Tempat Wisata di Bukittinggi

,

5 Tempat Wisata di Bukittinggi, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Bukittinggi – Bertandang ke Pulau Sumatera, siap-siap mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyejukkan ya, sobat tiket. Seperti saat kamu pergi ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Sepanjang perjalanan, kamu akan melihat pemandangan hijau yang segar abis!

Mulai dari pegunungan, sawah, ladang, hingga huta, semua bisa kamu temui saat ke Bukittinggi ini. Namun, tidak hanya itu saja kok yang menarik dari kota ini, melainkan juga tempat wisatanya yang wajib untuk dieksplor.

Berikut ini adalah beberapa referensi tempat wisata di Bukittinggi yang wajib untuk sobat tiket kunjungi, saat berada di kota Jam Gadang ini. 

5 Tempat Wisata di Bukittinggi

Bukittinggi memang dikenal dengan tempat wisatanya yang sangat berbagai. Mulai dari tempat wisata di Bukittinggi berupa pemandangan alam, hingga tempat wisata kekinian. Saat ke Bukittinggi, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini nih, sobat tiket!

1. Lembah Ngarai Sianok

Kalau sobat tiket ingin mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan alam luas, maka menuju Lembah Ngarai Sianok adalah pilihan yang tepat. Di sini, kamu akan melihat panorama alam berupa lembah dengan aliran sungai kecil di tengah-tengahnya.

Di Lembah Ngarai Sianok ini pula kamu bisa melihat bukit dengan tebing curam. Bahkan, proses terjadi dari tempat wisata di Bukittinggi ini akibat terjadinya penurunan sebagian lempengan bumi dan menghasilkan patahan berbentuk jurang yang curam.

Tempat Wisata di Bukittinggi - Lembah Ngarai Sianok

Suasana nya yang sunyi dan tenang membuat lembah ini menjadi tempat favorit untuk para wisatawan yang membutuhkan ketenangan dan menjauh dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Ditambah dengan sejuknya udara di sini, bikin kamu semakin betah deh, sobat tiket!

Lokasi: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat 26138

2. Lobang Jepang Bukittinggi

Masih dalam satu lokasi dengan Lembah Ngarai Sianok, kamu bisa langsung berpindah ke tempat wisata Lobang Jepang Bukittinggi nih, sobat tiket. Lobang Jepang ini merupakan sebuah gua yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda, dan memiliki kedalaman mencapai 49 meter.

Di tempat wisata di Bukittinggi ini, kamu akan menemukan sebanyak 21 buah terowongan. Yang mana pada zaman penjajahan dulu, terowongan ini dijadikan sebagai tempat tinggal, dapur, ruang tahanan, tempat amunisi, dan sebagainya.

Lobang Jepang yang dibangun dengan sistem Romusha ini menghasilkan panjang terowongan mencapai 6 kilometer. Sehingga bisa menembus hingga Ngarai Sianok, Jam Gadang, Fort De Kock, dan Istana Bung Hatta.

Dengan mengunjungi tempat wisata ini, kamu juga bisa merasakan perjuangan para pahlawan melawan penjajahan Jepang lho, sobat tiket.

Lokasi: Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26138

3. Jam Gadang Bukittinggi

Kalau ke Bukittinggi, tapi tidak mampir ke Jam Gadang, rasanya seperti ada yang kurang nggak sih, sobat tiket? Nah, untuk itu… kamu wajib banget untuk datang ke Jam Gadang Bukittinggi ini jika ada kesempatan.

Tempat Wisata di Bukittinggi - Jam Gadang Bukittinggi

Sebagai ikon Sumatera Barat, Jam Gadang menjadi incaran para wisatawan untuk sekedar datang dan berfoto-foto, ataupun untuk berkeliling di sekitar tamannya. Bahkan, setelah ke Jam Gadang ini, kamu bisa langsung meluncur ke Istana Bung Hatta sekalian lho!

4. Benteng Fort de Kock

Tempat wisata di Bukittinggi yang patut untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Benteng Fort de Kock. Benteng ini tentunya akan mengingatkan kita pada Perang Paderi yang dipimpin oleh Imam Bonjol dan terjadi di tahun 1803-1838.

Benteng Fort de Kock ini menjadi bukti dari bentuk pertahanan pasukan Hindia-Belanda pada zaman penjajahannya dari gempuran masyarakat Minangkabau. Meskipun benteng yang berdiri di atas Bukit Jirek ini sudah hancur dan hanya tersisa bangunan putih saja, tetapi masih terdapat beberapa benda peninggalan pada masa tersebut.

Dari atas benteng ini, kamu juga bisa lho melihat keindahan kota Bukittinggi dari ketinggian. Sedangkan untuk sobat tiket yang menyukai fotografi, bangunan bercat putih ini cukup genic untuk menjadi objek foto kamu kok.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136

5. Museum Rumah Adat Baanjuang

Sebelum berganti nama menjadi Museum Rumah Adat Baanjuang, dulunya bangunan museum dengan bentuk yang unik ini dikenal dengan nama Museum Bundo Kanduang. Di museum ini, terdapat setidaknya 9 ruangan dengan anjungan yang berada di bagian kanan dan kirinya.

Museum yang memiliki luas tanah sekitar 2.798 meter persegi ini, kamu bisa menemukan berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan adat Minang. Seperti miniatur dari Rumah Gadang, Surau, Balairung, dan Lapau.

Tempat Wisata di Bukittinggi - Museum Rumah Adat Baanjuang

Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan beberapa koleksi lainnya seperti pakaian adat dan pakaian pengantin adat Minang, Saluak, perhiasan, Al-Qur’an, hingga mata uang kuno. Kamu juga akan melihat berbagai jenis hewan yang diawetkan dengan bentuk yang unik dan langka.

Seperti Kerbau berkepala dua, Kerbau berkaki delapan, dan juga Kambing yang memiliki 2 wajah. Lebih serunya, kamu bisa berfoto-foto di pelaminan dengan pakaian pengantin adat Minang lho, sobat tiket!

Lokasi: Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan. Jalan Cindua Mato No. 1, Kelurahan Benteng Pasar Atas, kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Lelah Berwisata, Langsung Nginep Nyaman di Hotel Aja!

Setelah berkeliling wisata mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kota ini, memang paling terbaik jika langsung istirahat. Di tiket.com, ada banyak pilihan hotel di Bukittinggi yang bisa kamu jadikan sebagai akomodasi.

Nggak boleh terlupa juga, kunjungi dan cicipi 5 makanan khas Padang selama kamu berada di sana! Dijamin rasanya bisa bikin kamu kangen deh!