menu takjil unik khas daerah

,

5 Menu Takjil Unik Khas Daerah

Kamu mau berbuka puasa dengan menu takjil unik apa hari ini? Pastinya sebelum menyantap makanan berat, kamu harus lebih dulu menyantap makanan pembuka agar perutmu nggak kaget, dong. Tentu kamu udah tahu kalau makanan pembuka untuk berbuka puasa itu sebaiknya adalah makanan yang manis. Ya, kan?

Nah, kamu beruntung karena Indonesia memiliki beragam makanan dan minuman khas yang bisa dipilih untuk dicicipi saat berbuka puasa. Jadi, biar kamu nggak merasa bosan dengan makanan dan minuman yang itu-itu saja saat berbuka puasa, ada baiknya kalau kamu mulai mencoba berburu menu takjil unik khas daerah yang bisa membuat kamu ketagihan dengan rasanya.

Mungkin kamu punya daftar menu buka puasa khas Indonesia yang pasti ada selama Ramadhan di rumah kamu. Namun kalau belum, berikut ini beberapa jajanan takjil unik khas daerah yang bisa kamu jadikan teman untuk berbuka puasa. Mungkin ada salah satu jajanan takjil unik favorit kamu di sini. Apa aja, ya?

Kicak

Jajanan takjil unik tradisional legendaris khas kota Yogyakarta ini hanya dijual selama bulan Ramadhan saja, lho. Jajanan takjil unik Kicak ini dulunya dibuat dari singkong. Namun, kini Kicak banyak diolah dari ketan yang dicampur dengan kelapa parut, gula, vanilli, garam, daun pandan masak dan potongan kecil buah nangka.

Rasa jadah yang gurih pada makanan takjil unik ini berpadu dengan kerenyahan parutan kelapa. Tambahan rasa gula yang terasa manis membuat makanan takjil unik yang satu ini nikmat banget buat disantap. Yang membuat istimewa tentu adalah potongan nangka dan daun pandan sehingga aroma Kicak sangat menggoda sebagai menu pembuka saat berbuka puasa.

Makanan takjil unik yang satu ini dapat dengan mudah kamu temukan di Pasar Sore Ramadhan Kauman di Yogyakarta. Barangkali kamu bisa mencicipi Kauman nih kalau pas jalan-jalan ke Jogja. Jangan lupa, beli tiket pesawat ke Jogja hanya di tiket.com, ya.

Menu Takjil Unik Khas Daerah - Kicak

Bubur Kampiun

Bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima hingga ketan hitam bercampur dalam satu mangkuk itulah bubur kampiun khas Minangkabau. Campuran berbagai macam jenis bahan makanan tersebut jelas menghasilkan perpaduan rasa manis, legit, dan gurih pada makanan takjil unik bernama Bubur Kampiun.

Bubur Kampiun yang isinya sangat komplit ini dapat dengan mudah kamu temukan di kota-kota lain di Indonesia. Bubur kampiun berasal dari bahasa Belanda ‘Kampioen’ yang artinya pemenang. Mengapa dinamakan seperti itu, karena pencipta bubur ini menang dalam kontes lomba memasak di tahun 60an, jadi disebut sebagai ‘kampiun’. Hebat juga, ya?

Menu Takjil Unik Khas Daerah - Bubur Kampiun

Es Pallu Butung & Es Pisang Ijo

Inilah duo menu takjil unik yang paling terkenal dari Sulawesi Selatan, meski namanya berbeda namun keduanya sama-sama berbahan dasar pisang. Dua minuman takjil unik ini sama-sama terbuat dari pisang, es pallu butung & es pisang ijo memiliki perbedaan yang mudah ditemukan.

Jika es pallu butung tidak memiliki lapisan kulit berwarna hijau, maka es pisang ijo memiliki lapisan kulit berwarna hijau yang tebuat dari tepung beras. Sisanya tinggal menambahkan es serut, sirup coco pandan dan susu kental manis.

Menu Takjil Unik Khas Daerah - Es Pallu Butung & Es Pisang Ijo

Es Selendang Mayang

Menu takjil unik khas Betawi yang terkenal karena rasanya yang segar. Es Selendang Mayang adalah minuman takjil unik dengan rasa yang menggugah selera dan pasti membuat rasa haus dan lapar hilang seketika setelah kamu menyantapnya.

Perpaduan kuah santan, gula dan potongan selendang mayang yang terbuat dari sagu, tepung beras, atau tepung hunkwe sangat nikmat diminum saat bedug magrib. Meski tergolong salah satu minuman takjil unik yang sudah cukup sulit untuk ditemukan, kamu masih bisa menemukan menu takjil unik yang satu ini di kawasan Kota Tua atau pada event-event maupun hajatan Betawi di Jakarta.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencicipi minuman takjil unik bernama Es Selendang Mayang ini?

Menu Takjil Unik Khas Daerah - Es Selendang Mayang

Lamang

Lomang (Batak), lemang (Melayu) dan lamang (Minangkabau) adalah tiga nama yang diucapkan dan ditulis mirip untuk menunjukkan nama satu hal. Lemang (selanjutnya, baca: Indonesia) adalah suatu metode memasak beras menjadi nasi dengan menggunakan wadah bambu.

Sebenarnya ada dua cara untuk menyantap lemang tapai ini, pertama bisa dicocol dengan tapai hitam atau diiris tipis, bisa juga dimakan bersama srikaya, selai atau durian. Perpaduan air ketan hitam dan lemang yang gurih memberikan sensasi tersendiri pada lidahmu. Pasti kamu bakal ketagihan deh sama rasanya.

Menu Takjil Unik Khas Daerah - Lamang

Nah, itu tadi beberapa menu takjil unik khas daerah di Indonesia yang bisa kamu pilih buat buka puasa nanti. Kalau kamu lebih suka menu takjil unik yang mana, nih, Sobat Tiket?