Things to do in Jogja

,

6 Tempat Wisata di Jogja Terbaik yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Jogja – Seperti namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta memang sebuah kota yang memiliki keistimewaannya sendiri. Jogja menjadi salah satu kota yang paling populer untuk dikunjungi baik itu untuk berekreasi, berbisnis, ataupun menimba ilmu. Kota ini memiliki pesona spesial bagi semua pendatang berkat kekayaan budaya yang dimilikinya ditambah lagi dengan keramahan penduduknya.

Tempat Wisata di Jogja Paling Kekinian

Yogyakarta adalah kota yang paling pas dijadikan sebagai tujuan berlibur karena memiliki banyak sekali tempat wisata menarik. Untuk membantumu memilih tempat wisata di Jogja mana saja yang harus kamu kunjungi, kamu bisa langsung lihat daftarnya di bawah ini. Semua tempat ini akan memberikan kesan yang tak akan kamu lupakan, dan bahkan membuatmu ingin datang kembali.

1. Candi Borobudur

Tempat Wisata di Jogja

Candi Borobudur adalah tempat yang paling pas untuk memulai petualangan kamu dalam menyusuri tempat wisata di Jogja. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang luar biasa indah. Memang kamu harus bangun pagi untuk bisa menyaksikan matahari terbit di Candi Borobudur, ditambah dengan berkendara selama kurang lebih satu jam ke Magelang dari pusat kota Jogja. Namun usaha kamu itu pasti akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang kamu dapatkan.

Candi Borobudur merupakan sebuah candi Budha terbesar yang ada di seluruh dunia. Candi ini dibangun dalam waktu yang tidak singkat, yakni 75 tahun. Lebih menariknya lagi adalah, Candi Borobudur pernah ditinggalkan dan tersembunyi selama berabad-abad lamanya di balik abu vulkanik dan hutan lebat. Kemudian pada akhirnya candi ini ditemukan kembali ketika pulau Jawa tengah dijajah di awal tahun 1800-an.

2. Goa Jomblang

Tempat Wisata di Jogja

Goa Jomblang sangat terkenal dengan kecantikan pancaran cahaya matahari yang masuk ke dalamnya. Cahaya matahari tersebut bisa masuk ke bagian dalam karena memang goa ini berbentuk vertikal. Goa ini dulunya terbentuk karena proses geologis ketika terjadi tanah longsor ribuan tahun yang lalu.

Tempat wisata di Jogja ini tepatnya berlokasi di Gunung Kidul, di mana kamu bisa berkunjung dengan berkendara selama sekitar satu jam dari pusat kota. Kamu bisa masuk ke dalam Goa Jomblang yang dalamnya sekitar 60 meter dengan menggunakan tali rappel. Nah, di dalam goa tersebut kamu akan melihat indahnya pemandangan yang sering disebut dengan “cahaya surga”.

3. Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata di Jogja

Keraton Kasultanan Ngayogyakarta atau juga dikenal sebagai Keraton Jogja merupakan sebuah istana tempat tinggal raja bersama keluarganya. Di sini terdapat sebuah museum yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata di Jogja yang bagus jika kamu ingin mempelajari lebih jauh mengenai kebudayaan Jawa. Di dalam museum tersebut ada banyak barang peninggalan sang Sultan.

Selain itu kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan di bagian dalam Keraton seperti pertunjukan gamelan, wayang golek, tarian klasik, pembacaan puisi Jawa, wayang kulit, dan tarian Jawa. Masing-masin pertunjukan tersebut bisa kamu saksikan di hari-hari tertentu sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

4. Taman Sari

Tempat Wisata di Jogja

Tidak jauh dari kawasan Keraton ada sebuah istana air bernama Taman Sari yang menghadirkan arsitektur bergaya Eropa abad ke-18. Di sini kamu bisa melihat sebuah kolam yang berada di halaman tengahnya. Taman Sari dibangun oleh bangsa Portugis ketika mereka menduduki Jawa sebagai sebuah hadiah untuk istri dari Sultan Hamengku Buwono I.

Di tempat wisata di Jogja yang satu ini kamu bisa menjelajah lorong-lorong yang memang terlihat seperti bangunan terbengkalai, namun hal tersebut justru menambah kesan estetis tersendiri. Lorong-lorong tersebut menuju ke sebuah ruang rahasia dan juga ruangan untuk menyimpan persenjataan pada zaman dahulu.

5. Kalibiru

Tempat Wisata di Jogja

Untuk menuju ke Kalibiru, kamu perlu berkendara selama kurang lebih 1-2 jam ke arah barat dari pusat kota Jogja. Ketika perjalanan sudah semakin dekat dengan tujuan, kamu bisa merasakan suhu udara yang semakin sejuk dan juga suasana yang lebih tenang. Tempat ini sangat cocok untuk menghindar sejenak dari kesibukan perkotaan.

Menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling menarik, Taman Nasional Kalibiru berada di daerah pegunungan yang masih sangat asri dengan pepohonan hijau. Tempat ini dikelola oleh penduduk setempat sejak tahun 2009. Tidak seperti kebanyakan taman lainnya, Kalibiru menawarkan sedikit tantangan untuk naik ke atas di mana kamu bisa melihat seluruh pemandangan yang indah dari atas gunung.

6. Candi Prambanan

Tempat Wisata di Jogja

Selain Borobudur, Jogja masih memiliki satu tengara lagi yang tak kalah terkenal yakni Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan tempat wisata di Jogja merupakan sebuah tempat yang memiliki 240 candi dan menjadi bagian dari UNESCO World Heritage Site.

Candi Hindu dari abad ke-9 ini dibangun dan dipersembahkan untuk tiga dewa Hindu yakni Brahma, Wisnu, dan Siwa. Di sini kamu juga bisa menonton pertunjukan Balet Ramayana. Pertunjukan spektakuler tersebut dimulai pada malam hari di mana lebih dari 200 penari dan musisi tampil dalam sebuah panggung terbuka dengan Candi Prambanan sebagai latar belakangnya yang sangat indah.

Nikmati Keindahan Jogja yang Tiada Duanya

Sebagai pusat dari kebudayaan dan kesenian Jawa, kota Jogja menyimpan banyak sekali keindahan di dalamnya yang bisa membuatmu terpesona. Tak hanya tempat-tempat bersejarah saja, tempat wisata di Jogja juga banyak yang masih alami. Selain itu Jogja juga memiliki 5 hal yang membuatmu semakin jatuh cinta. Pesan tiket kereta ke Jogja bisa kamu lakukan dengan mudah dan aman melalui tiket.com.