Cara Mengurangi Penggunaan Plastik Saat Liburan

,

5 Cara Mengurangi Sampah Plastik saat Liburan, Ayo Sayangi Lingkungan!

Liburan memang seru. Apalagi kalau liburannya rame-rame. Namun, kamu tentunya sadar kalau acara liburan rame-rame bisa menjadikan sampah plastik menumpuk. Sampah plastik yang menumpuk ini tentunya akan menimbulkan dampak buruk ke lingkungan. Nah, tahukah kamu cara mengurangi sampah plastik saat liburan?

Sebagai sobat tiket yang peduli lingkungan, kamu harus tahu jika penumpukan sampah di lingkungan akan berpotensi menyebabkan masalah yang serius.

Plastik adalah bahan yang membutuhkan waktu sampai puluhan tahun untuk dapat mengalami proses degradasi. Proses panjang itu pun baru bisa terjadi dengan bantuan sinar matahari, tidak bisa langsung memanfaatkan aktivitas biodegradasi dari organisme di dalam tanah.

Terbayang kan sulitnya penguraian sampah plastik ini, sobat tiket?

Maka dari itu kamu harus tahu cara mengurangi sampah plastik saat liburan agar tidak membawa dampak buruk untuk lingkungan.

Ada banyak cara mengurangi sampah plastik saat liburan. Meskipun sebenarnya terlihat sederhana, beberapa cara mengurangi sampah plastik saat liburan ini memiliki dampak yang baik untuk lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengurangi sampah plastik untuk liburan yang perlu kamu tahu.

Simak di sini, kuy!

5 Cara Mengurangi Sampah Plastik saat Liburan

Sobat tiket, berikut ini beberapa cara mengurangi sampah plastik saat liburan yang bisa kamu terapkan.

1. Membawa Botol Air Minum

Cara Mengurangi Penggunaan Plastik Saat Liburan - Membawa botol minum seperti tumblr.

Air adalah kebutuhan tubuh yang harus selalu terpenuhi, termasuk saat kamu liburan. Ketika liburan, kamu bisa saja melakukan banyak aktivitas yang bisa saja menguras tenaga dan membuat kadar air dalam tubuh menurun drastis.

Biasanya, salah satu cara untuk mencegah kekurangan cairan adalah dengan membeli air minum dalam kemasan. Kebanyakan, air minum dalam kemasan dikemas dalam botol plastik. Tentu hal ini akan menambah penumpukan sampah plastik di lingkungan. Benar kan?

Makanya, kamu sebaiknya membawa botol air minum sendiri saat liburan. Sebaiknya kamu membawa botol air minum atau tumbler yang bisa digunakan berkali-kali. Cara ini cukup jitu bukan sebagai cara mengurangi sampah plastik saat liburan?

2. Perbanyak Memakai Kemasan Kertas

Memilih berbagai produk dengan kemasan kertas adalah salah satu alternatif untuk mengurangi penumpukan sampah plastik di lingkungan. Jika kamu membeli makanan atau jajanan di tempat wisata, kamu bisa memilih untuk membawa makananmu dengan menggunakan bungkus kertas.

Namun, akan lebih baik lagi jika di tempat wisata, kamu menghabiskan makanan langsung di tempat makan atau restoran sehingga tidak menambah sampah di lingkungan.

3. Membawa Wadah Makan Sendiri

Cara Mengurangi Penggunaan Plastik Saat Liburan - membawa wadah makan sendiri.

Cara mengurangi sampah plastik saat liburan ini juga cukup jitu untuk kamu terapkan. Bawa wadah makan sendiri untuk mengurangi penggunaan bungkus/kemasan plastik dan kertas.

Bawa wadah makanan yang ringan dan bisa digunakan kembali setelah dicuci. Tentu saja, kamu juga jadi bisa membawa bekal makanan dari rumah kalau kebetulan berwisata ke tempat yang relatif dekat jika memiliki wadah makanan seperti ini.

4. Kurangi Penggunaan Sedotan

Meskipun kelihatannya sepele, ternyata penggunaan sedotan plastik di Indonesia setiap harinya mencapai lebih dari 90 juta batang sedotan. Makanya, jika penggunaan sedotan plastik tidak dikurangi, hal tersebut bisa menjadi ancaman besar untuk lingkungan.

Karena itu, usahakan kamu menghindari penggunaan sedotan yang berlebihan. Jika tidak benar-benar dibutuhkan, lebih baik kamu langsung meminum air dari botol atau gelas tanpa menggunakan sedotan. Lebih ramah lingkungan, kan?

5. Membawa Tas Belanja Bukan Plastik

Cara Mengurangi Penggunaan Plastik Saat Liburan -membawa tas belanja yang bukan plastik

Dewasa ini, sudah banyak toko atau pusat perbelanjaan yang membatasi penggunaan plastik. Ada toko yang menerapkan biaya tambahan jika pelanggan ingin menggunakan plastik, bahkan ada pula yang tidak menyediakan plastik sama sekali.

Untuk mengantisipasi kamu tidak punya kantong belanja saat liburan, lebih baik kamu siap-siap membawa tas belanja dari rumah yang bisa dipakai berulang-ulang. Kamu bisa membawa tas kertas atau tas kain favoritmu untuk berbelanja souvenir atau oleh-oleh di tempat wisata. Lebih praktis dan nggak nyampah, tentunya!

Tetap Go Green Saat Liburan!

Liburan memang menyenangkan, tapi kita harus ingat bahwa kepedulian terhadap lingkungan harus diutamakan. Untuk itu, nggak ada salahnya nih kalau saat liburan kamu juga menginap di hotel yang eco-friendly. Coba kamu tengok list Green Hotel di Indonesia yang ramah lingkungan. Bisa banget kan jadi referensi akomodasi yang nyaman saat liburan?

Jangan lupa ya, kalau mau liburan, pesan hotel hanya di tiket.com. Selain banyak pilihan hotel, tiket.com juga selalu menyediakan banyak promo menarik untuk menghemat bujet liburan.

Jadi, habis ini kamu mau liburan ke mana, sobat tiket?