,

Tempat Paling Instagrammable di Bangka Belitung, Mana Saja?

Sekarang, sepertinya semua daerah di Indonesia saling berlomba buat bikin tempat yang Instagrammable, ya! Pokoknya, asalkan sudah kelihatan ciamik banget kalau difoto dan di-upload ke akun Instagram, sudah bisa disebut Instagrammable.

Pastinya, sobat tiket salah kalau mengira tempat instagrammable hanya itu-itu aja. Berarti, sobat tiket pikniknya kurang jauh, ya ke situ-situ aja, jadinya ya tahunya hanya segitu. Kenapa nggak nyoba ke Bangka Belitung? Banyak kok tempat Instagrammable di sana!

Top 10 Tempat Instagrammable di Bangka Belitung

“Bumi Serumpun Sebalai”, begitu semboyan provinsi Bangka Belitung. Punya dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, juga ratusan pulau kecil. Totalnya ada 470 pulau, tetapi hanya 50 pulau yang berpenghuni. Jangan penasaran, ini dia rekomendasi tempat Instagrammable di Bangka Belitung!.

1. Melihat Mercusuar di Pulau Lengkuas

Sobat tiket pasti tidak bosan jelajah alam di Bangka Belitung. Gugusan pulau-pulaunya sangat indah dan pastinya unik. Seperti yang dimiliki Pulau Lengkuas, yaitu mercusuar yang usianya sudah sangat tua.

Dibangun sekitar tahun 1882, mercusuar megah setinggi 50 meter masih aktif sampai sekarang, lho! Dari sini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan pantai dengan hamparan batuan granit yang sangat menawan.

Lokasi: Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari

Biaya Masuk: Gratis. Hanya dibebankan sewa perahu untuk menyeberang ke pulau sebesar Rp450.000 sampai Rp550.000 dengan kapasitas minimal 10 orang

2. Danau Kaolin, Danau Bekas Tambang Kaolin

Sumber: Shutterstock.com

Tempat hits kedua, Danau Kaolin yang sangat terkenal karena air danaunya yang berwarna biru terang, sangat kontras dengan warna daratan yang putih bersih. Namun, paduan dua warna ini mampu memikat siapa saja yang melihatnya.

Sebenarnya, Danau Kaolin terjadi karena tempat ini dulu dipakai untuk menambang kaolin, mineral yang digunakan sebagai campuran kosmetik, makanan, pasta gigi, dan kertas. Jangan sampai lupa berfoto karena terlalu mengagumi indahnya tempat ini, ya!

Lokasi: Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Biaya Masuk: Gratis

3. Batu Garuda di Kawasan Tanjung Kelayang

Destinasi wisata Instagrammable di Bangka Belitung selanjutnya ada di kawasan Pantai Tanjung Kelayang. Namun, bukan hanya pantainya yang jadi daya tarik, tetapi batuan granitnya yang bentuknya mirip banget sama burung garuda, makanya diberi nama Batu Garuda.

Pastinya, pemandangan pantainya juga tidak kalah eksotis. Pasir pantainya putih dan halus, air lautnya pun biru banget. Bahkan, di sini, sering digelar acara besar kelas internasional, lho, salah satunya adalah Sail Wakatobi-Belitung.

Lokasi: Kecamatan Sijuk, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Biaya Masuk: Gratis

4. Merangkai Kata di Museum Kata Andrea Hirata

Sumber: Shutterstock.com

Kalau sobat tiket ngaku suka sama film Laskar Pelangi, artinya kamu harus mengunjungi tempat ini. Menjadi museum literatur pertama yang dimiliki Indonesia, Museum Kata Andrea Hirata ini memamerkan semua koleksi dari Andrea Hirata, termasuk Laskar Pelangi.

Sudah tahu dong pastinya kalau Andrea Hirata itu punya karya yang sangat banyak dan semuanya terkenal? Ya, kata-katanya memang mampu menyihir siapa pun yang membaca semua karyanya. Penyuka sastra pun wajib banget main ke sini.

Lokasi: Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB

Biaya Masuk: Rp50.000

5. Napak Tilas di SD Laskar Pelangi

Masih seputar film Laskar Pelangi, setelah puas terkagum-kagum dengan kata-kata sang penulis buku, sekarang sobat tiket diajak untuk napak tilas ke salah satu bangunan yang ada di dalam film tersebut, yaitu SD Laskar Pelangi.

