,

6 Air Terjun Bertingkat Thailand, Cantiknya Bikin Speechless

Menikmati alam Thailand akan terasa kurang lengkap jika kamu tidak menjelajahi taman nasionalnya yang memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Tersebar di berbagai penjuru daerah, air terjun Thailand sangatlah eksotis dan bikin rileks.

Daerah di sekeliling air terjun biasanya juga bisa menjadi area camping buat kamu yang ingin mencoba bermalam di bawah kelap kelip bintang. Asik banget kan ya?

Beberapa air terjun memang tidak mudah banget untuk dicapai tapi semua worth it dan fasilitas di tempat wisata tersebut bisa dibilang sudah memadai. So, tunggu apa lagi. Mulai petualangan kamu di Thailand dengan eksplor air terjunnya.

Air Terjun Cantik di Thailand yang Bikin Rileks

Kebanyakan air terjun yang super cantik ini masuk dalam kawasan taman nasional. Jadi, selain mengunjungi air terjunnya buat bersantai dan main air yang segernya nggak usah ditanya lagi, kamu bisa jelajah taman nasionalnya juga yang asri.

Udah ga sabar ke Thailand? Kamu bisa cari akomodasi yang kamu inginkan di tiket.com. Oh ya, tiket.com juga sudah merangkum 6 air terjun yang bisa kamu datangi saat main ke Thailand. Mari dibaca, sobat tiket.

1.  Air Terjun Erawan

Air terjun memesona ini berada di Taman Nasional Erawan. Kamu pasti speechless saat melihat keindahannya karena air terjun ini airnya berwarna biru dan memiliki 7 tingkat! Air Terjun Erawan terletak di Kota Kanchanaburi di barat Bangkok. 

Banyak ikan juga lho yang tinggal di kolam air terjun yang sangat terkenal di kalangan warga lokal dan wisatawan mancanegara serta tentu saja para petualang yang suka camping! Dikelilingi dengan pepohonan rindang, suasana di sini tuh tenang dan cocok banget untuk menghilangkan penat. 

Kalau datang ramai-ramai, coba camping deh di sini, sobat tiket. Kamu bisa sewa tendanya kok dengan harga mulai dari 90 baht yang muat sampai 6 orang. 

Oh ya, pengunjung air terjun biasanya main air atau berenang di tingkat satu sampai tiga aja soalnya masih bisa dicapai dengan mudah. Tapi kalau kamu suka tantangan, boleh nyoba ke tingkat tujuh yang dijamin suasanya gak seramai tingkat bawah. 

Akses           : naik bus dari Southern Bus Terminal Bangkok ke Kanchanaburi terus ke Taman Nasional Erawan

Jam Buka     : 08.00-16.30

Tiket Masuk  : 400 baht/orang*

2. Air Terjun Nang Rong

Sumber: Shutterstock.com

Berlokasi di Hin Tang, air terjun Nang Rong ini bagian dari Taman Nasional Khao Yai. Air terjun ini jernih airnya dan seger banget. Air terjun ini gak terlalu tinggi cuma airnya cukup deras. 

Ada kolam-kolam kecil dimana para pengunjung bisa berendam sambil melihat bebatuan yang tertimpa hujanan air terjun dan pepohonan hijau yang berkilauan karena sinar matahari.  

Air terjun ini ramai dikunjungi saat musim hujan karena airnya lumayan deras dan gemericik airnya nggak bisa santai. Cuma memang pengunjung harus lebih hati-hati saat kesini pas musim hujan karena hal tersebut. Kalau musim kering, airnya nggak banyak dan percikan airnya juga gak terlalu fantastis. 

Fasilitas di sini lengkap kok, ada toilet, restoran, tempat parkir bahkan guest house. Jadi, jangan lupa mampir yak. 

Akses           : naik bus dari Terminal Bus New Mochit ke Terminal Bus Nakhon Nayok. Habis itu lanjut naik transportasi lokal ke air terjun

Jam Buka     : 24 jam

Tiket Masuk  : 10 baht/orang*

3. Air Terjun Koh Luang

Airnya berwarna biru kehijauan, jatuh dari tebing setinggi 20 meter yang memiliki 7 tingkatan. Air Terjun Koh Luang ini terletak di Taman Nasional Mae Ping, kira-kira 3,5 jam berkendara dari Chiang Mai. 

Di bawah air terjun ada kolam yang besar dimana pengunjung bisa berenang merasakan sejuknya air. Airnya dalam lho, sobat tiket sekitar 8 meter. Jadi kalau nggak bisa berenang, kamu duduk-duduk aja di pinggir kolam ini. Udara di sini dan bau airnya tuh seger banget lho. 

