Tourist Attractions in Padang

,

8 Tempat Wisata di Padang Terpopuler yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Padang – Apakah sobat tiket sudah tahu bahwa ada banyak sekali tempat wisata di Sumatera Barat yang menyajikan keindahan alam tiada tanding? Nah, salah satu kota yang masih menyimpan kekayaan alamnya adalah Kota Padang.

Kalau kamu belum pernah ke Sumatera Barat sebelumnya, maka kamu wajib banget berkunjung ke kota yang makanan khasnya sudah terkenal hingga ke ranah internasional ini, yakni rendang dan kawan-kawannya.

Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi di Padang

Lalu di mana saja tempat wisata di Padang yang wajib masuk ke dalam itinerary kamu selama di sini? Tenang sobat tiket, karena kami sudah rangkumkan buat kamu. Jadi kamu hanya perlu mencatat atau menyimpan link halaman artikel ini.

Tanpa berlama-lama, ayo kita langsung simak saja daftar wisata Padang yang menarik dan indah banget tentunya. Jangan lupa bawa kamera kamu ya, karena kamu bisa dapat banyak foto bagus untuk diposting di Instagram, alias instagramable.

1. Danau Maninjau

Tempat Wisata di Padang - Danau Maninjau

Dalam Bahasa Minang, Maninjau memiliki arti “memandangi”, “mengamati”, atau “meninjau”. Nah danau kaldera yang berukuran sangat luas ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang super indah ditemani dengan pemukiman warga sekitar.

Pemandangan yang masih alami ini tentu saja tak boleh kamu lewatkan sebagai tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Selain itu, kamu harus coba sensasi bermain paralayang di Danau Maninjau yang pasti sangat spektakuler.

2. Kepulauan Mentawai

Di arah barat daya dari Kota Padang, ada tempat yang sangat terkenal di kalangan peselancar karena ombaknya dan anginnya yang kuat. Kalau kamu suka bermain selancar, maka kamu wajib datang ke Kepulauan Mentawai.

Tempat wisata di Padang yang satu ini bahkan sangat terkenal di kalangan turis mancanegara. Kepulauan ini bisa dibilang cukup terpencil dan bahkan sempat tak tersentuh hingga abad ke-20. Jadi keindahan alam di sini masih sangat menakjubkan untuk dinikmati.

3. Pulau Pagang

Pulau Pagang

Pulau Pagang adalah salah satu tempat wisata di Padang yang anti-mainstream karena cukup banyak wisatawan yang belum tahu tentang tempat ini. Artinya pulau ini masih sangat hijau dan alami, tidak banyak terkena sentuhan manusia.

Selain alasan tersebut, kamu wajib berkunjung ke pulau ini karena pantainya yang memiliki pasir halus dan suasana menenangkan. Sehingga cocok bagi kamu yang ingin melepas penat dari kebisingan kota.

4. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan ini memang bukanlah salah satu tempat wisata di Padang untuk bersantai, melihat pemandangan dan sebagainya. Akan tetapi Jembatan Siti Nurbaya inilah yang menjadi pemandangan indah dan salah satu ikon Kota Padang.

Nama jembatan ini diambil dari tokoh perempuan yang ada di novel terkenal karangan Marah Rusli berjudul Siti Nurbaya. Dengan kata lain, jembatan ini lahir dari sebuah karya fiksi yang menjadi kenyataan.

5. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Selain Siti Nurbaya, ada kisah lain yang sangat terkenal di Padang, yakni kisah Malin Kundang, seorang anak yang dikutuk menjadi batu karena durhaka. Nah, kamu bisa melihat patung batu Malin Kundang dari dekat di Pantai Air Manis.

Patung Malin Kundang tersebut bentuknya menyerupai seseorang yang sedang dalam posisi bersujud meminta maaf. Pantai Air Manis ini sendiri letaknya sekitar 12 kilometer dari Padang dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

6. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung adalah sebuah bangunan istana yang digunakan sebagai tempat tinggal dari keluarga kerajaan Pagaruyung hingga tahun 1833. Arsitektur bangunan ini menggunakan gaya vernakular khas Padang sehingga mirip dengan Rumah Gadang.

Hingga saat ini, Istana Pagaruyung telah menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang paling populer. Di sini kamu bisa melihat ada banyak furnitur dan peninggalan Minangkabau lainnya yang tentu sangat antik.

7. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman adalah sebuah museum kebudayaan Indonesia resmi yang ada di Sumatera Barat. Nama museum ini diambil dari seorang raja Malayapura pada abad ke-14. Di dalam museum ini ada warisan kebudayaan Minangkabau dan juga beberapa warisan Indonesia.

Koleksi utama yang ada di Museum Adityawarman ini dibagi menjadi 10 kategori utama yang antara lain adalah geologika/geografika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, filolo­gika, keramologika, seni rupa, dan teknologi.

8. Taman Hutan Raya Bung Hatta

Taman Hutan Raya Bung Hatta atau juga dikenal dengan sebutan Tahura Bung Hatta merupakan sebuah surga tropis yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk melestarikan dan mengamati satwa liar.

Di sini kamu bisa mengamati hingga 352 spesies tumbuhan yang dilindungi dan juga hingga 170 spesies satwa yang dilindungi. Salah satu tanaman yang sangat terkenal dan bisa kamu lihat lebih dari dekat di Tahura Bung Hatta ini adalah Rafflesia Arnoldi.

Ada banyak sekali tempat wisata di Padang yang menarik untuk kamu kunjungi. Mulai dari pantai yang indah hingga tempat bersejarah yang keren. Itu tadi 8 tempat yang wajib kamu kunjungi kalau kamu liburan ke Kota Padang. Sembari di sana, jangan lewatkan juga tempat wisata di Sumatera Barat yang keren-keren untuk dikunjungi. Pesan tiket pesawat ke Padang bisa lebih murah kalau pakai tiket.com yang banyak promonya.