,

Air Terjun Benang Kelambu, Nikmati Ketenangan Alam Lombok yang Memikat

Lombok dan eksotisme pantainya menjadi sebuah magnet yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, selain pantai, masih ada banyak wisata alam yang bisa dieksplor, lho. Mulai dari gunung, bukit, air terjun, hingga taman.

Salah satu yang menarik buat disinggahi adalah air terjun Lombok yang konon menyembunyikan sebuah kecantikan. Indah alam berpadu jernihnya air bagai kristal menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun tersebut. Buat kamu yang mau liburan ke Lombok, air terjun ini wajib masuk list, ya!

Menjelajah Indahnya Air Terjun Benang Kelambu

Ada banyak pilihan wisata alam mengagumkan yang bisa dikunjungi di Lombok. Selain deretan pantai eksotis yang menggoda, ada pilihan lain yang nggak kalah seru buat dikunjungi. Salah satunya, kamu bisa menikmati keindahan air terjun di Lombok.

Satu yang populer di telinga wisatawan adalah Air Terjun Benang Kelambu, nih, sobat tiket. Kamu sudah pernah dengar atau baca soal tempat cantik ini? Kalau belum, yuk menjelajah air terjun satu ini bersama tiket.com!

1. Menepi dari Keramaian dan Menenangkan Diri di Benang Kelambu

air terjun benang kelambu
Sumber: shutterstock.com

Air terjun mungkin jadi destinasi wisata alam yang nggak asing bagi beberapa orang. Kalau kamu sedang berada di Lombok, ada sebuah air terjun yang paling terkenal yang wajib banget untuk dikunjungi, lho, sobat tiket.

Air terjun satu ini memiliki sebuah keunikan tersendiri, lho. Yaitu aliran airnya yang terlihat bagaikan benang-benang kelambu pada tirai. Suara airnya terdengar jauh lebih halus dibandingkan air terjun kebanyakan. Air terjun ini juga melebar menyerupai tirai atau kelambu dalam bahasa Lombok.

Buat kamu yang sedang ingin melepas penat, menyepi, dan merasakan ketenangan, air terjun unik ini merupakan pilihan yang sempurna. Keunikan lainnya, aliran air di sini ternyata berasal langsung dari mata air, lho, sobat tiket. Jumlah mata airnya begitu banyak, hingga membuat air terjun ini nampak seperti keluar dari celah tebing diantaranya rimbunnya semak dan tumbuhan kehijauan.

Selain itu, masyarakat setempat juga meyakini kalau air terjun ini bisa memberikan tuah tertentu bagi siapapun yang mau mandi dan berendam di sana. Mereka percaya, mandi di tempat ini bisa mendatangkan kesembuhan dari berbagai penyakit dan awet muda.

Kepercayaan ini nggak lepas dari keyakinan bahwa sumber air yang ada di tempat ini sebenarnya berasal dari danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani, lho.

2. Singgah Sejenak di Air Terjun Setokel

air terjun benang kelambu
Sumber: shutterstock.com

Sesampainya di pintu masuk, kamu akan dikenai biaya retribusi kurang lebih sebesar Rp5.000 untuk mengakses air terjun. Setelah melewati pintu masuk, hamparan rimbun pepohonan yang begitu rindang akan menyambut. Akses menuju lokasi air terjun sudah dibangun dengan baik agar pengunjung bisa langsung menuju tujuan dengan mudah.

Setelah itu, kamu masih harus berjalan sejauh 500 meter sebelum mencapai lokasi air terjun nih, sobat tiket. Di tengah perjalanan, kamu akan mendengar suara gemuruh air terjun yang riuh. Namun, ternyata suara itu berasal dari Air Terjun Benang Setokel yang ada di lokasi yang sama. Sebelum mencapai tujuan, kamu juga bisa kok, sobat tiket, mampir ke air terjun ini.

Buat yang penasaran dengan Air Terjun Benang Setokel seperti apa, air terjun ini memiliiki dua terjunan. Masing-masing ketinggiannya sekitar 20 meter. Keindahan lainnya, airnya begitu jernih dan segar hingga kamu bisa melihat dasar kolam!

Setelah mengunjungi Benang Setokel, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Benang Kelambu dengan berjalan sejauh 1 km. Jangan khawatir lelah, kamu akan selalu dibuat terpesona dan kagum dengan keindahan rimbun hutan yang ada kok, sobat tiket.

