Penasaran kenapa harus kota Semarang? Karena Semarang terbilang kota yang strategis. Jarak antara bandara dan stasiun di Semarang dengan berbagai lokasi wisata populer cukup dekat lho.

Jadi dengan meluangkan sekitar 3 hari, dijamin kamu udah bisa keliling ke banyak destinasi wisata. Buat kamu yang bertanya-tanya memangnya 3 hari cukup, langsung aja deh simak itinerary atau rencana liburan ke Semarang ala tiket.com berikut. Dengan 3 hari 2 malam, kamu pasti puas menjelajah ke kota Semarang.

Transportasi ke Kota Semarang dan Akomodasi

Sobat tiket mungkin sudah tahu kalau menuju Semarang bisa melalui jalur darat dan udara. Dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan masing – masing. Tapi kali ini, tiket.com sarankan kamu ke Semarang lewat jalur darat via kereta api. Alasannya, letak stasiun Semarang lebih dekat dengan pusat kota Semarang yang memiliki banyak objek wisata.. Dengan kata lain, kamu bisa lebih menghemat waktu.

Kota Semarang punya 2 stasiun yaitu Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Jarak keduanya sekitar 2 kilometer tapi sebaiknya kamu turun di stasiun Semarang Tawang. Stasiun ini lebih dekat dengan lokasi wisata dan tersedia banyak pilihan hotel di sekitarnya. Sobat tiket yang berangkat dari Jakarta silakan pilih tiket kereta paling pagi. Jadwalnya dan pemesanannya bisa lewat tiket.com. Praktis banget dan enggak ribet.

Jadwal kereta terpagi sekitar pukul 06.00 atau 07.00 dari stasiun Gambir atau stasiun Pasar Senen. Perjalanan Jakarta – Semarang memakan waktu sekitar 6 – 7 jam. Oh ya, sebelum berangkat kamu juga bisa pesan hotel di tiket.com dulu. Jadi pas sampai di Semarang, kamu enggak sibuk cari-cari hotel lagi. Tinggal check-in, taruh tas kamu dan siap bertualang di Semarang.

Itinerary Semarang 3 Hari 2 Malam

Hari I (stasiun Gambir / Pasar Senen – stasiun Tawang – Gereja Blenduk dan kota lama Semarang)

  • Mengunjungi Gereja Blenduk
  • Bersantai di Taman Srigunting
  • Keliling kawasan kota lama Semarang
  • Makan malam di kawasan Simpang Lima
  • Kembali ke hotel
Sumber: Shutterstock.com

Keliling kawasan kota lama jadi agenda wajib wisatawan tiap kali berkunjung ke Semarang. Sobat tiket enggak cuma akan belajar tentang sejarah kolonialisme di Semarang tapi juga bisa berfoto cantik di sini. Kota lama Semarang punya beberapa spot foto unik. Salah satunya, Gereja Blenduk yang berciri khas atap kubah dan dua menara kecil di sampingnya. Gereja ini berdiri sejak tahun 1753 dan masih aktif dipakai untuk beribadah sampai sekarang.

Setelahnya, kamu bisa menepi ke Taman Srigunting. Posisinya dekat banget kok dengan Gereja Blenduk. Bebaskan gayamu untuk berpose di taman asri ini, ya. Kamu enggak akan mati gaya di sini karena tersebar beberapa properti sebagai pemanis foto. Tips untuk kamu yang akan ber-selfie ria di kawasan kota lama, cari spot dengan latar bangunan khas kolonial seperti Gedung Marba dan Jembatan Berok.

Sumber: Shutterstock.com

Jika masih punya waktu lowong, sobat tiket bisa bersepeda mengelilingi kawasan kota lama. Jangan lupa mampir ke pasar antik yang masih berada di kawasan kota lama. Siapa tahu, kamu menemukan barang langka untuk koleksi baru.

