,

Liburan Bareng Keluarga? 9 Tempat Wisata Family Friendly di Palembang Ini Menarik untuk Dikunjungi

Bicara soal wisata di pulau Sumatera, pastinya Palembang jadi salah satu destinasi yang jadi perbincangan wisatawan. Kota tertua di Indonesia ini memiliki berbagai wisata yang seru buat dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya, hingga wisata sejarah, lho.

Menariknya, ada banyak tempat wisata seru yang masih berkaitan erat dengan sejarah zaman penjajahan Belanda. Oleh karena itu, Palembang bisa jadi rekomendasi destinasi seru buat liburan bareng keluarga, lho. Habisnya banyak banget pilihan tempat wisata yang ada!

Rekomendasi Tempat Wisata Buat Keluarga di Palembang

Sebagai kota yang dijuluki sebagai Venice of The East, Palembang menjadi salah satu tujuan menarik buat liburan keluarga. Nggak hanya wisata kulinernya yang seru buat dijajal, ada banyak rekomendasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Nah, kalau kamu dan keluarga berniat liburan kemari, yuk simak rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di bawah ini.

1. Waterboom Berfasilitas Lengkap di The Amanzi Waterpark Citragrand

wisata keluarga di palembang
Sumber: shutterstock.com

Waterboom lainnya yang bisa jadi pilihan buat keluarga adalah The Amanzi Waterpark Citragrand. Nggak kalah lengkap, waterboom ini juga menyediakan berbagai pilihan wahana air seru. Seperti zimba & cora, the falls, kilimanjaro tower, the Raft, kolam Arus river nile dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga tiket masuk waterboom ini berkisar Rp50.000 saat weekdays dan Rp75.000 – Rp100.000 saat weekend. Tempat ini bukan dari mulai pukul 10.00 hingga 18.000. Yuk ajak keluarga kemari!

2. Menikmati Kuliner Khas Palembang di Pinggir Sungai Musi

Sungai Musi dan Jembatan Ampera adalah dua destinasi yang sama sekali nggak boleh dilewatkan jika mengunjungi Palembang. Yap, keduanya menjadi ikon utama wisata Palembang. Kamu dan keluarga bisa menyusuri jembatan ini dan menikmati pemandangan Sungai Musi yang cantik.

Sungai Musi sendiri merupakan sungai terpanjang yang ada di Sumatera. Sungai ini hadir dan membelah Palembang jadi dua bagian. Selain menikmati keindahannya, kamu juga bisa mengunjungi beragam obyek wisata di tepiannya, seperti Restoran Terapung, Kampung Arab, dan lainnya.

Nggak jauh dari Jembatan Ampera, sekitar 50 meter kamu bisa mengunjungi Pasar Sekanak yang jadi pusat makanan dan sourvenir. Di sana, tentunya kamu dan keluarga bisa berwisata kuliner dan beli aneka oleh-oleh. Selain itu kamu juga bisa menonton pementasan seni dan budaya yang digelar secara rutin. Pasar sekanak ini merupakan Kota Tua di Palembang, lho.

3. Menikmati Cantiknya Jembatan Ampera Sambil Kuliner di Benteng Kuto Besak

Nggak jauh dari Sungai Musi, ada Benteng kuto Besak yang juga jadi destinasi wisata populer di Palembang. Benteng yang berada tepat di tepi Sungai Musi ini bukan benteng biasa, umurnya sudah ratusan tahun, lho.

Dahulu, benteng ini merupakan bangunan keraton yang pernah jadi pusat Kesultanan Palembang abad XVII. Lokasi benteng ini strategis dan mudah ditemukan. Alamat lengkapnya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Palembang. Menurut sejarah, benteng ini dibangunan tahun 1780 dan diresmikan 21 Februari 1797.

Saat malam tiba, kamu bisa menjelajah aneka kuliner khas Palembang yang ada di sana. Seperti pempek dan lain sebagainya. ada pula aneka jajanan kaki lima yang juga bisa juga kamu jajal. Adapula pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kuliner seperti bakso, nasi goreng, roti bakar, pempek, dan aneka minuman.

Lebih asik lagi kalau kamu sekeluarga mencoba makan di atas restoran terapung yang ada di sana. Suasana malam di sini makin berkesan dan menyenangkan berkat cahaya lampu taman kekuningan yang memancarkan aura hangat. Seru banget nih!

