,

Habiskan Waktu Jelajah dan Belanja di Khao San Road

Belanja di Khao San Road adalah surga bagi para pelancong dan backpacker. Mungkin, kalimat ini familier banget di telinga sobat tiket. Ternyata, kawasan yang sangat populer berkat film The Beach yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio pada tahun 2000 silam ini memang menjadi tempat berkumpul para pelancong backpacker dari seluruh penjuru dunia.

Khao San Road sendiri adalah nama sebuah jalan yang ada di Distrik Phra Nakhon di kawasan Banglamphu. Nama ‘Khaosan” diartikan sebagai ‘penggilingan padi’. Katanya, dahulu jalanan ini memang digunakan sebagai tempat jual beli alias perdagangan padi. Lalu, apa saja yang bisa didapat kalau belanja di Khao San Road ini ya?

Jelajah Khao San Road, Surga Para Backpacker

Sobat tiket perlu tahu, bisnis paling pertama yang berkembang di jalanan Khao San Road adalah penginapan. Tujuannya menjadi tempat beristirahat bagi pedagang yang ingin melakukan bisnis di kawasan ini. Seiring waktu, muncul toko yang menawarkan benda-benda religi, sehingga menjadikan kawasan ini sebagai ‘Jalan Religi’.

Lama-lama, bermunculan toko lain yang menawarkan beragam benda disusul dengan hotel, restoran, bar, dan fasilitas penunjang lainnya. Kabar tentang kawasan Khao San Road yang sering dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia karena fasilitasnya yang lengkap dengan harga terjangkau pun tersebar, membuat tempat ini jadi surga untuk para backpacker.

Namun, perkembangan demi perkembangan disusul dengan kecanggihan teknologi membuat jalanan Khao San Road kini tak hanya populer di kalangan backpacker semata. Kamu bisa menjumpai beragam wisatawan memadati tempat ini. Backpacker masih merajai, disusul dengan para budget traveler, hingga wisatawan kelas atas yang senang menyeret koper.

Daya tarik utama dari Khao San Road ini tentu saja semuanya yang harganya murah. Penginapan dengan harga yang pas banget di kantong, restoran dan tempat makan yang harganya masih begitu bersahabat, hingga fasilitas pelengkap seperti tempat pijat, toko suvenir, dan toko buku. Belanja di Khao San Road dijamin nggak bikin miskin!

Tidak hanya itu, Khao San Road juga sangat terkenal karena lokasinya yang terbilang begitu strategis. Kawasan ini tidak jauh dari Kota Tua Bangkok, sekitar 1 kilometer saja. Tentu saja, ada banyak atraksi menarik yang bisa kamu kunjungi selama berada di sini. Termasuk Wat Phra Kaew, Bangkok National Museum, dan Grand Palace.

Mencicipi Beragam Kuliner Street Food Murah Meriah

Sumber: Shutterstock.com

Ketika siang hari, kamu mungkin mendapati Khao San Road yang tenang dan lengang. Namun, cobalah terjaga sampai malam. Semakin larut, kawasan ini akan semakin hidup. Mata-mata terjaga, tawa-tawa membahana di antara dentingan gelas yang saling beradu, sendok dan garpu yang saling menyatu, dan mulut yang tak berhenti mengunyah.

Semakin malam menjelang, kamu akan menemukan semakin banyak pedagang makanan di kawasan Khao San Road. Street food, begitulah para pedagang ini menyebut makanan yang mereka tawarkan, karena memang dijual di pinggir jalan. Sebagian besar makanannya mungkin rasanya tidak jauh beda dengan masakan Indonesia, tetapi tetap saja punya cerita dan cita rasa yang unik.

Kalau kamu ingin mengisi perut sembari mendapatkan pengalaman kulineran di Thailand yang tidak terlupakan, ada satu tips buatmu. Cobalah makanan tradisional Thailand, karena rasa rempahnya yang begitu kuat akan membuatmu tak henti mengingat betapa tempat ini sangat hebat.

