Sejarah Hari Pahlawan

,

Sejarah Hari Pahlawan, Cerita di Balik Peringatan 10 November

Sejarah Hari Pahlawan – Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan. Di hari itu, kita semua mengenang kembali dan berterima kasih kepada semua pejuang yang telah berjuang merebut kemerdekaan Negara Indonesia.

Tapi tahukah sobat tiket kenapa peringatan ini jatuh di tanggal 10 November? Cerita bersejarah seperti apa yang melatarbelakangi tanggal ini dijadikan sebagai Hari Pahlawan? Kalau sobat tiket ingin tahu lebih banyak, silakan lanjut membaca, ya.

Sejarah Hari Pahlawan di Tanggal 10 November

Pengorbanan para pejuang kemerdekaan tentu saja sangatlah besar. Bukan hanya berpeluh keringat saja, banyak juga pejuang yang berguguran demi bisa mendapatkan kemerdekaan seperti yang bisa kita nikmati sekarang ini.

Nah, selain untuk memberikan penghargaan besar kepada semua pejuang itu, dicetuskannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan juga sebagai salah satu bentuk pelajaran sejarah yang sangat bermakna bagi bangsa Indonesia.

Kita jadi tahu betapa besar dan berharganya perjuangan mereka hingga kita bisa menikmati semua hasil jerih payah itu sampai saat ini. Untuk itu kita perlu mengetahui juga sejarah Hari Pahlawan yang selalu kita peringati di tanggal 10 November.

Latar belakangnya adalah sebuah kejadian di Surabaya yang melibatkan pertempuran besar antara bangsa Indonesia dengan para penjajah. Pertempuran ini merupakan pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Pertempuran ini juga menjadi sebuah simbol perjuangan para pahlawan Indonesia yang menolak aksi kolonialisme. Peristiwa ini terjadi tepat di tanggal 10 November tahun 1945, setelah Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya di tanggal 17 Agustus pada tahun yang sama.

Pertempuran ini bermula ketika Jenderal Robert Mansergh menjatuhkan ultimatum pada seluruh rakyat Indonesia agar menyerahkan senjata di waktu yang telah mereka tentukan, yakni pada pukul 6 pagi di tanggal 10 November.

Pada saat itu, Jenderal Robert Mansergh menggantikan posisi dari Jenderal Mallaby yang tewas karena peristiwa baku tembak yang juga terjadi di Surabaya pada tanggal 30 Oktober 1945. Ia ingin bangsa Indonesia menyerah kepada tentara Inggris.

Akan tetapi, Tentara Keamanan Rakyat yang merupakan angkatan perang pertama yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia dengan tegas menolak ultimatum yang diberikan oleh Jenderal Robert Mansergh.

Ultimatum tersebut dianggap sebagai sebuah pelecehan dan penghinaan besar bagi Negara Indonesia yang sudah memproklamasikan kemerdekaannya pada saat itu. Dari sinilah sejarah Hari Pahlawan yang besar itu bermula.

Ketika tiba tenggat waktu yang sudah ditentukan pada tanggal 10 November, akhirnya tentara Inggris melayangkan serangan ke Surabaya dari berbagai arah, mulai dari darat, laut, hingga udara. Banyak sekali gedung-gedung di Surabaya yang hancur karena bom.

Selain itu tentara Inggris juga menghancurkan ribuan angkatan darat, pesawat, kapal perang, dan juga tank milik Indonesia. Mereka mengira dengan serangan sebesar itu, Surabaya akan menyerahkan diri setidaknya dalam waktu 3 hari.

Namun nyatanya, Bangsa Indonesia sama sekali tidak gentar untuk tetap memberikan perlawanan kepada tentara Inggris di bawah pimpinan Bung Tomo. Semangat mereka malah semakin membara untuk terus berjuang mengusir penjajah.

Gerakan perlawanan ini bukan hanya datang dari anak-anak muda yang ada di sana saja, melainkan juga seluruh kalangan masyarakat hingga pemuka agama sekalipun. Semuanya membentuk perlawanan yang kuat terhadap serangan besar yang dijatuhkan oleh tentara Inggris.

Sejarah Hari Pahlawan yang sangat kelam ini berlangsung selama 3 minggu hingga akhirnya berhenti. Ada sampai belasan ribu pejuang yang gugur dalam pertempuran itu dan juga sangat banyak warga sipil yang mengungsi dari Surabaya untuk mencari tempat yang aman.

Mengutip perkataan Ir. Soekarno yang berbunyi “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya”, itu artinya kita semua harus benar-benar mengerti betapa besarnya jasa para pahlawan kita yang sudah memerdekakan Negara Indonesia.

Surabaya Menyimpan Cerita Bersejarah

Cerita itu juga lah yang membuat Surabaya memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan. Ada banyak tempat bersejarah di Surabaya yang bisa kamu kunjungi untuk memperingati Hari Pahlawan. Ayo liburan ke Surabaya dan melihat langsung hasil jerih payah para pejuang hingga kini kota Surabaya sudah menjadi kota yang keren. Pesan dulu tiket pesawat ke Kota Pahlawan melalui tiket.com yang mudah, cepat, dan aman!