,

Pesona Ranu Kumbolo, Danau Cantik di Lereng Gunung Semeru

Selain dapat menghilangkan stress, liburan juga bisa jadi momen mencoba hal baru untuk kamu, sobat tiket! Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mendaki gunung. Aktivitas ini bisa saja terdengar sangat asing, apalagi untuk sobat tiket yang biasa hidup di perkotaan.

Salah satu gunung yang sering menjadi destinasi hiking para pendaki adalah Gunung Semeru. Di sana terdapat danau cantik yang membius mata bernama Ranu Kumbolo. Mau tahu bagaimana keindahan tempat ini? Simak terus di bawah ya!

Sumber: shutterstock.com

Perjalanan Menuju Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, dengan ketinggian kurang lebih 2.400 meter di atas permukaan laut. Meski jauh dari pusat kota, akses jalan menuju Ranu Kumbolo cukup mudah diakses dengan menaiki transportasi umum menuju ke daerah Tumpang. 

Setelah sampai di Terminal Tumpah, kamu akan disambut dengan banyaknya penyedia jasa antar mobil yang siap mengantarkan kamu hingga sampai ke Ranu Pani, titik awal pendakian menuju ke Ranu Kumbolo. 

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo dari Ranu Pani bisa dilakukan dengan mendaki. Sebelum memulai pendakian, jangan lupa cek kelengkapan alat dan perlengkapan mendaki, agar perjalanan lebih aman dan nyaman ya. 

Dalam kondisi cuaca yang normal, perjalanan dari Ranu Pani menuju Ranu Kumbolo akan memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Bagi sobat tiket yang masih pemula, kamu bisa menempuh perjalanan yang santai dengan waktu tempuh sekitar 5 jam hingga sampai ke tujuan. 

Siapkan diri untuk terpana dengan pemandangan yang memukau di sepanjang jalur daki deretan pohon pinus, cemara, dan pohon hijau lainnya siap menemani perjalananmu. Pemandangan indahnya bisa bikin rasa capek hilang, dan kamu makin semangat melanjutkan perjalanan. 

Saat sampai di Ranu Kumbolo, kamu akan langsung disambut oleh indahnya danau berair tenang, yang dikelilingi oleh bukit dan padang rumput hijau. Sejuknya udara pegunungan juga akan menghilangkan penat dan letih setelah mendaki. 

Hamparan Bintang di Langit Ranu Kumbolo

Sumber: shutterstock.com

Danau Ranu Kumbolo adalah salah satu tempat yang dikenal memiliki keindahan panorama di malam hari. Karena pesona indahnya, banyak pengunjung dari berbagai penjuru yang sengaja berkunjung dan ingin menyaksikan hamparan bintang yang gemerlap dan berkilauan. 

Untuk menyaksikan keindahan bintang di langit Ranu Kumbolo, kamu bisa mendirikan tenda di sekitar area danau. Eits, jangan sembarangan, ya! Ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan oleh para pendaki yang ingin bermalam di area danau. 

Meskipun terdapat banyak area kosong di sekitar danau, pendaki hanya boleh mendirikan tenda di dua area saja, yakni di area savana dekat Pos 4, dan di sekitar shelter dekat bukit Ranu Kumbolo. Selain kedua area tersebut, tanah di sekitar danau dianggap sakral dan keramat oleh masyarakat sekitar. 

Demi keamanan dan kelestarian area danau, pendaki yang berkemah juga tidak boleh menyalakan api unggun. Hal ini karena ditakutkan, kayu yang digunakan untuk membuat api unggun akan merusak alam di sekitar danau. 

Kamu nggak perlu khawatir, karena tim penjaga di sekitar danau akan menyediakan satu api unggun bersama yang bisa kamu gunakan untuk menghangatkan diri. 

Menurut kepercayaan dan mitos warga sekitar percaya bahwa air yang ada di danau Ranu Kumbolo adalah air suci keramat. Inilah yang membuat pendaki yang datang tidak diperbolehkan untuk berenang di danau ini. Tapi tenang, memandang keindahan danau sudah lebih dari cukup kok. 

Peraturan yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan. Tersedia kamar mandi dan WC umum yang bisa digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, dan mencuci alat masak dan makan yang digunakan. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya, agar keindahan alam tidak tercemar oleh sampah yang berserakan. 

Selain itu, kelengkapan peralatan mendaki juga sangat penting untuk dipersiapkan. Salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah pakaian tebal. Kenapa? Suhu di area Ranu Kumbolo bisa mencapai 5 derajat celcius. Kalau sobat tiket tidak terlalu tahan dengan udara dingin, nggak ada salahnya untuk membawa cadangan baju tebal yang lebih banyak. 

Setelah nyaman dan hangat, kamu bisa asyik menikmati keindahan alam di Danau Ranu Kumbolo yang begitu indah. Hamparan bintang yang tersebar di angkasa, bisa membuat kamu terlena dan semakin betah di sana. 

Menyaksikan Matahari Terbit Nan Cantik

Sumber: shutterstock.com

Selain hamparan bintang yang berkilauan, kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit dengan pemandangan yang tidak kalah bagusnya. Suasana tenang, udara sejuk, dan sinar keemasan yang perlahan muncul dari sela sela bukit, dijamin bisa membuat pagi hari semakin menyenangkan. 

Pemandangan lereng gunung akan semakin indah dengan hiasan kabut yang mengelilingi area danau. Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa mengabadikan momen lewat foto kekinian dengan danau cantik sebagai latarnya. 

Setelah puas menikmati keindahan panorama, kamu bisa berkeliling area danau dan berkunjung ke Tanjakan Cinta. Tak hanya menawarkan pemandangan indah dan terjalnya jalur daki yang cukup menantang, Tanjakan Cinta ini tak lepas dari mitos dan kepercayaan warga sekitar. 

Mitosnya adalah, apabila kamu berjalan di Tanjakan Cinta, sembari memikirkan pasangan dan tanpa melihat ke belakang, konon hubunganmu dan pasangan akan kekal abadi selamanya. Bagaimana sobat tiket, Apakah kamu percaya mitos ini? 

Terlepas dari semua mitos dan kepercayaan masyarakat sekitar Ranu Kumbolo, keindahan danau ini memang harus selalu dijaga, agar keindahannya bisa terus dinikmati oleh anak cucu kita. 

Liburan di Alam yang Tak Terlupakan

Sumber: shutterstock.com

Bagaimana, apakah sobat tiket siap mencoba hal baru di momen liburan kali ini? Kalau berminat dan ingin mencoba, ada baiknya kamu persiapkan seluruh perlengkapan mendaki dari sekarang, ya! Selain itu, kamu juga harus memeriksakan kesehatan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Meskipun terdengar menyenangkan, menghabiskan waktu liburan dengan mendaki gunung bisa menjadi tantangan tersendiri untuk kamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk latihan fisik dan menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit dan bugar saat mendaki.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mendaki menuju Danau Ranu Kumbolo? Jika setelah mendaki gunung kemudian kamu berencana pergi ke Surabaya, sobat tiket bisa mengunjungi 10 Spot Wisata di Surabaya yang cocok dikunjungi dengan keluarga. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan indah, kamu juga bisa mengabadikan momen di spot foto instagramable yang kekinian. 

Mau cari tiket kereta untuk liburan? Pesan lewat aplikasi tiket.com aja! Ada banyak pilihan tiket kereta api yang bisa kamu pilih, untuk liburan yang makin seru dan menyenangkan. Jangan lupa gunakan kode promo ya, karena kesempatan dapat potongan harga tidak datang dua kali. Liburan itu, ada tiketnya. Selamat berpetualang, sobat tiket!