7 Tempat Wisata Belanja
Sumber: Shutterstock.com

,

Wisata Sambil Belanja di Semarang, 7 Tempat Ini Wajib Kamu Kunjungi

Berwisata sambil berbelanja? Kenapa tidak. Kedua aktivitas ini bisa dibilang saling melengkapi. Para wisatawan biasanya tidak akan melewatkan kesempatan berburu barang-barang unik di daerah yang dikunjungi, baik untuk diri sendiri maupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Ada pula tempat wisata belanja yang didesain ramah wisatawan. Bukan hanya menawarkan aksesori khas daerah tersebut, tetapi juga dikelilingi suasana eksotis seperti di Kampoeng Semarang. Ada juga pasar yang punya nilai sejarah tinggi seperti Pasar Johar.

7 Tempat Berbelanja di Semarang

Ada banyak tempat berbelanja di Semarang. Masing-masing menawarkan pengalaman yang berbeda. Nah, kamu bisa merasakan langsung dengan berkunjung ke sejumlah tempat berikut. Dijamin menyenangkan sekaligus bakal memuaskan hasrat berbelanjamu!

1. Pasar Johar

7 Tempat Wisata Belanja
Sumber: Shutterstock.com

Semarang terkenal dengan destinasi wisata sejarahnya yang menarik. Terdapat sejumlah bangunan kuno dengan arsitektur megah di kota ini. Bukan hanya indah, bangunan-bangunan itu juga menyimpan berbagai kisah yang seru untuk ditelusuri kembali. 

Selain Lawang Sewu, salah satu bangunan bersejarah yang masih ada dan berfungsi hingga sekarang adalah Pasar Johar. Pasar ini ternyata memiliki riwayat yang panjang, sobat tiket. Tak heran jika Pasar Johar ditetapkan sebagai warisan cagar budaya.

Pasar Johar didesain oleh Ir. Thomas Karsten pada 1933. Sebelumnya, kawasan ini memang telah ramai oleh para pedagang. Sekitar 1955, Pasar Johar bahkan sempat disebut-sebut sebagai pasar terbaik dan terbesar di Asia Tenggara. 

Seperti pasar pada umumnya, Pasar Johar menawarkan berbagai jenis barang, baik kebutuhan sehari-hari, produk fesyen, hingga macam aksesori dan suvenir unik. Selain lengkap, harga barang-barang yang dijual di Pasar Johar terbilang miring.

Nah, jika kamu ingin mencari oleh-oleh atau pernak-pernik lucu khas Semarang, datang saja ke pasar di daerah Kauman ini. Letaknya sangat dekat dengan kawasan Kota Lama. Sembari berwisata, kamu bisa mampir sejenak untuk berbelanja di Pasar Johar. 

2. Paragon Mall

7 Tempat Wisata Belanja
Sumber: Shutterstock.com

Paragon Mall adalah pusat perbelanjaan paling besar di Semarang. Lokasinya di Jalan Pemuda No. 118. Mal ini terdiri atas 13 lantai dengan luas mencapai 120.000 meter persegi. Lima lantai paling atas merupakan area hotel bintang lima, yaitu Crowne Plaza Hotel. 

Paragon Mall mulai beroperasi pada 2008. Mengusung konsep lifestyle dan entertainment, pusat perbelanjaan ini diisi oleh sejumlah tenant kenamaan. Beberapa di antaranya, Es Teller 77, Bakso Lapangan Tembak Senayan, Burger King, Starbucks Coffee, Matahari, dan sebagainya.

Liburan ke mal memang biasa. Namun, tidak ada salahnya untuk menginjakkan kaki di Paragon Mall mumpung sedang berkunjung ke Semarang. Selain bisa ngadem sejenak, kamu juga bisa berbelanja dan berburu berbagai kuliner enak.

3. Kampung Batik

Bukan hanya Yogyakarta atau Solo, Semarang ternyata memiliki produk batik. Batik-batik khas Semarang tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di sebuah kampung yang terletak tidak jauh dari Pasar Johar dan kawasan Kota Lama. Tempat ini dinamai Kampung Batik Semarang.

Di Kampung Batik Semarang, sebagian besar penghuninya adalah perajin batik. Bukan hanya menjual kain batik, mereka juga menjalankan ritual proses pembuatan batik di tempat ini. Ragam motif batik yang memikat lahir dari tangan para seniman.

