Tips Menghadapi Gempa Bumi

,

Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Liburan

Tips Menghadapi Gempa Bumi – Pada tanggal 5 Agustus 2018, Indonesia kembali dihebohkan dengan bencana alam gempa bumi yang menimpa Pulau Lombok. Gempa bumi ini bahkan sempat disinyalir akan berdampak tsunami lho Sobat Tiket, karena kekuatan gempa yang mencapai 7.0 SR.

Terjadinya gempa di pusat wisata ini tentu membuat publik heboh, apalagi dampak dari gempa bumi ini juga ikut dirasakan oleh wilayah sekitarnya termasuk Bali. Hal ini pastinya membuat panik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Nah, penting banget nih buat kamu untuk mengetahui tips menghadapi gempa bumi saat liburan. Jadi, kalau satu waktu kamu pergi berlibur dan mengalami kejadian ini, kamu sudah bersiap untuk mengahadapinya. Simak yuk, tips menghadapi gempa bumi saat liburan berikut ini, Sobat Tiket.

Tips Menghadapi Gempa Bumi Saat Liburan

Sebelum Gempa :

Tips yang pertama pastinya adalah soal persiapan. Yap, kamu wajib banget mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi, termasuk bencana alam. Dengan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, akan mengurangi resiko panik saat bencana alam terjadi. Berikut ini tips menghadapi gempa bumi saat liburan sebelum terjadinya gempa, yang perlu Sobat Tiket ketahui.

  • Kenali Lingkungan / Lokasi

Di mana pun berada, jangan lupa cari tahu tempat yang lapang dan jauh dari gedung tinggi.

  • Cari Tahu Pintu Darurat / Zona Aman

Menginap di hotel, mengharuskan kamu untuk tahu di mana letak pintu darurat untuk menuju luar gedung. Hindari penggunaan lift.

  • Persiapkan Tas Siaga

Penting! Siapkan kebutuhan esensial seperti dompet, kartu-kartu penting, uang tunai, paspor dan charger handphone.

Saat Terjadi Gempa :

Saat bencana alam terjadi menimpa kita, termasuk gempa bumi, panik menjadi satu hal yang wajar dan biasa terjadi. Tapi, tau nggak sih Sobat Tiket, kalau justru kita itu harus menghindari kepanikan tersebut. Karena, dengan bersikap tenang pastinya kita akan bisa berfikir panjang untuk menghadapi bencana ini. Simak juga tips lainnya di bawah ini ya, saat gempa bumi terjadi di wilayah kamu.

  • Tenang

Dengan bersikap tenang, kamu bisa memikirkan hal-hal yang bisa mencegah kamu dari bahaya

  • Berlindung

Jika berada di dalam gedung, berlindung lah di bawah meja yang kokoh. Hindari area dengan hiasan dinding seperti pigura, lampu gantung, dan sebagainya yang mudah jatuh.

  • Hindari gedung

Saat berada di luar ruangan, hindari gedung bertingkat yang mungkin runtuh kapan saja. Cari tanah lapang agar lebih aman.

  • Hindari pantai

Kamu yang berlibur di sekitar pantai, lari lah menjauh dari area pantai. Hal ini untuk menghindari potensi terjadinya tsunami.

  • Keluar dari kendaraan

Jika kamu sedang dalam perjalanan, keluar lah dari kendaraan dan mencari tanah lapang yang jauh dari pepohonan dan gedung bertingkat.

Sesudah Gempa :

  • Keluar dari gedung

Jika terjebak di dalam gedung/ruangan, keluarlah saat gempa sudah berhenti dengan membawa barang-barang yang penting.

  • Tetap pada posisi

Sebaiknya jangan kembali ke dalam gedung sampai ada informasi bahwa situasi sudah aman.

  • Waspada

Tetap berjaga-jaga apabila terjadi gempa susulan.

Gempa bumi dan bencana alam lainnya tentunya nggak bisa kita prediksi kan, Sobat Tiket? Tapi, dengan mengetahui tips menghadapi gempa bumi saat kamu sedang berlibur seperti artikel diatas, pastinya kamu jadi memiliki persiapan lebih saat gempa terjadi. Jangan sampai mengabaikan tips ini ya Sobat Tiket.

Kalau kamu mau menyimpan infografik Cara Menghadapi Gempa Bumi, nih tiket.com sudah menyiapkannya buat kamu.

Tips Menghadapi Gempa Bumi - Infografik

Baca juga ya artikel 11 Langkah Bertahan Hidup Saat Terjadi Kecelakaan Pesawat.

Jangan lupa untuk selalu menjadikan tiket.com sebagai teman perjalanan kamu ya, Sobat Tiket!