tempat wisata anti mainstream di singapura

,

Nggak Ngebosenin, Ini Dia 5 Tempat Wisata Anti Mainstream di Singapura!

Mengunjungi tempat yang mainstream terkadang menyenangkan, tetapi bisa juga menjadi sangat membosankan. Begitu juga ketika kamu sedang traveling ke Singapura, ada banyak tempat wisata menarik, mulai dari Gardens by the Bay, Haji Lane, sampai Orchard Road.

Nama tempat-tempat tersebut mungkin sudah kamu sering dengar atau lihat di media sosial. Kali ini, jika kamu akan berlibur ke Singapura, gimana kalau pergi ke tempat wisata keren yang belum banyak orang tahu, alias anti mainstream?

Tempat Wisata Anti Mainstream di Singapura yang Wajib Masuk List

Ternyata, ada banyak tempat wisata anti mainstream di Singapura, lho! Daripada berfoto di depan patung Merlion atau Orchard Road melulu, mending datang ke destinasi yang belum banyak dikenal orang. Jangan salah, tempat-tempat ini nggak kalah kerennya!

1. Treetop Walk, Jembatan Gantung Instagrammable

Sumber: Shutterstock.com

Treetop walk adalah jembatan gantung yang menghubungkan antara Bukit Pierce dan Bukit Kalang di titik tertinggi MacRitchie. Untuk mencapai ke sini, kamu harus hiking terlebih dahulu di kawasan MacRitchie yang menjadi habitat dari keberagaman jenis hewan dan tanaman.

Ukuran jembatan Treetop Walk tidak terlalu lebar, membuatnya hanya bisa dilewati oleh dua orang saja secara bersamaan. Dengan panjang jembatan sekitar 250-meter ini, kamu bisa menikmati pemandangan pepohonan yang rindang dan waduk yang terlihat dari kejauhan.

Selain anti mainstream, datang ke sini pun tidak perlu membayar tiket masuk, dan tempatnya bakal bikin foto kamu makin kece, lho! Dijamin deh followers kamu akan penasaran di mana letak jembatan gantung satu ini.

Alamat : 601 Island Club Rd, Singapore.

Jam Operasional: Treetop Walk buka hari Selasa – Jum’at mulai jam 09.00 sampai jam 16.00. Sedangkan di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, mulai jam 8.30 sampai 17.00.

Transportasi: Kamu bisa datang ke Treetop Walk dari MacRitchie Reservoir Park atau melalui Car Park at Venus Drive. 

2. Main Kayak di MacRitchie Reservoir Park

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket sudah pernah mencoba kayaking? Olahraga ekstrim dan satu ini tapi juga bisa jadi kegiatan seru dan menyenangkan! Kamu bisa mencobanya di Singapura, tepatnya di  MacRitchie Reservoir Park.

Berada di kawasan yang sama dengan Treetop Walk, taman ini sebenarnya adalah sebuah waduk yang digunakan sebagai resapan air untuk menampung air hujan demi melestarikan banyak taman dan cagar alam yang ada di Singapura.

Nah, karena waduknya yang luas, MacRitchie Reservoir Park menjadi tempat berlatih kano paling ramai di Singapura yang diorganisir oleh Singapore Canoe Federation. Jika kamu berniat datang, pagi atau sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk bermain kayak.

Suhu udara yang sejuk, angin yang berhembus dari rerimbunan pohon di sini bakal membuat kamu ketagihan kayaking! Harga sewanya juga tidak terlalu mahal, hanya SGD15 atau setara Rp150.000. 

Jam Operasional: MacRitchie Reservoir Park buka hari Selasa – Jum’at mulai jam 09.00 pagi sampai jam 17.00. Hari Sabtu, Minggu, dan hari libur, buka mulai jam 8.30 sampai 17.00.

Transportasi: Kamu bisa datang ke MacRitchie Reservoir Park dengan menggunakan taksi. Menaiki kendaraan umum seperti bus atau MRT sangat kurang efektif, karena jarak stasiun terdekatnya sekitar 1 km.

3. Library @Orchard

tempat wisata anti mainstream di singapura
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket, coba deh sekali-kali pergi ke perpustakaan ketika kamu sedang traveling. Di Singapura, ada perpustakaan yang sangat menarik dan sayang untuk kamu lewatkan, apalagi jika kamu suka membaca buku.