Sore tiba, saatnya mengisi perut di kawasan Simpang Lima, alun-alun kota Semarang yang enggak pernah sepi. Ada seafood, pecel, berbagai macam olahan nasi, dan masih banyak lagi. Perut terisi, kamu yang masih punya tenaga, bisa melanjutkan jalan-jalan keliling Simpang Lima dengan becak hias.

Hari II (Lawang Sewu – Kelenteng Sam Poo Kong – Pantai Marina)

  • Pergi ke Lawang Sewu
  • Berfoto di Kelenteng Sam Poo Kong
  • Menanti matahari terbenam di Pantai Marina
  • Kembali ke hotel
Sumber: Shutterstock.com

Di hari kedua, kamu bisa mengawali wisata dengan mengunjungi Lawang Sewu. Gedung bekas kantor kereta api peninggalan Belanda ini terkenal akan ruang bawah tanahnya. Untuk tahu lebih banyak sejarah Lawang Sewu, kamu bisa menggunakan jasa pemandu yang tersedia. Spot foto yang tak boleh dilewatkan tentunya berpose di depan Lawang Sewu dan kaca mosaik di dalam gedung serta pada barisan pintu yang super panjang di dalam gedung.

Sesudahnya, kamu bisa bergegas ke Kelenteng Sam Poo Kong. Kompleks kelenteng ini terbagi lagi dalam beberapa kelenteng berbangunan merah dengan atap yang khas. Halaman di Kelenteng Sam Poo Kong sangat luas dan tentunya banyak banget spot foto yang instagrammable. Di tengah halaman terdapat patung Laksamana Cheng Ho. Oh ya, kamu juga bisa menyewa busana khas Tiongkok untuk keperluan foto – foto lho.

Menjelang sore hari, kuy menuju ke Pantai Marina untuk menyaksikan matahari terbenam. Serunya, pantai ini tak terlalu jauh dari pusat kota Semarang dan jadi favorit warga Semarang. Meski pantai ini tak terlalu luas dan tak cocok untuk berenang, tapi pas untuk sobat tiket melepas lelah setelah seharian bertualang.

Kamu bisa menanti matahari terbenam sambil makan malam di pantai. Ada beberapa penjual makanan yang siap mengobati rasa lapar.

Hari III (Masjid Agung Jawa Tengah – Stasiun Tawang – Jakarta)

  • Mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah
  • Makan siang dan membeli oleh – oleh
  • Berangkat ke stasiun Tawang untuk pulang ke Jakarta

Luangkan waktu untuk mendatangi Masjid Agung Jawa Tengah. Arsitektur masjid ini pasti buat kamu terpukau. Masjid cantik ini punya banyak tempat yang bisa dijelajahi. Masjid Agung Jawa Tengah memiliki enam buah payung hidrolik raksasa di bagian halamannya.

Pengunjung juga bisa naik ke menara setinggi 99 meter di sebelah masjid. Bayangkan betapa cantiknya pemandangan kota Semarang dari atas sana. Tak boleh ketinggalan, kamu juga bisa masuk ke dalam Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah. Pas untuk kamu yang ingin sekaligus berwisata religi.

Sebelum pulang, kamu bisa makan siang di Bandeng Juwana. Olahan Bandeng di tempat ini jempolan. Sekalian sobat tiket bisa membeli oleh – oleh khas Jawa Tengah di sini. Ada wingko, tahu bakso, dan bakpia. Olahan bandengnya juga bisa dibungkus sebagai oleh – oleh lho.

Serunya Menjelajah Semarang dalam 3 Hari

Selesai sudah itinerary liburan selama 3 hari 2 malam di Semarang nih sobat tiket. Dengan waktu yang cukup singkat, kamu bisa berwisata budaya, kuliner sampai berwisata alam di kota Semarang. Seru kan? Sobat tiket yang berencana ke Semarang, boleh banget mencontoh itinerary ini dan sesuaikan dengan gaya liburanmu sendiri. Urusan transportasi dan akomodasi, tinggal pesan aja di tiket.com. Selamat berlibur.