,

Ribuan Lapak Belanja Siap Memanjakanmu di Chatuchak Weekend Market!

Belanja. Sebuah aktivitas yang tak boleh terlewatkan saat liburan, apalagi waktu berkunjung ke Thailand. Banyak pasar malam yang ada di Thailand, khususnya di ibukotanya yaitu Bangkok. Berbelanja di pasar malam tentunya bisa membuat sobat tiket puas karena barangnya murah-murah!

Chatuchak Weekend Market merupakan salah satu pasar di Bangkok yang terkenal di kalangan warga lokal dan wisatawan. Bagaimana tidak terkenal, lebih dari 15.000 stan berdiri di tanah seluas sekitar 10 hektar. Ada apa aja di pasar raksasa ini? Simak ulasan tiket.com berikut ini, ya!

Surga Belanja Wisatawan

Predikat pasar terbesar di Thailand memang pantas untuk Chatuchak Weekend Market yang memfasilitasi lebih dari 11.000 vendor. Pasar yang juga dikenal dengan nama pasar JJ ini dibagi menjadi 27 sektor. 

Pasar Chatuchak dibuka sejak 1942, kemudian pindah ke Sanam Luang. Seiring berjalannya waktu, Sanam Luang menjadi area rekreasi dan kemudian pasar berpindah ke selatan Chatuchak dengan nama Phahonyothin. Pada tahun 1983 namanya berganti menjadi pasar Chatuchak yang digunakan hingga saat ini.

Lokasi Chatuchak Weekend Market

Sesuai dengan namanya,  Chatuchak Weekend Market hanya buka saat weekend. Pasar ini buka mulai hari Jumat pukul 6 sore hingga tengah malam. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 9 pagi. Bersiaplah untuk berburu barang-barang cantik dengan pengunjung lain karena pasar ini dinantikan masyarakat lokal maupun wisatawan.

Pasar akhir pekan ini berada di Kamphaeng Phet 2 Road, Chatuchak, Bangkok. Sobat tiket sangat disarankan untuk menggunakan transportasi umum demi menghindari kemacetan di sekitar pasar. Kamu bisa menggunakan BTS lalu turun di Mo Chit atau naik MRT kemudian berhenti di Chatuchak.

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket bisa menitipkan barang bawaan ke loker yang ada di dekat stasiun MRT Kamphaeng Phet (exit 2) jika diperlukan. Menjelajah pasar Chatuchak Weekend Market terasa lebih mudah karena sudah disiapkan peta yang menunjukkan 27 section. Belanja jadi mudah dan tidak perlu pusing membayangkan mengelilingi pasar raksasa ini.

Sebelum Menjelajah, Perhatikan Section Dulu!

Siapkan daftar belanja sebelum menjelajahi Chatuchak Weekend Market dan kunjungi section sesuai kebutuhan sobat tiket. Berikut ini section yang ada di pasar Chatuchak Weekend Market, ingat-ingat bahkan kalau perlu dicatat ya!

Section 1: buku, jimat, koleksi, toko makanan, cafe

Section 2-4: dekorasi rumah, koleksi, lukisan

Section 5-6: pakaian, perhiasan, produk lain-lain

Section 7-9: barang antik, furnitur, keramik, kerajinan tangan

Section 10-24: pakaian, perhiasan, peralatan rumah tangga, hewan peliharaan

Section 17-19: keramik, makanan segar dan kering

Section 22-26: barang antik, furnitur, kerajinan tangan

Section 27: buku, makanan berat dan penutup, koleksi

Belanja Oleh-oleh Bebas Khawatir

Bagi wisatawan seperti sobat tiket, produk yang paling sering dicari adalah oleh-oleh. Namanya juga pasar, tentu kamu bisa menawar harga. Jika tidak menemukan harga yang cocok untuk oleh-oleh yang kamu idamkan, tenang saja karena ada banyak penjual produk yang sama di sini.

Sumber: Shutterstock.com

Beberapa produk yang menjadi incaran adalah Mori Bags. Tas berbentuk tote bag dengan motif minimalis, warna pastel atau tema natural. Tas lain yang tidak kalah menarik adalah Embroidered Bags yang bisa memaksimalkan ootd liburanmu. Berbelanja tas bisa kamu manfaatkan untuk membawa barang belanjaan yang lain.