Library @Orchard yang berada di Mall Orchard Gateway Lantai 3 ini adalah salah satu tempat anti mainstream di Singapura yang wajib ada dalam list kamu. Ada ribuan koleksi buku yang bisa kamu baca sambil menikmati hari.

Siapa pun boleh masuk ke dalam Library @Orchard. Tetapi jika kamu ingin meminjam buku, maka harus mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaannya. Library @Orchard ini juga sangat instagrammable, kamu bebas berfoto-foto namun tetap jaga ketenangan, ya!

Alamat : 277 Orchard Road, Orchard Gateway, Singapore.

Jam Operasional: Library @Orchard buka hari Senin – Minggu mulai jam 11.00 siang sampai jam 21.00 malam. Di malam Tahun Baru China, Natal, atau malam pergantian tahun, tutup jam 17.00 sore. Library @Orchard juga tutup di hari libur nasional.

Transportasi: Jika menggunakan MRT, stasiun terdekat untuk sampai di Library @Orchard adalah Somerset. Lalu sobat tiket naik eskalator menuju lantai 3 dan akan langsung tiba di persis di depan pintu masuk perpustakaannya.

4. Southern Ridges Walk

Sumber: Shutterstock.com

Singapura punya banyak tempat trekking, salah satunya adalah Southern Ridges Walk. Sebuah jalur pedestrian sepanjang 10 km yang menghubungkan sejumlah jalur di area yang asri nan hijau sebagai habitat berbagai macam flora dan fauna di sini. 

Di kawasan Southern Ridges Walk ini juga terdapat sebuah jembatan bernama Henderson Waves yang berada 36 meter di atas jalan raya. Dari atas jembatan ini kamu bisa melihat pemandangan hutan tropis yang asri dan pemandangan kota yang juga terlihat dari kejauhan. 

Alamat : 10, Telok Blangah Green, Singapore.

Jam Operasional: Southern Ridges Walk menghubungkan Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park, dan Labrador Nature Reserve. Buka setiap hari mulai dari jam 05.00 pagi sampai jam 19.00 malam. 

Transportasi: Jika menggunakan bus, kamu bisa naik bus nomor 51 dan turun di Alexander Arch. Jika ingin menaiki MRT, kamu bisa menggunakan Orange Line dan turun di Labrador Station.

5. East Coast Park

Sumber: Shutterstock.com

Cobalah untuk mengunjungi East Coast Park ketika kamu sedang mencari wisata anti mainstream di Singapura, sobat tiket. East Coast Park adalah taman terbesar yang ada di Singapura karena luasnya mencapai 185 hektar dan menjadi tempat favorit akhir pekan para lokal.

Di East Coast Park, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari piknik, menggelar acara barbeque-an, berolahraga di pagi dan sore hari, camping, memancing, sampai wisata kuliner di area East Coast Food Lagoon.

Oh iya sobat tiket, di East Coast Park ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai karena letaknya yang berhadapan dengan East Coast Beach. Sudah kebayang kan di satu tempat kamu bisa lakukan berbagai hal seru!

Alamat : E Coast Park Service Rd, Singapore

Jam Operasional: East Coast Park buka 24 jam! Nah, untuk melihat cahaya lampu yang menyinari taman, kamu bisa datang di malam hari mulai pukul 19.00 malam. Asyiknya lagi, East Coast Park tidak dikenakan tiket masuk alias gratis!

Transportasi: Sobat tiket bisa naik MRT Green Line dengan tujuan Eunos Station. Kemudian dilanjutkan dengan menaiki bis no. 13 dan turun di 45 Marine Crescent. Kamu tinggal berjalan kaki, menyeberang, dan mengikuti arah panah menuju pantai.  

Siap Berjalan-Jalan Ke Wisata Anti Mainstream di Singapura

Sudah siap itinerary, sudah siap pula tiket pesawat. Tapi tunggu dulu, ada satu hal lagi yang perlu kamu siapkan segera yaitu pesan hotel di Singapura! Ada banyak deretan hotel terjangkau dan nyaman di Singapura yang bisa jadi pilihan. 

Nah, kalau sobat tiket masih punya banyak waktu, coba deh jelajahi Sentosa Island. Siapa sangka, ternyata pulau satu ini menyimpan banyak tempat wisata seru, lho!