Selain itu, kamu juga bakal menemui area perladangan warga setempat yang ditanami beragam tanaman. Sekitar 100 meter sebelum lokasi air terjun, jalanan akan mulai menanjak. Kamu akan menaiki tangga-tangga untuk mencapai puncak. Tangga ini bersisian dengan parit berair jernih.

Saat sampai di lokasi, keindahan benang kelambu pasti bakal membuatmu berdecak kagum. Air seolah-olah menelusup kemudian keluar dari rimbun tumbuhan. Sebenarnya, air terjun ini berasal dari banyak mata air yang keluar langsung dari celah sepanjang tebing. Namun, karena tebing tertutup sepenuhnya oleh tumbuhan, maka terlihat seolah air tersebut keluar dari sana.

3. Keindahan Air Terjun yang Mengalir Langsung dari Mata Air

air terjun benang kelambu
Sumber: shutterstock.com

Air terjun ini memiliki 3 tingkatan, lho, sobat tiket. Sehingga membuatnya terlihat lebih pendek dari tinggi sebenarnya. Tingkat paling atas, aliran airnya berasal langsung dari mata air dengan ketinggian sekitar 30 meter. Tingkat kedua memiliki tinggi sekitar 10 meter dan yang terakhir hanya 5 meter.

Air terjun ini nampak semakin cantik dengan adanya rimbun tetumbuhan hijau disekitarnya. Membawa aura menenangkan yang magis, terutama diselingi suara deru air yang cenderung tenang.

Berbeda dengan Benang Setokel, Benang Kelambu nggak memiliki kolam. Namun, tenang aja sobat tiket. Karena ada kolam tampungan yang sengaja dibuat di area ini. Kolam ini biasanya dimanfaatkan untuk mandi atau berendam oleh wisatawan. Nggak hanya bisa berenang, bahkan kamu juga bisa meminum air kolam tersebut, sobat tiket.

Jika ingin menikmati keindahan dari sudut pandang berbeda, kamu bisa menjauh sedikit dari air terjun. Lalu, naiki bebatuan di sekitar sana untuk menyaksikan pemandangan yang lebih memanjakan mata. Sambil bersantai, kamu bisa meresapi ketenangan yang damai dan menyejukan. Namun, kamu harus berhati-hati agar nggak terpeleset, ya.

Lokasi dan Estimasi Perjalanan

Tertarik untuk merasakan ketenangan Air Terjun Kelambu ini? Letaknya di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah pulau Lombok. Lokasi tepatnya berada di Dusun Pemotong, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara. Air terjun ini berjarak 32 km dari Kota Mataram dengan estimasi sekitar 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan.

Kamu bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Namun sayangnya, kamu hanya bisa mengakses air terjun ini dengan menyewa kendaraan nih, sobat tiket. Karena nggak ada kendaraan umum yang melintas di kawasan ini. Takut tersasar? Kamu juga bisa menanyakan lokasi tepatnya pada penduduk sekitar kok, sobat tiket.

Rute yang akan dilalui dari pusat Kota Mataram sebenarnya cukup mudah. Dari pusat Kota Arahkan kendaraan menuju ke Taman Narmada. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan Batukliang. Lalu belok kiri menuju ke Desa Aik Berik. Sesampainya di Desa Aik berik, lokasi parkir area air terjun sudah tidak terlalu jauh kok.

Sedangkan jika kamu berangkat dari arah Lombok Tengah, dari Bandara Internasional Lombok, berkendaralah ke arah Mantang melalui Jalan Raya Praya-Mantang hingga sampai di Desa Selebung. Kemudian belok kiri menuju Montong Dao, lalu belok kanan sampai Pasar Teratak-Batukliang Utara. Lokasi tujuan sudah nggak jauh dari sini, sobat tiket.

Nggak Hanya Pantai, Air Terjun Lombok Juga Seru Dikunjungi!

Meski pantai Lombok terkenal begitu indah dan memesona, namun ada beberapa tempat wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi lho. Seperti Air Terjun Benang Kelambu di Lombok yang sudah tiket.com bahas di atas.

Selepas menikmati pesona alam air terjun yang sangat indah, kamu bisa lanjut berburu kecantikan sunset di Lombok. Intip rekomendasi tempat menyaksikan sunset terbaik di Lombok ini nih. Tertarik buat mengeksplor Lombok? Kuy, sewa mobil di Lombok lewat tiket.com