Kaos kaki lucu dengan motif gajah, kentang goreng dan berbagai motif lain yang menggemaskan bisa kamu temukan di pasar ini. Aksesoris cantik ala Tongkorn Jewelry berbentuk tanaman atau hewan bisa jadi oleh-oleh yang menarik. Ternyata, ada juga lho tempat yang seru untuk berburu barang antik di Jakarta.

Oleh-oleh Makanan dan Kuliner Lezat Siap Santap

Kuliner memang tidak bisa lepas dari perjalanan liburan. Makanan khas Thailand bisa kamu temukan dengan mudah di Chatuchak Weekend Market. Bagi wisatawan muslim tidak perlu khawatir, karena tersedia kuliner halal yang diberi tanda pada setiap stan. Wah, jadi nggak sabar buat icip-icip ya!

Thai Milk Tea yang fenomenal itu, ada yang berbentuk bubuk di negara asalnya. Ada bubuk thai tea saja dan ada pula yang sudah mencampurnya dengan gula dan susu. Praktis, tinggal seduh. Cumi-cumi kering atau biasa disebut juhi cumi-cumi jadi oleh-oleh yang dirindukan untuk pecinta seafood.

Sumber: Shutterstock.com

Mencicipi sticky mango rice usai lelah menjelajah pasar raksasa bisa jadi pilihan yang tepat. Pilihan tepat juga jika kamu memesan akomodasi di tiket.com yang letaknya nggak jauh dari Chatuchak Weekend Market. Sticky mango rice hanya mengganjal sebentar? Tenang saja, ada berbagai pilihan menu yang mengenyangkan.

Panasnya suasana pasar karena di lahan terbuka tanpa AC, es krim kelapa wajib kamu coba. Es krim lembut diletakkan dalam batok kelapa ditambah topping yang menambah kenikmatan. Beberapa toko es krim kelapa juga memberikan air kelapa secara gratis, lho.

Tips Belanja di Chatuchak Weekend Market

Cuaca panas menyengat ditambah keramaian pengunjung Chatuchak Weekend Market bisa membuatmu mengurungkan niat pergi ke sini. Tapi tenang saja, berikut ini tips yang patut kamu coba saat berkunjung ke pasar yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Check it out!

Sumber: Shutterstock.com

Waktu yang paling tepat mengunjungi Chatuchak Weekend Market adalah pagi hingga siang hari. Saat matahari belum terlalu terik dan tubuhmu masih fresh untuk menjelajah isi pasar. Beberapa pedagang percaya kalau barang dagangan yang laku di pagi hari membawa keberuntungan. Bisa jadi kamu dapat harga murah nih!

Jika terpaksa tidak bisa ke pasar akhir pekan ini pagi hari, bawalah air minum yang cukup. Memang ada penjual minuman, tapi membawa minum sendiri adalah hal yang lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk membawa tas belanja berukuran besar jika kamu berencana untuk membeli banyak barang.

Manfaatkan peta yang disediakan pengelola pasar atau kamu juga bisa menemukan peta di internet dan menyimpannya dalam ponsel. Pastikan kamu sudah memiliki daftar belanja agar mudah menemukan tenda yang kamu butuhkan. Gunakan pakaian yang nyaman digunakan untuk menyelesaikan sederet daftar belanjaanmu.

Padatnya pengunjung Chatuchak Weekend Market tidak menutup kemungkinan adanya orang yang berniat buruk. Bawalah uang tunai yang sudah ditukar menjadi bath secukupnya karena banyak stan yang hanya menerima pembayaran tunai. Letakkan barang berharga di tempat yang aman.

Tawar menawar sudah bukan hal yang tabu di pasar ini. Sobat tiket bisa menawar 10-20% dari harga yang ditawarkan, sebagian barang juga bisa ditawar hingga setengahnya. Menjelang tutup, beberapa pedagang memindah lapaknya ke dekat jalan utama dan akan mendiskon produknya.

Sudah terbayang bagaimana keseruan belanja di pasar akhir pekan yang ada di Bangkok ini? Sepertinya kamu butuh tiket pesawat dan akomodasi yang tepat selama di sana. Buka saja tiket.com dan temukan penawaran terbaik hanya untuk kamu.