,

Traveling Seharian di Makassar Bersama Irma Suryani, Ini Dia yang Bisa Kamu Temukan

Indonesia itu negara yang kaya. Kaya akan alam, budaya, dan bahkan destinasi wisata yang seru banget. Bahkan Indonesia itu punya banyak destinasi wisata yang enggak kalah dengan destinasi unggulan seperti Bali, Lombok, atau Raja Ampat. Salah satunya adalah destinasi wisata di timur Indonesia, Makassar. Kota besar di Sulawesi Selatan ini punya banyak cerita dan kenangan yang siap untuk kamu santap.

Seperti yang dilakukan oleh Irma Suryani, nih. Nanie, begitu ia dipanggil, punya cerita dan pengalaman seru selama melakukan traveling seharian di Makassar. Terlalu seru hingga membuatmu ingin segera memesan tiket pesawat dan mencari hotel di Makassar untuk menginap. Lalu, apa saja yang kamu dapat saat traveling seharian? Menurut perjalanan Nanie, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan ketika traveling seharian di Makassar.

1. Kuliner yang Enak
Dimulai dari sarapan di pagi hari, hingga makan malam, Makassar punya banyak kuliner yang mampu menggoyang lidah kita. Di pagi hari, ada banyak menu sarapan yang bisa kamu pilih. Mulai dari sarapan ringan seperti kue khas Makassar, hingga yang berat seperti coto Makassar. Oke, sepertinya enggak usah yang berat dulu untuk sarapan.

kue-tradisional-mama-kafe
Kue Khas Makassar

Jika ingin sarapan yang ringan, kue-kue khas Makassar seperti kanre Jawa bisa dengan mudah kamu temui. Kamu bisa langsung ke Mama Toko Kue yang berlokasi di Jalan Serui No. 19. Buka setiap hari mulai jam 8 pagi saat weekday dan jam 7 pagi saat weekend. Setidaknya ada 50 jenis kue tradisional Khas Makassar, misalnya barongko, kue seruni, bayou nibalu, palita, cangkuning, cucur bayou, sikaporo, bika caramel, toloba, kue lumpur, biji nangka, ka’dobo’dong, apang dan beragam kue tradisional lainnya.

img_20161228_125750
Coto Makassar

Agak siang sedikit, saatnya “brunch” nih. Jika kamu masih agak lapar namun belum mau makan berat, Makassar juga punya beragam kuliner yang cocok banget untuk pengantar jam makan siang. Seperti coto Makassar misalnya. Konon Coto Makassar paling enak dinikmati di waktu-waktu tersebut karena kuahnya masih kental, dan variannya masih lengkap mulai dari daging, hati, jantung, usus, limpa, ataupun babat. Nanie merekomendasikan warung Coto Nusantara yang berlokasi Jalan Nusantara No. 32, buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Seafood Makassar
Seafood

Untuk menu makan siang, kuliner seafood bisa banget Sobat Tiket nikmati. Salah satu rumah makan seafood yang Nanie rekomenasikan adalah Rumah makan Lae-Lae yang berlokasi di Jalan Datumuseng No. 8. Di sini tersedia seafood segar berbagai ukuran mulai dari ikan, kepiting, cumi-cumi, dan udang dengan pilihan olahan seperti digoreng, dibakar, bumbu rica-rica, asam manis dan lain-lain.

2. Benteng Rotterdam
Sudah kenyang dan siap jalan-jalan? Jika iya, maka Benteng Rotterdam adalah salah satu tujuan wisata yang bisa langsung kamu kunjungi. Kebetulan lokasi benteng ini tidak terlalu jauh dari lokasi kuliner yang tadi disebutkan.

p_20170209_163118-01-01-1
Fort Rotterdam

Di Benteng Rotterdam ini, kamu bisa menemukan berbagai peninggalan sejarah Kota Makassar. Benteng Rotterdam sendiri adalah sebuah benteng pertahanan tentara Belanda yang berbentuk unik, mirip penyu.

3. Senja di Losari
Tidak terasa hari sudah mulai habis. Matahari pun hendak beranjak pulang. Lalu apakah perjalanan di Makassar akan berakhir? Tentu saja tidak. Menikmati senja di Kota Makassar adalah salah satu hal yang terbaik. Salah satu spot terbaik menikmati senja adalah di Pantai Losari.

Pantai Losari
Sunset di Pantai Losari

Keindahan Pantai Losari memang sudah dikenal sejak dahulu kala. Bahkan rasanya belum sah menginjakkan kaki di Makassar jika belum berfoto di tulisan Pantai Losari. Selain keindahan pantainya, di Pantai Losari ini juga bisa jadi tempat yang romantis untuk menikmati sunset.

4. Oleh-oleh murah meriah
Setelah asik jalan-jalan keliling Makassar, jangan lupa beli oleh-oleh. Di Makassar, ada banyak oleh-oleh khas Makassar yang enggak mahal namun bisa bikin orang rindu akan kota ini.

Oleh-oleh khas Makassar
Oleh-oleh khas Makassar

Nah tidak jauh dari Pantai Losari ada pusat ole-ole khas Makassar, Jalan Somba Opu. Di jalan ini berderet toko yang menjual ole-oleh mulai dari makanan, minuman, kain tenun, kopi, baju kaos, minyak gosok, hingga pernak pernik kerajinan tangan. Salah satu toko ole-ole khas Makassar yang legendaris adalah Toko Ujung yang beralamat di Jalan Somba Opu No 36. Toko ini buka hingga pukul 10 malam.

5. Makan Malam
Eitss, ada satu yang terlupa nih. Ya, setelah seharian keliling Makassar dan beli oleh-oleh, makan malam jangan sampai lupa. Bicara soal kulineran di malam hari, Makassar juga punya kuliner yang enak loh.

mie-titi
Mie Titi

Nanie memilih makan malamnya ke menu yang ringan-ringan saja, Mi Titi. Rumah makan Mi Titi terletak di Jl. Datumuseng No. 23B. Mi Titi adalah sajian mie kering yang disiram dengan kuah kental panas dengan potongan sawi hijau, potongan daging ayam, ati dan ampela ayam, dan gorengan yang terbuat dari tepung kanji. Menikmati mie kering ini belum lengkap tanpa jeruk nipis dan lombok kannasa. Seporsinya lumayan mengenyangkan.

Itu dia cerita Irma Suryani (Nanie) saat traveling seharian ke Makassar. Karena Indonesia itu indah, yuk jelajahi Indonesia bersama Tiket.com

Sumber artikel & foto: http://nanie.me/traveling-sehari-di-makassar/