Harga batik yang dijual di Kampung Batik cukup bervariasi, yaitu mulai Rp50 ribu hingga Rp5 juta, tergantung pada jenis batiknya. Batik printing biasanya lebih murah daripada batik tulis. Bukan hanya kain, kamu pun bisa membeli berbagai produk fesyen yang telah jadi dari batik.

4. Pasar Seni Kota Lama

Apakah kamu pecinta barang antik? Wajib banget untuk mampir ke Pasar Seni Kota Lama. Pasar yang satu ini sangat unik. Barang-barang yang dijual semuanya bernuansa vintage dan “jadul”. Pasar ini juga kerap disebut Padangrani, yaitu Pasar Seni Paguyuban Pedagang Barang Seni.

Letak Padangrani adalah di pusat Kota Lama, tepatnya di salah satu sisi Gereja Blenduk atau di sekitar Taman Srigunting. Konon, pasar ini mulai ada pada 2012 lalu. Seiring bertambahnya minat masyarakat terhadap benda-benda antik, Pasar Seni Kota Lama semakin ramai.

Biasanya, Pasar Seni Kota Lama mulai dipadati pengunjung pada sore hingga malam hari. Berbagai hiasan lampu yang indah dan kuno membuat suasana bertambah eksotis. Bukan hanya berbelanja, banyak di antara pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk berswafoto.

5. Kampoeng Semarang

Bingung mau cari oleh-oleh khas Semarang? Selain Jalan Pandanaran, Kampoeng Semarang merupakan sebuah tempat yang dikenal sebagai pusat oleh-oleh terbesar dan terlengkap. Tempat ini diresmikan pada Mei 2012 lalu dengan konsep “One Stop Shopping & Leisure”.

Kampoeng Semarang terletak di Jl. Raya Kaligawe Km 1 No. 96. Luasnya sekitar 4.000 meter persegi. Jarak Kampoeng Semarang dari Bandara Ahmad Yani hanya sekitar 3 kilometer, sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Mas hanya sekitar 2 kilometer. 

Bukan hanya makanan, kamu pun bisa menemukan berbagai produk handicraft di Kampoeng Semarang. Para penjual adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Produk yang mereka tawarkan antara lain tas, batik, makanan, dan berbagai suvenir.

6. Simpang Lima

Pada Minggu pagi, jangan lupa untuk mampir ke kawasan Simpang Lima. Di area lapangan yang luas tersebut, ratusan pedagang menggelar barang jualannya, mulai dari pakaian, sepatu, tas, kerajinan tangan, hingga makanan. Bahkan, kamu juga bisa menemukan awul-awul alias pakaian bekas yang dijajakan dengan harga sangat murah.

Sebagai pertemuan 5 jalan protokol di Semarang, kawasan Simpang Lima memang sangat ramai, terutama pada akhir pekan. Selain dipadati pedagang, tempat ini juga kerap menjadi venue untuk berbagai acara seperti konser.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Simpang Lima untuk berbelanja pada pagi hari Minggu, carilah tempat parkir yang agak jauh. Biasanya, area ini bakal macet dan padat oleh para pejalan kaki yang turun ke jalan.

7. Pasar Semawis

Bagi kamu yang senang jajan, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pasar Semawis. Pasar malam yang diadakan tiap akhir pekan ini menawarkan berbagai macam kuliner khas Semarang. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh langsung dari tempat produksinya.

Pasar Semawis mulai ramai pada pukul 6 sore. Sepanjang 300 meter di jalan Gang Warung, para penjual makanan dan minuman berjajar rapi. Meja dan kursi pun tersedia bagi pengunjung yang ingin bersantap di tempat. 

Jalan-Jalan Sekaligus Belanja!

Jalan-jalan memang kurang seru kalau tidak dibarengi dengan aktivitas berbelanja. Apalagi di Semarang ada banyak pusat perbelanjaan, baik yang berkonsep tradisional maupun modern. Semuanya tak kalah menarik untuk dikunjungi. Produk yang ditawarkan pun bermacam-macam.

Jadi, tidak berlebihan jika beberapa tempat ini masuk ke dalam itinerary kamu saat berlibur ke Semarang. Nah, tak perlu tunggu lama-lama, pesan saja tiket pesawatnya sekarang di tiket.com. Dijamin praktis dan mudah!