,

Cari Tempat Belanja Oleh-oleh di Palembang? 4 Tempat Ini Jawabannya

Tempat Belanja Oleh-oleh Palembang – Kota Palembang yang cantik memang teristimewa untuk diulik. Sebagai kota tertua di Indonesia, Venesia dari Timur ini begitu memikat hati wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi setelah Palembang menjadi tuan rumah dari acara Asian Games 2018 dan Motocross Grand Prix (MXGP) 2019.

Nama Palembang diambil dari Bahasa Melayu yang terdiri dari dua kata, yakni “Pa” dan “Lembang”. “Pa” berarti “tempat/ situasi”, sedangkan “Lembang” adalah “tempat yang selalu dibanjiri air sepanjang waktu”. Palembang tak bisa terlepas dari Jembatan Ampera dan Sungai Musi yang merupakan bagian dari identitasnya.

Nah sobat tiket, kalau bicara soal Palembang, kamu tentu akan langsung teringat pada citarasa pempeknya yang lezat. Ya, salah satu kuliner yang paling diminati banyak orang adalah pempek dari Palembang. Perpaduan gurihnya pempek bercampur dengan kuah cukanya yang asam-manis-pedas memang menggugah selera.

Tapi bukan hanya pempeknya aja lho yang menjadi ciri khas Kota Palembang. Selain kuliner pempek, salah satu oleh-oleh dari Palembang yang paling banyak diburu adalah kain songket. Songket adalah kain tradisional asli Palembang yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya di masa lampau.

Kecantikannya bahkan sudah diakui oleh dunia internasional. Dari semua jenis kain tenun yang ada, konon kain songket disebut sebagai ratunya kain. Dalam pembuatannya, songket ditenun dengan menggunakan benang emas. Inilah yang membuat jenis kain ini semakin bernilai dan kerap dijual dengan harga tinggi.

Berburu Oleh-oleh Khas Bumi Sriwijaya

Dua oleh-oleh khas Palembang yang menjadi kesukaan wisatawan adalah pempek dan songket. Selain itu, terdapat juga beraneka aksesoris khas dari Bumi Sriwijaya yang bisa dibawa pulang.

Sejumlah panganan seperti kue engkak ketan, bolu kojo, manan sahmin, bluder, engkak medok, matsuba, engkak kecut dan kue lapan jam juga patut dicoba. Cocok nih buat sobat tiket yang doyan ngemil.

Saat kamu liburan ke sini, nggak lengkap jika tidak membeli cendera mata. Dalam buah tangan, tersimpan kenangan yang bisa kamu ingat lagi di kemudian hari. Nggak cuma buat sendiri aja, kamu juga bisa membawa oleh-oleh dari Palembang untuk dihadiahkan kepada orang-orang tersayang.

Jadi di mana beli oleh-olehnya? Berikut tiket.com berikan referensi sejumlah tempat untuk kamu berwisata belanja di Palembang.

1. Pasar 16 Ilir Barat Permai

Pasar 16 Ilir Barat Permai menjadi sentra kain yang banyak disambangi turis. Berada di kawasan 16 Ilir, di sini tak hanya terdapat kain songket dengan beragam pilihan, tapi juga kain blongsong/ blongket (blongsong songket), jumputan, batik Palembang dan tajung dengan motif yang khas.

Yang asyik, kamu bisa belanja dengan harga murah kualitas terbaik di sini. Karena rata-rata pedagang di pasar ini menjual produknya dengan harga grosir. Untuk urusan harga, semuanya dibanderol bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Di pasar yang lokasinya berada di belakang kompleks Ramayana Palembang ini, terdapat ratusan toko yang menyediakan beragam cenderamata lainnya, termasuk dompet, sarung, sepatu, tas, kasur lihab (sajadah khas Palembang) yang semuany dijual dengan harga miring.

Alamat: Jl. Pasar Baru, 16 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 06.00 pagi sampai 21.00 malam.

2. Pasar Cinde                                          

Pasar Cinde menjadi spot serba ada untuk memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Di pasar tradisional yang sudah berdiri sejak 1958 ini, sobat tiket bisa melihat hiruk-pikuk keramaian hidup masyarakat lokal sambil berburu oleh-oleh.