4. Berjalan-Jalan Sambil Menghirup Udara Segar di Taman Kambang Iwak

Ingin bersantai sembari menikmati suasana Palembang? Kamu bisa mengajak keluarga mengunjungi Taman Kambang Iwak ini. Sesuai namanya, taman ini bakal menawarkan kesejukan jika kamu sedang ingin melepas penat.

Taman ini awal mula dibangun untuk para keturunan Belanda sebagai tempat olahraga, lho. Di tengah-tengah taman ini juga terdapat danau dengan bagian tengah yang berfungsi sebagai penghias taman. Selain itu, danau ini juga berfungsi buat menampung air hujan hingga bisa mencegah banjir.

Nggak perlu khawatir kalau kamu bawa anak kecil. Taman seluas 5 hektar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seru, seperti taman bermain anak,fasilitas hotspot gratis, keran air yang bisa langsung diminum, dan tempat bersantai buat menikmati keindahan alam. Paket lengkap kan?

5. Berpiknik dan Menyusuri Hutan di Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Destinasi berikutnya bakal mengajak kamu dan keluarga buat bermain ke hutan Palembang. taman Hutan Wisata Punti Kayu ini jadi satu-satunya hutan wisata di Palembang. Serunya, ada banyak fasilitas asik yang bisa kamu coba di hutan ini.

Dengan luas sekitar 50 hektar, beragam fasilitas disediakan buat menghibur para wisatawan. Mulai dari berenang, main di taman, berpiknik, naik perahu, melihat atraksi gajah, bahkan menunggang kuda. Selain itu, ada pula penangkaran buaya dan kebun binatang mini yang bisa dikunjungi

6. Bermain Air Bersama Keluarga di Fantasy Island Palembang

wisata keluarga di palembang
Sumber: shutterstock.com

Wahana permainan air seru lainnya yang bisa kamu kunjungi bareng keluarga adalah Fantasy Island Palembang. Meski terhitung baru, namun tempat ini juga dilengkapi fasilitas yang nggak kalah menyenangkan. Mulai dari tsunami river, play pool, water boom, bun slide, go kart, hingga dragon tower.

Jika tertarik kemari, kamu bakal dikenakan tiket masuk sebesar Rp35.000 saat weekdays dan Rp45.000 saat weekends, terjangkau kan? Nggak perlu khawatir kalau merasa lapar, di sini tersedia food court yang lengkap buat para pengunjung.

8. Belajar Sejarah Lewat Taman Arkeologi Kerajaan Sriwijaya

Setelah puas bermain air, kamu dan keluarga bisa lanjut berkunjung ke tempat bersejarah. Salah satu tempat yang jadi rekomendasi adalah Taman Arkeologi Kerajaan Sriwijaya. Yap, sesuai namany, kamu bisa bakal menemukan taman purbakala yang pada awalnya merupakan kawasan permukiman.

Saat masuk, kamu akan disambut tiga bangunan utama yang berisi berbagai macam barang arkeologi peninggalan Sriwijaya. Ada pula replika dan prasasti Kedukan Bukit yang menjadi awal berdirinya kerajaan termasyur Indonesia ini. Lokasi Taman Arkeologi Kerajaan Sriwijaya berada di tepi utara Sungai Musi, cukup mudah buat dijangkau.

9. Mengagumi Keindahan Arsitektur Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Terakhir, kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang memiliki sejarah panjang. masjid ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I, hadir dengan perpaduan interior tiga kebudayaan. Keunikan arsitekturnya merupakan perpaduan dari budaya Indonesia, Eropa, dan China.

Arsitektur Eropa terlihat dari pintu gerbang masjid yang besar dan kokoh. Arsitektur China terlihat dari atapnya yang mirip seperti kelenteng dengan ujung menara berbentuk kerucut seperti tumpeng. Uniknya, di Indonesia tumpeng ini memiliki makna mendalam yakni tentang hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan sesama manusia.

Sebagai masjid peninggalan sultan, masjid ini pun dijadikan sebagai salah satu masjid nasional dan cagar budaya di Palembang. Oleh karena itu, kamu nggak boleh melewatkan destinasi satu ini.

Berwisata di Palembang Makin Seru Bareng Keluarga!

Palembang memang sempurna buat jadi tujuan wisata kamu bareng keluarga. Kota ini memiliki banyak sekali wisata menarik, mulai dari alam hingga budaya. Lelah menyusuri tempat wisata, kamu harus banget berburu kuliner khas di kota ini. Rekomendasi kuliner wajib coba di Palembang bisa kamu tengok di sini.

Nah, tunggu apa lagi? Segera pesan tiket pesawat ke Palembang lewat tiket.com. Ada banyak promo seru yang bakal menanti kamu!