Nah, tidak ketinggalan, makanan ringan favorit masyarakat lokal Thailand, satai serangga goreng. Euhh, apa rasanya? Enak, sih, katanya. Di Thailand, ada lebih dari 20 ribu petani serangga yang membiakkan jenis serangga yang bisa dimakan. Hmm, berani mencoba, nggak, sobat tiket?

Belanja di Khao San Road, Dapat Baju dan Suvenir

Sumber: Shutterstock.com

Selain makanan, sobat tiket juga bisa mendapatkan pakaian dan aneka suvenir murah meriah ketika belanja di Khao San Road. Pedagang pakaian berikut aksesori di kawasan ini sama banyaknya dengan penjaja makanannya. Kamu cuma perlu menyiapkan tenaga ekstra dan air minum. Jalan-jalan malam memang seru, tapi tetap saja melelahkan.

Katanya, kawasan Khao San Road ini cocok banget buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak. Ya, siapa tahu kan, kamu punya teman yang jumlah bejibun. Belum lagi keluarga dan saudara. Kalau masih kurang murah harganya nih, coba saja tawar, siapa tahu bisa dapat harga yang beneran bersahabat.

Kebanyakan produk yang dijual di Khao San Road adalah pakaian seperti kaus dengan lambang negara Thailand atau ikon-ikon dari negara ini. Ada gambar gajah, pagoda, dan masih banyak lagi. Namun, kalau kamu mencari dengan teliti, kamu juga bisa mendapatkan beragam aksesori unik, mulai dari gantungan baju hingga sandal jepit.

Kalau masih kurang tempat belanjanya, masih ada tempat lain yang direkomendasikan buat kamu nih, sobat tiket. Namanya Banglamphu Market, lokasinya nggak terlalu jauh dari kawasan Khao San Road ini. Bisa juga mampir ke Soi Rambuttri, kawasan yang jauh lebih tenang dan lebih tradisional. Di sini juga banyak penjual pakaian pun pernak-pernik.

Sebelum Pulang, Buat Tato Unik di Badan

Kamu boleh percaya, boleh juga tidak. Namun, membuat tato menjadi salah satu aktivitas yang sangat populer di kawasan Khao San Road. Banyak sekali ahli pembuat tato di kawasan ini, tinggal kamu pilih, datangi, dan katakan tato macam apa yang hendak dilukis di badan. Kamu bisa membuat tato permanen atau temporer, bergantung keinginan saja.

Namun, pasti tidak semua pelancong bisa membuat tato, ya. Ada beberapa larangan dari kepercayaan tertentu yang melarang rajam tubuh ini. Kalau sobat tiket termasuk salah satunya, melihat prosesnya juga tidak masalah, kok. Perhatikan bagaimana tangan-tangan ajaib sang seniman mengukir dan menggambar di atas tubuh.

Nah, puas jalan-jalan, badan pasti pegal-pegal. Sebelum kembali ke penginapan, ada baiknya sobat tiket juga menjajal nikmatnya fasilitas pijat di jalan kecil Thailand ini. Sama halnya dengan pedagang makanan, pakaian, dan ahli tato, Khao San Road juga punya banyak sekali tempat pijat tradisional ala Thailand.

Liburan Menyenangkan ke Thailand untuk Pemula

Namun, kalau ke Thailand, kamu juga perlu waspada, sobat tiket. Nggak ubahnya macam Jakarta, tempat ini juga ramai banget dan punya tingkat penipuan yang terbilang tinggi, terlebih untuk para pelancong. Tentunya, kamu perlu ekstra hati-hati kalau main ke sini.

Supaya kamu nggak ketipu atau nggak salah tingkah pas pertama main ke Thailand nantinya, nih ada tips liburan ke Negeri Gajah Putih buat pemula. Jadi, main juga harus ada ilmunya. Salah satunya kalau beli tiket pesawat dan sewa hotel, lebih tepat pakai aplikasi tiket.com. Dijamin murah dan terpercaya, deh!