,

Pura Batu Bolong – Miniatur Pura Tanah Lot Bali 

Siang Smart Travellers! Sedang bersiap untuk merencanakan liburan ke Lombok? Simak yang satu ini ya!

Pantai senggigi sebagai objek wisata terpopuler di Pulau Lombok ternyata mengandung pesona keindahan tersendiri. Tahukah Anda jika Anda berjalan sekitar setengah jam menyusuri Pantai Senggigi, maka Anda akan menjumpai sebuah Pura, dibangun di atas karang dan terletak di tepi pantai. Ya, Pura tersebut merupakan Pura Batu Bolong.

Dikatakan pura batu bolong karena memang memiliki lubang atau bolong di tengah batu tersebut. Batu yang terletak di karang hitam itu dan posisinya dekat ke tengah laut menjadikan pura ini terlihat unik dan mempesona dengan keindahan alam sekitarnya.

Konon, Pura Batu Bolong pernah disinggahi oleh Dang Hyang Dwijenda, seorang pendeta asal Jawa Timur sebagai perjalanan spiritualnya dan pura ini  merupakan tempat sejarah peranan penting dalam perkembangan agama Hindu di Bali dan Lombok.

Dahulu, tempat ini sering diadakan upacara pengorbanan seorang perawan sebagai sajian makanan bagi ikan hiu yang tinggal di pantai dan tempat ini juga merupakan tempat para wanita menerjunkan dirinya ke laut akibat patah hati. Pura Batu Bolong terletak kurang lebih 12 km dari Kota Mataram bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang ada di Kota Mataram.

Seperti halnya pura-pura yang yang ada di pulau Bali, pura ini juga mengharuskan pengunjung untuk menggunakan kain berwarna kuning di pinggang selama berada di dalam area pura, juga menjaga kesopanan karena sejatinya pura merupakan tempat ibadah keagamaan. Selain itu terdapat peraturan bahwa wanita yang sedang berhalangan dilarang memasuki area pura.

Nama Pura Batu Bolong itu sendiri sesuai dengan sebuh batu besar dengan lubang di tengahnya yang terdapat di pura tersebut. Salah satu pura yang terdapat di dalam area Pura Batu Bolong bernama pura Ratu Gede Mas Mecaling, letaknya di depan, dekat dengan pintu masuk pura.

Apabila anda dalam perjalanan dan melewati tempat ini, sempatkanlah untuk berhenti sejenak untuk melihat-lihat dan mungkin mengambil beberapa foto. Tetapi apabila anda berada di bagian pulau Lombok lain di luar area Senggigi, tidak perlu memaksakan diri untuk menuju Pura Batu Bolong karena tidak banyak yang bisa dinikmati di pura Ini.