, ,

Taklukkan Rinjani, ini Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan

Seperti halnya Semeru yang terletak di Jawa Timur, Rinjani yang terletak di Pulau Lombok juga selalu menjadi incaran para pendaki. Setiap tahun, ribuan orang bergantian menapaki punggung gunung yang naik turun, berkelok, dan kadang licin hingga akhirnya sampai di puncak. Rinjani memberikan tantangan yang sangat besar bagi pendaki hingga untuk menuntaskan misinya ini dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang.
Kalau suatu hari nanti Sobat Tiket ingin menaklukkan puncak Rinjani yang indahnya bak surga dunia. Berikut ada beberapa persiapan yang wajib kamu ketahui dan lakukan dengan baik agar keselamatan tidak dipertaruhkan. Rinjani memang mengagumkan, tapi kita tidak boleh menyepelekan hal sekecil apa pun.

1. Mengetahui Waktu Pendakian yang Tepat
Rinjani bukanlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi kapan saja yang kamu mau. Sebelum memutuskan mengambil libur dan menguji nyali dengan menaklukkan Rinjani, ada baiknya kamu survei waktu. Biasanya Rinjani bisa di daki mulai Maret hingga Januari tahun berikutnya. Namun, waktu terbaik saat mendaki pada Mei hingga September di mana musim kemarau mulai tiba dan jalanan tidak lagi licin.

waktu pendakian
Via: https://4.bp.blogspot.com

Dari bulan Mei hingga September itu coba kamu pilih kira-kira kapan saja waktu yang tidak begitu ramai. Biasanya pada hari libur nasional, Rinjani selalu penuh sesak dikunjungi oleh para pendaki lokal mau pun internasional. Sebelum menapaki kaki Rinjani, ada baiknya kamu mencari waktu yang tepat jauh-jauh hari.

2. Survei Menyeluruh tentang Rinjani
Sebelum melakukan pendakian ke Rinjani kamu harus melakukan survei banyak hal dari gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini. Survei itu mencakup transportasi apa yang harus diambil ketika ke Lombok, harus menghubungi siapa. harus izin kepada siapa, dan memulai pendakian dari selter yang mana.Hal-hal semacam ini perlu diriset agar kamu tahu banyak hal tentang Rinjani.

survei
Via https://argoranger.files.wordpress.com/2011/12/25020010.jpg

Kamu harus tahu seperti apa medan Rinjani. Dengan waktu tempuh yang rata-rata 3-5 hari apakah kamu mampu melakukannya atau tidak? Mana kira-kira jalur pendakian yang cocok bagi pemula, dsb. Lakukan riset ini dengan matang, bila perlu wawancaralah mereka yang pernah menginjakkan kakinya di puncak Rinjani.

3. Persiapan Fisik yang Matang
Mendaki Rinjani artinya memukul kemampuan fisikmu hingga limit terbawah. Kamu diharuskan berjalan berjam-jam dengan medan yang sebagian besar sulit. Kalau kamu tidak bisa mempersiapkan fisikmu dengan matang, kemungkinan mampu mencapai puncak akan kecil. Pun kalau bisa sampai puncak, kamu akan kesulitan menuruni gunung karena keadaan fisik sudah drop.

Persiapan fisik
Via: https://1.bp.blogspot.com/-liTJxkoDXbs/VvEGPT1JR-I/AAAAAAAAAjQ/HqrZLqmj3WoHjmgHScRyZthw3_pghGk4w/s1600/DSC_0080.JPG

Sebelum kamu mendaki ke Rinjani, tingkatkan kemampuan fisikmu dengan sangat baik. Rajinlah berolahraga entah itu cuma jogging atau melakukan fitness di gym. Dengan kondisi tubuh yang prima, maka menaklukkan Rinjani akan jauh lebih mudah dilakukan.

4. Peralatan Mendaki, Logistik, dan Outfit
Peralatan mendaki adalah bagian yang sangat vital. Kamu harus mempersiapkannya dengan sangat matang. Mengenai logistik, kamu bisa mempersiapkannya ketika sudah landing di Lombok agar tidak membebanimu ketika perjalanan. Usahakan membawa logistik yang benar-benar dibutuhkan, urgent, dan tidak membuatmu lelah memanggul tas carrier.

Porter_2
Via : https://stenisia.files.wordpress.com/2012/09/dsc_2571.jpg

Selanjutnya kamu harus memilih outfit atau pakaian yang tepat. Udara di Rinjani sangatlah dingin. Kamu harus memilih baju yang tepat saat digunakan untuk mendaki. Kesalahan memakai baju akan berakibat fatal pada kondisi kesehatan tubuhmu perlahan-lahan.

Oh ya, kalau kamu tidak begitu kuat dalam membawa beban di dalam tas, ada baiknya menyewa jasa porter. Mereka biasanya memberikan jasa mengangkat tas sekaligus memandu kamu hingga ke puncak dengan aman.

5. Mendaki Sendiri atau Berkelompok?
Poin ini sangat krusial, kalau kamu masih sangat pemula dengan hal-hal berbau pendakian, maka jangan sekali-kali mendaki sendirian. Usahakan berbarengan dengan teman-teman atau orang lain yang memang sudah ahli dalam hal pendakian terutama Gunung Rinjani yang medannya sangat menantang.

pendakian
Via http://4.bp.blogspot.com/-mWaub6oidtQ/VXf4WZxBCdI/AAAAAAAAYsg/uPEG–Hwo44/s1600/_MG_7398.JPG

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya kamu menginap 1 hari di shelter untuk menyesuaikan keadaan tubuh dengan suhu Rinjani. Memaksakan diri langsung mendaki padahal aklimatisasi tubuh berjalan dengan baik bisa membuatmu drop dan akhirnya sakit.

Demikianlah beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum mendaki ke Rinjani. Terpenting dari semua, kamu harus mempertimbangkan keselamatan diri. Jangan hanya karena ingin menuju puncak lalu menyepelekan banyak hal! Happy trekking, guys!