wisata lombok

,

Menikmati Keindahan Tarian Perang dari Gendang Beleq

Pernahkah kamu menyaksikan film perang kolosal yang menyajikan pertempuran tatap muka? Ya, jika kamu perhatikan, mulai dari Viking di Eropa Utara sampai Tiongkok di Asia, di manapun di banyak sejarah pertempuran dunia pasti ada suatu nyanyian pengiring perang. Begitu pula dengan Suku Sasak di Lombok, Indonesia. Mereka punya sebuah alat musik pengiring perang berbahaya, yang mereka sebut Gendang Beleq (baca: Gendang Belik). Sebuah alat musik yang lebih dari sekadar budaya dan pesona wisata Lombok.

Gendang Beleq adalah sebuah gendang besar yang dimainkan secara berkelompok. Sesuai namanya, Gendang Beleq adalah bahasa Sasak yang berarti gendang besar. Layaknya alat musik gendang pada umumnya, Gendang Beleq juga terbuat dari kulit dan kayu. Yang unik adalah ukurannya yang begitu besar dan dimainkan sambil digendong oleh pemainnya. Gendang Beleq menghasilkan suara yang cukup berat dan menggelegar. Itulah mengapa pada jaman dahulu, Gendang Beleq dimainkan sebagai musik pengiring prajurit yang pergi berperang dan pulang dari peperangan.

Selain memainkan gendang besar secara berkelompok, biasanya tarian Gendang Beleq ini juga dimainkan dengan iringan alat musik lainnya, mirip seperti gamelan di Pulau Jawa. Hal ini membuat irama tarian Gendang Beleq menjadi lebih bervariasi dan lebih hidup. Pokoknya, bisa membuat kamu terlena dengan alunan musik khas Lombok ini. Tidak heran pula jika tarian Gendang Beleq ini menjadi unggulan dalam rangkaian wisata Lombok, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara.

Seperti apa sih Tari Gendang Beleq itu? Nih, lihat saja video nya.

Saat ini, Gendang Beleq masih dimainkan meskipun dengan fungsi yang berbeda. Pada masa sekarang ini, kamu bisa menemukan permainan Gendang Beleq di perayaan-perayaan adat seperti Merariq (pernikahan), sunatan, atau Ngurisang (aqiqah). Gendang Beleq juga hadir dalam perayaan festival tahunan seperti Festival Bau Nyale di Pantai Seger Kuta, Lombok.

Mau lihat serunya Sobat Jalan tiket.com waktu ke Lombok? Yuk, tonton kembali videonya di sini.

Pokoknya, satu yang pasti, jangan pernah mendengarnya dari jarak dekat. Ya, suara dari Gendang Beleq yang begitu besar dan keras, tidak hanya bisa membuatmu kaget, tapi juga bisa membuat telinga sedikit berdengung (untuk kamu yang tidak terbiasa).

Sobat Tiket, begitu banyak pesona Nusantara yang asik untuk dijelajahi.

Jadi, mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!