,

Ini Dia 5 Tips Yang Bisa Bikin Hiking Kamu Makin Brilliant.

Siapa yang hobi naik gunung? Sobat Tiket, naik gunung itu memang seru banget. Ada banyak keseruan yang bisa kita dapat lewat naik gunung atau hiking. Maka dari itu, nggak heran kalau banyak yang meminati hobi ini. Bahkan banyak dari mereka yang mendadak jadi suka hiking karena ajakan orang di sekitarnya.

Di Pulau Jawa saja, ada banyak gunung yang bisa kamu daki, Sobat Tiket. Nggak cuma itu, melakukan hiking di berbagai gunung di Indonesia tidak akan membuatmu bosan. Tentu saja, selain karena jumlah gunungnya yang banyak, hal baru selalu hadir di tiap spotnya.

Sobat Tiket, kalau cuma naik gunung sih nggak terlalu spesial. Tapi menciptakan pengalaman hiking yang brilliant dan nggak terlupakan itu, priceless! Nah, biar hiking kamu makin brilliant, yuk simak beberapa tips hiking berikut ini.

1. Membawa Benda Yang Paling Dibutuhkan
Kamu itu mau naik gunung, bukan pindah rumah. Meskipun kamu akan membawa ransel besar, ruang dalam ranselmu masih sangat terbatas. Jadi bawalah barang-barang yang dirasa sangat perlu untuk menemani hikingmu.

10 hiking
Via Buzzfeed

Selain kotak P3K, barang-barang seperti baju tambahan, air minum dan asupan nutrisi juga beberapa hal wajib yang harus kamu bawa saat mendaki gunung. Kenapa? Karena naik gunung itu bertemu langsung dengan alam liar, dimana ada banyak hal nggak terduga terjadi di sana.

2. GunakanKantong Sampah
Ternyata, kantong sampah nggak Cuma berfungsi untuk membuang sampah, Sobat Tiket. Saat hiking, ternyata memiliki fungsi lain yang sangat berguna dan mungkin saja nggak kamu duga.

plastikhiking
Via Buzzfeed

Gunakan kantong sampah sebagai pelapis bagian dalam ranselmu. Kantong plastik berguna banget untuk mencegah air hujan masuk ke dalam bagian dalam ranselmu. Ya, seenggaknya kalopun nggak hujan, kamu jadi punya cadangan kantong sampah, kan?

3. Manfaatkan Kaos Kaki
Bertemu udara dingin saat hiking? Itu sudah pasti. Namanya main ke dataran tinggi, ya sudah pasti dingin. Tapi, nggak perlu sedih karena kaos kaki mampu membantumu menghangatkan diri.

kaoskakai
Via Hikersgazette

Kaos kaki berbahan tebal itu bagus banget. Tapi, makin bagus lagi kalau kamu punya kaos kaki tebal dan bisa masuk ke sela-sela jari. Hangatnya brilliant banget.

4. Masukkan Handphone Dalam Plastik
Pernah lihat plastik transparan yang biasa kamu temui di apotek? Nah, plastik tersebut ternyata bisa jadi bahan yang briliant saat hiking, Sobat Tiket. Terutama buat kamu yang nggak bisa lepas dari handphone atau gadget.

anigif_optimized-14985-1436377007-1
Via buzzfeed

Memasukkan handphone atau gadget ke dalam plastik transparan nggak cuma membuat handphone kamu menjadi tetap kering, tapi juga tetap bisa digunakan.

5. Duct Tape Dan Korek Api
Duct tape dan korek api? Iya, kamu nggak salah dengar kok. Duct tape, atau orang kita biasa menyebutnya dengan lakban, bisa membantumu bertahan hidup saat hiking, loh. Duct tape ternyata mampu mencegah air masuk ke dalam sepatumu. Nggak cuma itu, duct tape juga bisa berguna untuk memperbaiki botol rusak, atau menghangatkan tubuh yang menggigil.

duct

Kalau korek api? Ya, sudah tahu lah. Bukan, bukan untuk ngerokok, tapi untuk masak dan keperluan survival lainnya.

Nah, bagaimana Sobat Tiket? Sudah siap berangkat hiking?