Oh ya, di sini juga pengunjung nggak boleh melompat ke kolam dari tebing soalnya dalem banget. Ada jalan setapak terbuat dari kayu dan dipagari buat menuju kolam air terjun. Kamu bisa asik foto-foto disitu dengan latar air terjun dan kolamnya. Bagus bangett. 

Di dekat air terjun juga ada gua batu kapur yang bisa kamu kunjungi. 

Akses           : naik kendaraan bermotor dari Chiang Mai via Highway No.1087, belok kiri di persimpangan Ban Kho Tung. 

Jam Buka     : 08.00-16.30

Tiket Masuk : 200 baht/orang*

4. Air Terjun Mae Ya

Sumber: Shutterstock.com

Air Terjun Mae Ya adalah air terjun yang masih jarang terjamah oleh wisatawan. Meski belum terkenal, tempat ini sangat bagus dan mempesona dengan panorama alam yang masih super alami. 

Terletak di Taman Nasional Doi Inthanon di Provinsi Chiang Mai, air terjun ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dari pusat kota atau 1,30 menit dengan kendaraan bermotor. 

Air terjun ini bertingkat tingkat, dengan bentuk seperti anak tangga raksasa yang bagus banget. Di sekeliling air terjun terdapat pohon-pohon yang rindang menyejukkan suasana. Pemandangannya kayak lukisan, sobat tiket. 

Tempat ini sangat cocok buat yang mau cari ketenangan dan melupakan sejenak hiruk pikuk kota dan segala rutinitasnya. 

Akses          : naik kendaraan bermotor dari Chiang Mai via Chiang Mai-Hod No.108 lalu masuk ke Highway No.1009 

Jam Buka    : 08.00-17.00

Tiket Masuk : 200 baht/orang* 

5. Air Terjun Khlong Lan

Air terjun ini merupakan salah satu destinasi favorit di Kamphaeng Phet dan terletak di dalam area Taman Nasional Khlong Lan. Jaraknya sekitar 365 kilometer atau 5 jam berkendara dari Bangkok. 

Sumber: Shutterstock.com

Dengan ketinggian 100 meter, air terjun Khlong Lan ini sangat cantik. Airnya yang jatuh ke kolam terlihat sangat eksotis saat tertangkap kamera. 

Para pengunjung bisa berenang di kolam di tingkat paling bawah, tingkat kedua dan ketiga. Paling mantap kesini pas musim hujan di bulan Juli sampai Oktober karena airnya bakalan deras dan seger banget. 

Kamu harus banget sih mampir kesini karena Khlong Lan merupakan air terjun terbesar di Thailand. Nggak bakal nyesel karena airnya jernih banget dan kamu pasti enjoy. Fasilitas seperti toilet dan warung-warung yang jual cemilan juga ada. 

Akses           : naik kendaraan bermotor dari Kamphaeng Phet lewat Highway 1 lalu belok ke Route 1117 ke Desa Khlong Lan

Jam Buka     : 08:30 – 16:30

Tiket Masuk : 200 baht/orang* 

6. Wat Namtok Hin Lad

Air Terjun dan kuil Hin Lad terletak di Kota Nathon, Samui sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Tempat wisata ini unik karena selain air terjun, ada juga kuil Buddha! Tempat ini sangat peaceful dan kamu bisa melihat patung-patung Buddha saat berkeliling area ini. 

Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit jalan kaki saat kamu sampai di lokasi. Jangan lupa bawa air minum! Kamu bisa berenang di kolam buat ngadem. Airnya jernih dan banyak bebatuan dimana kamu bisa duduk bersantai sambil menghirup udara segar. 

Kamu juga bisa mampir ke kuil dan bermeditasi. Tempat ini cukup ramai dikunjungi lho oleh orang Thailand yang mencari ketenangan. Ada kebun dan jembatan yang bisa kamu kelilingi juga. Pokoknya top markotop tempat ini. 

Kamu bisa sewa kendaraan bermotor untuk mengunjungi air terjun dan kuil di sini. 

Lokasi          : Ang Thong, Ko Samui District, Surat Thani 84140, Thailand

Jam Buka.   : 08:30 – 17.00

Tiket Masuk : Gratis

Bisa kebayang segarnya! Kuy, pesan tiket pesawatmu di tiket.com. Kalau suka jelajah pulau, bisa coba cari tau tentang James Bond Island di Thailand! Liburanmu pasti makin memorable deh!

*harga saat artikel ditulis