,

Mau Belanja di Malioboro Jogja? Baca dulu 8 Tips Berikut Ini

Kawasan Malioboro memang enggak pernah sepi. Banyak banget aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini. Entah sekadar jalan-jalan santai, mencicipi angkringan, menikmati pentas budaya, berburu foto atau berbelanja.

Khusus yang terakhir, kamu harus tahu beberapa tips nih terutama kamu yang baru pertama kali belanja di Malioboro. Mau tahu apa aja tipsnya? Simak ulasan tiket.com berikut.

Tips Buat Kamu yang Mau Belanja di Malioboro

Shutterstock.com

Jalan Malioboro merupakan ikon kota Jogja. Jalan legendaris ini sangat terkenal di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Salah satunya sebagai destinasi wisata belanja.

Di Malioboro, sobat tiket bisa menemukan toko dan pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan pakaian, batik, aksesoris, berbagai kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Para PKL dan toko-toko buka setiap hari dari pagi sampai sekitar pukul 22.00. Selain waktu buka toko, beberapa hal berikut juga perlu kamu ketahui.

1. Buat Daftar Barang Belanjaan

Sebelum belanja, sebaiknya kamu membuat daftar barang yang ingin kamu beli termasuk oleh-oleh. Jika akan membeli oleh-oleh, kamu bisa menghitung terlebih dulu berapa banyak oleh-oleh yang harus kamu beli.

Kalau sudah tahu harga pasaran barang, kamu bisa sekalian buat anggaran untuk belanja. Penting lho bikin daftar belanjaan. Kenapa? Supaya kamu enggak kalap ketika melihat berbagai pakaian ataupun kerajinan tangan yang lucu dengan harga yang terjangkau.

2. Bawa Uang Secukupnya

Bawa uang secukupnya aja sesuai dengan perkiraan anggaran belanja kamu. Terutama kamu yang sulit menahan godaan belanja. Siapkan pula uang kecil atau beberapa pecahan nominal uang biar lebih gampang bertransaksi.

Apalagi kamu yang hobi jajan makanan. Soalnya banyak penjual makanan di sepanjang Malioboro yang pastinya menarik untuk dicoba dan sulit untuk ditolak.

3. Jangan Malu Menawar Harga Barang

Demi mendapat harga yang paling pas dengan kantong, sobat tiket harus pintar-pintar menawar ya. Tak perlu malu apalagi takut menawar. Kamu bebas menawar kok seperti sedang berbelanja di pasar. Kamu bisa mulai dengan berkeliling dan menanyakan harga pada beberapa pedagang untuk tahu harga pasaran barang yang kamu incar.

Setelahnya baru deh, berikan penawaran harga yang masuk akal. Kalau kamu berbelanja dengan keluarga atau orang terdekatmu, tanyakan pada mereka apakah mau membeli barang yang sama. Karena biasanya semakin banyak barang yang dibeli, harga yang bisa kamu dapatkan bisa lebih murah.

4. Mampir ke Pasar Beringharjo

Supaya pilihan kamu lebih banyak lagi, sempatkan waktu untuk mampir ke Pasar Beringharjo. Letaknya masih dalam kawasan Malioboro kok dan dekat Benteng Vredeburg. Pasar ini merupakan pasar tertua di Jogja dan beroperasi sampai malam lho. Jadi bisa sekalian belanja sambil menikmati wisata malam Malioboro.

Di depan pasar, banyak PKL yang menjajakan makanan. Kamu bisa sekalian cari makan malam di sini. Di dalam pasar, sobat tiket bisa menemukan berbagai macam pakaian terutama batik. Ada juga aksesoris seperti tas, sepatu, suvenir dan masih banyak lagi.

Kamu mau beli pakaian dalam jumlah banyak? Tenang, di sini ada toko grosir batik dan lainnya. Dijamin harganya pas di kantong. Nah, kamu yang mau cari oleh-oleh makanan seperti bakpia, wingko dan lainnya bisa beli di pasar Beringharjo juga. Awas kalap ya sobat tiket. Tetap ikuti daftar belanjaan yang sudah dibuat ya.

