, ,

Tips Berwisata ke Lombok

#TravelTips : Sudah saatnya bagi kalian para Smart Traveller untuk membuka mata, berlibur ke tempat-tempat di Indonesia yang masih belum banyak terekspos untuk dijadikan pilihan berlibur. Tampaknya pariwisata Pulau Lombok, NTB dapat menjadi pilihan yang baik karena potensi alam yang dimilikinya dapat membuat kita terbelalak kagum melihat keindahan Gunung Rinjani sampai dengan eksotisme senja di Pantai Senggigi Maha karya Sang Khalik.

Tiket.com ingin berbagi sedikit tips yang dapat dilakukan para Smart Traveller agar liburan ke Lombok lebih menyenangkan dan tidak terlupakan dari ingatan.

1. Menyiapkan itinerary dengan cermat

Bagi Anda yang memiliki waktu liburan terbatas, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan rencana perjalanan (itinerary) Anda dengan cermat. Sebelum bepergian, coba cari informasi sebanyak mungkin untuk menentukan tempat persinggahan sementara Anda di sana, transportasi hingga jarak dan waktu tempuh untuk mencapai tempat-tempat yang akan Anda tuju nantinya.

Minta juga saran dari para Smart Traveller lain yang sudah pernah mengunjungi Lombok. Lebih baik lagi jika Anda memilih destinasi yang sesuai dengan budget Anda.

2. Pilih Hotel Terbaik di Lombok

Dengan persiapan itinerary yang cermat, maka waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia. Pilihlah dengan cermat hotel yang akan Anda tempati. Mulai mencari informasi dari dunia maya. Tentukan Lombok daerah mana yang akan menjadi tempat persinggahan sementara Anda. Bagi para Smart Traveller yang menyukai kenyamanan hotel berbudget rendah, Anda dapat memilih Sendok Guesthouse yang letaknya sangat strategis dekat dengan Pantai Senggigi. Harga mulai dari Rp 186.750 saja lho!

Tidak ketinggalan bagi Smart Traveller yang menyukai kemewahan dan ingin merasakan ketenangan liburan keluar dari kepenatan kerja, Anda dapat mencoba Pool Villa Club Lombok 

3. Menyewa Transportasi

Menjelajahi Lombok memang dapat dilakukan dengan menggunakan angkutan umum seperti Bemo (angkot) atau Cidomo (semacam dokar) tetapi apabila Anda melakukan liburan berkelompok, maka akan lebih praktis dan efisien jika Anda menyewa mobil. Untuk jenis mobil Avanza dikenai tarif Rp 300.000 untuk delapan jam termasuk supir. Anda dapat melakukan patungan dengan kelompok Anda untuk menyewa mobil yang nantinya akan lebih bermanfaat jika Anda ingin menjangkau wilayah yang lebih jauh.

Bagi Anda yang berlibur sendiri atau berdua, solusi untuk menyewa motor menjadi pilihan yang baik. Harga penyewaan motor pun lebih murah, yaitu cukup Rp 50.000 saja, Anda sudah dapat menikmati perjalanan ke Pantai Senggigi atau mengelilingi kota Mataram.

4. Menyiapkan Sun Block

Pesona pantai berpasir putih di Lombok memang menjadi daya tarik tersendiri. Ada Pantai Senggigi  di Lombok Barat, dan tiga gili yang terkenal, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tidak ketinggalan pantai di daerah Lombok Selatan, Pantai Kuta, Tanjung Aan, dan Pantai Mawun. Menikmati keindahan pantai-pantai tersebut masih belum cukup tanpa aktivitas seperti berjemur, diving, snorkeling, hingga berselancar. Namun, teriknya matahari tidak bisa dihindari sehingga baiknya gunakanlah sunblock terlebih dahulu agar kulit Anda tidak gosong

5. Berpakaian yang Sopan

Mayoritas penduduk Lombok adalah suku Sasak yang beragam Islam. Dimana mereka masih menjunjung tinggi norma agama dan sosial dalam berpakaian. Ada baiknya jika Anda berpakaian yang lebih sopan saat berjalan-jalan di kotanya.

Apalagi bagi Smart Traveller yang ingin bepergian pada masa-masa bulan Ramadhan, disaat umat muslim mulai berpuasa sebaiknya lebih diperhatikan lagi. Pakaian yang terbuka dan mabuk-mabukan di tempat terbuka sebaiknya dihindari agar dapat tidak terjadi konflik yang dapat menganggu liburan Anda.

6. Datang pada saat yang tepat

Cari tahu apa yang menjadi budaya Lombok sehingga tidak hanya liburan, tetapi Anda dapat sekaligus belajar dan menambah pengetahuan. Festival Bau Nyale merupakan salah satu acara yang sangat terkenal khas Lombok. Festival ini dirayakan 5 hari setelah bulan atau hari ke-20 bulan ke-10 dalam kalender tradisional Sasak atau bulan Februari-Maret. Di sana Anda akan menyaksikan masyarakat setempat berburu cacing laut. Cacing laut tersebut dianggap suci karena membawa keberuntungan dan kesejahteraan.

Nah, Sudah siap untuk berlibur ke Pulau Lombok, Smart Traveller? cintai pariwisata lokal mulai dengan membuat rencana untuk berlibur ke Pulau Lombok.

-ME-