Kamu bisa merasakan bagaimana anak-anak di sini berjuang untuk bisa bersekolah. Tidak kalah menariknya, pemandangan alam di sekitar sekolah yang memang berada di pinggir pantai. Sudah pasti sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Tidak jauh dari Museum Kata Andrea Hirata

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB

Biaya Masuk: Rp5.000

6. Pulau Batu Berlayar yang Sangat Menawan

Kalau air laut sedang pasang, Pulau Batu Berlayar sangat cantik. Bukan asal, karena batu-batu yang ada di pulau ini seakan sedang berlayar di laut. Batunya nggak kecil lho, ukurannya besar-besar dari jenis batuan granit.

Kalau mau main ke sini buat foto-foto, paling bagus di sore hari. Benar banget, selain enggak panas, kamu juga bisa mengabadikan momen matahari terbenam. Berlatarkan bebatuan yang berdiri menjulang ini membuat foto kamu pasti ciamik banget.

Lokasi: Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Biaya Masuk: Gratis

7. Pantai Tikus yang Masih Asri

Mencari tempat wisata yang masih asri dan jarang terjamah di Bangka Belitung? Coba deh ke Pantai Tikus, salah satu pantai di Bangka Belitung yang masih asri dengan pemandangan alam perbukitan terjal, batuan granit, serta air laut biru yang sangat jernih.

Kalau naik ke puncak, kamu akan menemukan kuil berbentuk bulat. Tempat ibadah ini jadi ikonik di Pantai Tikus. Pastinya, kamu bisa melihat pemandangan yang oke banget dari kuil ini, karena posisinya yang ada di ketinggian.

Lokasi: Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung

Jam Buka: setiap hari selama 24 jam

Biaya Masuk: Gratis

8. Mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno

Bukan cuma pantai yang indah, wisata sejarah juga punya sisi eksotisnya sendiri. Seperti Rumah Pengasingan Bung Karno, yang pas banget dikunjungi kalau sobat tiket suka banget sama wisata sejarah.

Kalau beruntung, sobat tiket bisa bertemu dan bertanya-tanya tentang rumah pengasingan ini sama penjaganya. Nggak main-main, penjaganya itu Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang memang bertugas menjaga Bung Karno selama diasingkan. Turun-temurun, lho!

Lokasi: Desa Air Belo, Mentok, Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Biaya Masuk: Gratis.

9. Belajar Sejarah Penambangan Timah di Museum Timah

Sumber: Shutterstock.com

Kalau masing ingin jalan-jalan ke wisata sejarah, sobat tiket bisa ke Museum Timah, satu-satunya yang ada di Asia. Kamu bisa belajar semua hal tentang pertambangan timah, baik di Bangka Belitung sendiri sampai ke internasional.

Psst, di tempat ini dahulu juga pernah dijadikan lokasi perundingan perdamaian antara Indonesia dengan Pemerintahan Hindia Belanda, lho! Tahu Perjanjian Roem Royen, kan? Nah, perundingannya dilangsungkan di sini!

Lokasi: Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 17, Bangka Belitung

Jam Buka: Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB, lalu pukul 13.00 sampai 16.00 WIB. Hari Jumat libur

Biaya Masuk: Gratis

10. Senang-Senang di Pantai Pasir Padi

Terakhir adalah Pantai Pasir, pantai di Bangka Belitung yang langsung berhadapan dengan Laut Cina Selatan. Ombaknya sangat tenang, sehingga kamu bisa berenang dan main air dengan aman.

Kalau mau jalan-jalan lebih jauh, sobat tiket bisa menyewa perahu dari masyarakat setempat dan berlayar ke Pulau Panjang atau Pulau Semajun. Nggak hanya berenang, sobat tiket juga bisa main voli pantai atau menerbangkan layangan di sini.

Lokasi: Jalan Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Biaya Masuk: Gratis

Wisata Instagrammable udah, sekarang ngapain lagi ya? Wisata kuliner aja, atau belanja. Bangka Belitung juga nggak kalah serunya kok buat sobat tiket yang hobi makan atau shopping. Eh, tunggu dulu, sobat tiket udah punya tiket atau sewa hotel belum?

Kalau belum, segera aja cari akomodasi dan tiket pesawat ke Bangka Belitung sebelum kehabisan. Mau dapet yang murah? Coba deh pesen di tiket.com. Promonya banyak banget! Dijamin pasti puas deh ke mana aja kalau sama tiket.com!