5. Perhatikan Barang Bawaan

Kamu yang mau belanja banyak, bisa memakai tas ransel. Nantinya sebagian barang belanjaan kamu bisa dimasukkan ke tas. Lebih praktis juga buat kamu yang sering lupa kalau sedang menenteng barang. Saat menyusuri Malioboro atau masuk ke pasar Beringharjo, kamu juga bisa memakai ransel di depan badan. Selain demi menjaga keamanan barang bawaan kamu, juga biar tas kamu enggak menyenggol orang lain ketika kamu melewati jalanan pasar yang kecil.

6. Perhatikan Waktu Berbelanja

Setiap harinya, para pedagang memenuhi pinggir jalan Malioboro. Tapi khusus hari Selasa Wage (penamaan hari dalam budaya Jawa), para PKL ini tak berjualan alias libur. Di hari yang sama, jalan Malioboro juga akan ditutup untuk kendaraan bermotor mulai dari pagi sampai malam.

Kendaraan bermotor yang boleh melintas cuma Trans Jogja dan kendaraan untuk kepentingan masyarakat lain. Tujuannya untuk menjadikan Malioboro sebagai kawasan pedestrian. Biasanya Selasa Wage akan diisi dengan berbagai acara seperti pentas seni, pameran dan berbagai pertunjukan lain.

Nah, kamu yang berencana belanja di Malioboro bisa memantau informasi tentang agenda Selasa Wage dari situs atau Instagram Visiting Jogja. Situs ini dikelola oleh dinas pariwisata Jogja. Jadi jangan sampai kamu datang untuk berbelanja di waktu yang salah ya. Kamu bisa mampir ke Malioboro pas Selasa Wage untuk berwisata budaya sepuasnya, besoknya baru berbelanja deh.

Khusus kamu yang mau berbelanja ketika akhir pekan atau masa liburan, wajib banget bersabar. Karena Malioboro sudah pasti penuh ya. Luangkan waktu yang lebih panjang untuk keliling dari satu pedagang ke pedagang lain. Pakai juga alas kaki yang nyaman untuk diajak berjalan lama.

7. Bersepeda Sambil Berbelanja

Sobat tiket yang baru pertama kali mengunjungi jalan Malioboro bisa jadi kewalahan dengan banyaknya pedagang. Kamu bisa keliling jalan Malioboro dulu dengan menyewa sepeda JogjaBike untuk melihat toko-toko apa saja yang ingin kamu kunjungi. Selain lebih cepat menjelajahi Malioboro, bersepeda bisa jadi pengalaman seru nih sobat tiket. Pasti penasaran gimana cara sewanya kan?

Kamu tinggal download aplikasi Ina Bike dan cari shelter JogjaBike di Malioboro. Cukup membayar Rp5 ribu* per jam, kamu sudah bisa mengayuh sepeda jenis ontel sambil berbelanja. Sepedanya juga dilengkapi keranjang di bagian depan lho. Cocok nih buat taruh barang belanjaan. Keren banget kan?

8. Transportasi Menuju Malioboro

Jalan Malioboro dekat dengan Gedung Agung Yogyakarta di satu sisi dan dekat dengan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada sisi lainnya. Sepanjang jalan Malioboro, ada 2 halte. Kamu yang menumpang bus Trans Jogja, bisa turun di halte Malioboro 1 atau halte Malioboro 2.

Asyiknya Menjelajahi Kawasan Malioboro

Setelah baca ulasan di atas, enggak heran ya kalau Malioboro jadi destinasi belanja favorit. Tak hanya belanja barang, kamu juga bisa bertualang rasa di sini. Posisi yang super strategis juga bikin para wisatawan gampang mengakses jalan Malioboro.

Sampai-sampai banyak hotel didirikan di Malioboro. Kamu yang ingin menjelajah kota Jogja, bisa cari hotel yang dekat Malioboro. Setelahnya, pesan hotelnya di tiket.com aja sekalian pesan tiket kereta ke Jogja.

Tinggal pilih mau turun di stasiun Yogyakarta atau Stasiun Lempuyangan. Jarak kedua stasiun ini dekat Malioboro. Setelah menginjakkan kaki di Jogja, kamu bisa beristirahat di hotel dan keliling Malioboro deh di sore hari. Jadi, kapan nih sobat tiket mau belanja dan menjelajah kawasan Malioboro?

*Keterangan harga saat artikel dibuat