Gerhana Matahari Total

, ,

Tempat Melihat Gerhana Matahari Total, Sampai Tahun 2026 Nanti

Gerhana Matahari Total yang terjadi tanggal 2 Juli 2019 kemarin merupakan yang pertama sekaligus satu-satunya di sepanjang tahun ini. Sayangnya sobat tiket tidak bisa mengamati fenomena alam tersebut dari Indonesia.

Tapi jika sobat tiket penasaran dan ingin menyaksikan fenomena kosmik yang langka ini, maka kalian masih punya kesempatan di beberapa tahun ke depan. Kamu bisa sekalian jalan-jalan ke luar negeri atau menunggu fenomena ini bisa disaksikan di tanah air.

Apa Itu Gerhana Matahari Total?

Mari kita mulai dengan pengertian dari fenomena ini terlebih dahulu. Gerhana Matahari Total adalah sebuah fenomena yang terjadi ketika posisi bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga menutupi seluruh cahaya matahari ke bumi.

Gerhana Matahari Total

Nah, bagian permukaan bumi yang tertutup oleh bayangan bulan selama terjadi gerhana tersebut akan mengalami penurunan suhu dan menjadi gelap selama beberapa menit. Gerhana matahari total ini merupakan fenomena yang menakjubkan.

Coba sobat tiket bayangkan, jarak rata-rata orbit bulan dari bumi adalah 385 ribu kilometer. Nah, kebetulan sekali jarak tersebut bisa membuat ukuran bulan terlihat sama persis dengan ukuran matahari, yang secara de facto ukuran matahari jauh lebih besar dan jaraknya lebih jauh dari bumi.

Saat terjadi gerhana matahari total, posisi bumi, bulan, dan matahari membuat satu garis lurus. Fenomena ini terjadi kira-kira setiap 18 bulan sekali. Umumnya, setiap tahun terjadi dua hingga lima kali gerhana matahari, tapi tidak selalu menghasilkan gerhana matahari total, bisa saja gerhana sebagian atau gerhana cincin.

Tempat Melihat Gerhana Matahari Total

Kalau kamu berencana untuk menyaksikan fenomena ini, maka di bawah ini kamu bisa melihat jadwal sekaligus tempat terbaik untuk melihat gerhana matahari total hingga tahun 2026. Ayo rencanakan liburanmu dari sekarang.

1. Viedma, 14 Desember 2020

Di tanggal 14 Desember 2020 nanti, Benua Amerika Selatan akan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dalam suasana natal. Gerhana matahari total akan kembali terjadi di benua ini, hanya saja posisinya akan berada lebih ke bagian selatan.

Gerhana tersebut akan melintasi kawasan Chili, Argentina, dan juga sebagian kecil kawasan Afrika di bagian barat daya. Sobat tiket bisa sekalian merencanakan liburan ke Kota Temuco di Chili, atau ke Viedma di Argentina di mana kamu bisa melihat gerhana di titik terbaik.

2. Antartika, 4 Desember 2021

Gerhana matahari total yang terjadi di tanggal 4 Desember 2021 mungkin akan sedikit sulit untuk dijangkau. Tapi tentu saja pengalaman dan pemandangan tiada dua akan disaksikan oleh kamu yang siap berpetualang ke Benua Antartika.

Di tahun itu, lintasan total hanya akan berada di sekitar Antartika di bagian tengah dan utara. Kalau sobat tiket adalah penikmat tantangan, maka destinasi ini akan jadi kenangan yang tak akan pernah kamu lupakan seumur hidup.

3. Indonesia, 20 April 2023

Nah, menarik untuk sobat tiket ketahui, fenomena kosmik menakjubkan yang akan terjadi di 20 April 2023 nanti bisa disaksikan di tanah air. Di tahun itu, gerhana matahari total akan melintasi sebagian besar Samudera Hindia dan pulau-pulau di sekelilingnya, seperti Indonesia bagian barat, Timor Leste, dan sebagian kecil Australia Barat, tepatnya di kota Exmouth.

Di Indonesia sendiri, lokasi terbaik untuk menyaksikannya adalah di provinsi Papua Barat. Menarik bukan? Apalagi bagi kamu yang selama ini ingin mengunjungi Raja Ampat. Di tanggal tersebut kamu bisa liburan ke sana sekaligus menyaksikan fenomena angkasa yang langka.

4. New York, 8 April 2024

Kembali lagi ke Benua Amerika, namun kali ini lintasannya akan berada di kawasan Kanada dan Meksiko. Cakupan wilayahnya pun cukup luas mulai dari Provinsi Newfoundland and Labrador di Kanada, Montreal, New Brunswick, dan pinggiran kota Toronto.

Di Amerika Serikat, kamu bisa menyaksikan gerhana total mulai dari New York hingga Texas. Beberapa tempat terbaik antara lain adalah di Buffalo, Rochester, Lake Erie, Cleveland, Dallas, Austin, dan San Antonio.

Untuk Meksiko, kamu bisa melihatnya dengan baik dari tempat-tempat yang memiliki pemandangan cantik seperti Durango, Mazatlan, dan Torreon.

5. Barcelona, 12 Agustus 2026

Gerhana Matahari Total

Bisa dibilang lintasan gerhana matahari total di tahun 2026 ini jatuh di sejumlah kawasan paling indah di dunia, meliputi Greenland dan Islandia. Selain itu, gerhana tersebut juga akan melintasi negara Spanyol serta sebagian kawasan Perancis dan Italia.

Lintasan totalnya bisa dilihat dengan sempurna mulai dari kawasan Kota Madrid dan Barcelona yang ada di Spanyol, dua kota yang sangat terkenal dengan kekayaan budaya dan keindahan pemandangannya.

Pergi Liburan dan Jadi Saksi Fenomena Menakjubkan

Gimana, sobat tiket? Udah dapet inspirasi destinasi mana yang ingin kamu kunjungi buat liburan di tahun-tahun mendatang? Kalau mau datang ke salah satu tempat di atas di tanggal yang sudah disebutkan, jangan lupa siapkan kacamata, teleskop, atau teropong yang memang dirancang khusus untuk mengamati matahari, ya. Jangan lupa juga bawaan wajib kalau kamu ke luar negeri. Udah siap? Ayo pesan tiket pesawat ke luar negeri di tiket.com yang banyak promonya!