Pasar bagian dalamnya menyediakan berbagai sayur-mayur, buah-buahan dan keperluan sehari-hari. Sedangkan di bagian luarnya tersedia serba-serbi barang perlengkapan. Banyak wisatawan yang mampir ke sini untuk berburu pempek hingga beraneka macam kerupuk khas Palembang untuk dibawa pulang.

Kamu bisa menemukan oleh-oleh makanan khas Palembang di Pasar Cinde di kios-kios bagian dalamnya. Di sini, tersedia bermacam-macam makanan ringan dan kue khas Ibukota Provinsi Sumatera Selatan, terutama saat pagi hari.

Karena menyediakan berbagai keperluan mulai dari perabotan rumah tangga, barang elektronik, makanan, bibit tanaman, keperluan hewan peliharaan bahkan hingga suku cadang kendaraan bermotor dan pernak-pernik fashion, tak heran jika pasar ini selalu ramai setiap hari.

Alamat: Jl. Jenderl Sudirman No. 80a, 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30114.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 08.00 pagi sampai 17.00 petang.

3. Pempek Candy

Sumber: Shutterstock.com

Pempek ikan asli dari Palembang tentu punya citarasa khas yang berbeda. Pulang liburan tanpa membawa panganan yang satu ini sepertinya tidak lengkap. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk memburu pempek khas Palembang. Salah satunya adalah toko Pempek Candy.

Bermacam-macam pempek mulai dari pempek isi telur kecil, telur besar, kapal selam, lenjer panjang dan kulit, semua tersedia di sini. Pempek satuannya dijual mulai Rp 3 ribu* per buah. Untuk ketahanannya, pempek di sini bisa tahan hingga seminggu jika disimpan di dalam freezer. Jika tidak, pempek dapat bertahan sampai 2 hari.

Tak hanya pempek saja, toko ini juga menyediakan makanan lainnya yang khas Palembang seperti aneka pindang, model serta tekwan. Untuk model dan tekwan bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek Rp 12 ribu per mangkuk. Sedangkan untuk pindang-pindangan bisa diboyong seharga Rp 25 sampai 33 ribu.

Serunya lagi, kamu juga tak hanya bisa membawa pulang pempek sebagai oleh-oleh. Sobat tiket juga bisa menyantap langsung pempeknya di sana.

Alamat: Km. 4, Jl. Jenderal Sudirman No. 21, 20 Ilir D. IV, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.

Waktu Operasional: Buka setiap hari, mulai pukul 07.00 pagi sampai 22.00 malam.

4. Outlet Nyenyes Palembang

Di outlet ini kamu bisa memborong berbagai souvenir kekinian bernuansa Palembang seperti stiker, kaus, hingga gantungan kunci. Banyak turis yang mengincar berbagai kaos serta pernak-pernik yang identik dengan Palembang di sini.

Uniknya lagi, toko ini menjual produk yang berkonsep memparodikan kearifan lokal dan budaya Palembang dalam bentuk kaos. Dengan kualitas dan model yang bagus serta mengikuti perkembangan zaman, tengok sejumlah kaos yang bertuliskan “Wong Kito Galo”, “Emang Gue Palembang”, hingga gambar ikon kotanya, Jembatan Ampera.

Semua kaos dibanderol dengan harga bervariasi, baik untuk anak maupun orang dewasa. Umumnya, harga per kaos mulai dari Rp 85.000/buah. Kamu bisa menemukan toko Nyenyes di pusat dan ketiga cabangnya yang berlokasi strategis dan mudah dicapai.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 1080, Sungai Pangeran, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30114.

Cabang:

 Jl. Kapten A. Rivai No. 28E, 26 Ilir D. I, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30135.

–  Jl. Merdeka No. 202, 22 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113.

 Jl. Demang Lebar Daun No. 1, Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151.

Waktu operasional: Buka setiap hari, mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam.

Ayo Jalan-jalan Seru ke Palembang!

Nah sobat tiket sekarang nggak perlu bingung lagi kan, mau belanja oleh-oleh di Ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini. Jika sudah menentukan waktu yang tepat untuk liburan, kamu juga bisa pesan tiket pesawat ke Palembang dari tiket.com agar perjalananmu jadi lebih mudah.

Persiapan untuk jalan-jalan dan belanja oleh-olehnya sudah kamu kantongi. Supaya tambah lengkap dan hati senang, tambahkan lagi rekomendasi kulineran ke 10 Tempat Wisata Kuliner di Palembang, kelezatannya bikin selalu terbayang-bayang!

*Harga saat artikel ditulis