Pantai Banyuwangi

,

Surganya Pantai, Banyuwangi Mengajakmu Bersenang-Senang Sepanjang Hari

Banyuwangi tidak hanya terkenal karena makanannya yang menggoyang lidah, Sobat Tiket. Kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini juga dikenal menyimpan pesona wisata alamnya yang instagram-able. Di kota ini, Kamu akan menemui padang savana yang luas, hutan-hutan yang masih sangat liar, dan pantai-pantai yang sayang untuk dilewatkan.
Ngomong-ngomong masalah pantai, Banyuwangi ternyata menyimpan banyak pantai yang bisa digunakan untuk senang-senang, lho! Kalau Sobat Tiket kebetulan sedang berada di Banyuwangi, mungkin lima pantai di bawah ini bisa dijadikan referensi untuk dijelajahi.

1. Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah adalah salah satu pantai yang menjadi primadona di Banyuwangi. Di tempat ini, Kamu bisa melakukan banyak hal menyenangkan seperti berselancar di ombak yang menggulung-gulung, bermain pasir yang lembut, dan mengunjungi desa nelayan yang terletak tak jauh dari bibir pantai.

Pulau Merah_kecil
Photo by Arson Lucky https://www.flickr.com/photos/[email protected]/19163123175/in/photolist-kh7412-5pyiFN-mvoRDV-73ehKE-vco1Tr

 

Akses menuju Pantai Pulau Merah terbilang mudah meski tidak ada angkutan umum. Jika kamu ingin mengeksplor tempat ini, ada baiknya membawa kendaraan sendiri atau menyewa ketika berada di pusat Kota Banyuwangi.

2. Pantai Plengkung
Kamu hobi berselancar? Pantai Plengkung adalah tempat yang tepat! Ombak di Pantai Plengkung merupakan satu dari banyak ombak yang paling diincar oleh peselancar dunia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa gelombang laut yang ada di Pantai Plengkung terbaik kedua setelah Hawaii. Keren nggak, tuh?

Plengkung
Photo by Omar Laribi https://www.flickr.com/photos/volpista/12967400964/in/photolist-kKRV5H-kKTjwG-kKRXZv-kKTm1U-kKRXkz-7Jwa-kKRWZp-kKTjRE-kKRU7F-qs68ta-pvgMAA-qpYizU-qaHj9Y-qsfn28-qpZ3RU-qaHiN7

 

Datang ke Pantai Plengkung atau kerap disebut dengan Pantai G-Land ini akan membawa Sobat Tiket menuju petualangan yang tidak terlupakan. Oh ya, bagi Kamu yang tidak memiliki papan selancar, tidak perlu khawatir. Di sekitar Pantai Plengkung banyak kok yang menyewakan papan selancar. So, siapkan mental dan keberanian ya!

3. Pantai Teluk Hijau
Teluk Hijau atau kerap disebut dengan Green Bay adalah pantai yang menjadi surga tersembunyi di Banyuwangi. Teluk Hijau terletak di kawasan yang cukup terpencil sehingga jarang dikunjungi banyak orang. Meski demikian, pesona yang ditawarkan oleh pantai ini amazing banget! Pasir putih membentang luas plus air laut yang jika dilihat dari kejauhan memantulkan warna hijau yang adem ayem.

Green Bay
Via @herlambang_media https://www.instagram.com/p/BCjcbwbC0ii/?tagged=pantaitelukhijau

 

Untuk bisa datang ke kawasan Pantai Teluk Hijau ini, Kamu harus masuk dengan menembus hutan tebal melalui Taman Nasional Meru Betiri. Mengunjungi Pantai Teluk Hijau mungkin akan membuat kamu kesusahan. Tapi begitu tiba di sana, semua lelah yang menumpuk akan langsung sirna.

4. Pantai Rajegwesi
Seperti halnya Pantai Teluk Hijau, Pantai Rajegwesi juga berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Kamu bisa mengunjungi pantai ini berbarengan dengan mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri yang kaya satwa liar dan Pantai teluk Hijau yang keindahannya sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

Rajegwesi
Via @risdi_pray https://www.instagram.com/p/BFxeqz9NOl8/?tagged=pantairajegwesi

 

Di Pantai Rajegwesi, Kamu bisa menemui hamparan pantai dengan pasir coklat yang bercampur lumpur. Di tempat ini, Kamu juga bisa melihat aktivitas penduduk sekitar yang hiruk pikuk dalam memanen nira untuk gula merah. Terakhir, ikan-ikan segar hasil melaut dari nelayan bisa Kamu borong untuk dibakar untuk BBQ-an di pinggir pantai. Sounds cool, isn’t it?

5. Pantai Sukamade
Pantai terakhir yang bisa Kamu jelajahi adalah Pantai Sukamade. Berbeda dengan pantai lain yang dikunjungi saat pagi atau siang hari. Pantai Sukamade biasanya dikunjungi saat malam hari karena atraksi menariknya baru datang saat malam. Atraksi itu berupa penyu-penyu yang mendarat untuk bertelur di pasir pantai.

Sukamade
Via @10aph1 https://www.instagram.com/p/BAeSqUUn4Ex/?tagged=pantaisukamade

 

Biasanya ada rangers yang akan memandu wisatawan. Mereka akan mencari penyu dan menunjukkan pada Kamu momen langka yang tidak bisa setiap saat terjadi. Oh ya, kalau lihat penyu sedang bertelur jangan menyalakan perangkat apa saja ya dan terpenting lagi jangan berisik. Penyu akan enggan bertelur kalau merasa dilihat banyak orang dan kembali ke laut sesegera mungkin.

Sobat Tiket, itulah sederet pantai yang bisa kamu jelajahi ketika di Banyuwangi. Jadi, kapan nih mulai jalan-jalan?