Pulang Cepat Saat Puasa Ramadhan

, ,

Pulang Cepat Waktu Puasa? Inilah yang Bisa Anda Siapkan

Bulan Ramadan telah menghampiri kita semua. Bagi pekerja kantoran ada rutinaitas yang berubah selama bulan yang suci ini. Datang lebih cepat dan pulang lebih awal dari biasanya adalah salah satunya. Alih-alih ingin pulang lebih awal sambil berharap cepat sampai di rumah, tidak sedikit dari Anda yang terjebak dalam kemacetan Ibu Kota. Hilang sudah harapan untuk menyiapkan takjil buka puasa atau berbuka bersama keluarga. Nah, bagi Anda yang berniat untuk pulang lebih awal mungkin beberapa tips berikut dapat membantu.

Isi Batrei Gawai Anda

Selama berada di kantor, jangan lupa untuk mengisi batrei gawai Anda. Sehingga saat pulang nanti Anda dapat menggunakannya untuk menghabiskan waktu saat menunggu kereta atau transjakarta yang akan ditumpangi. Jika tidak sempat, berarti power bank Anda jangan sampai tertinggal ya. Gunakan waktu menunggu atau macet untuk mencari berbagai inspirasi, salah satunya inspirasi makanan berbuka puasa yang dapat Anda coba saat akhir pekan nanti. Selain dengan gawai, Anda juga dapat menghabiskan waktu dengan membaca buku kesukaan.

Unduh Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang tersedia di Toko Aplikasi baik di Android, IOS maupun WP. Anda dapat menemukan beberapa aplikasi yang dapat membantu melewati kemacetan. Aplikasi sosial media, chatting, game  sampai peta dapat dengan mudah Anda temukan. Tapi jangan sampai ketinggalan untuk memasang aplikasi yang berkaitan dengan ibadah puasa yang sedang dijalankan. Anda dapat memasang aplikasi Al-Quran, tausiah islam, ilmu-ilmu islam hingga jadwal shalat dan berbuka puasa Nah, bagi Anda yang sedang cari tiket mudik jangan lupa untuk unduh aplikasi tiket.com yang sudah tersedia di andorid, ios dan windows phone.

Cari Teman Pulang

Pulang bersama-sama akan lebih menyenangkan. Anda dapat menghabiskan waktu perjalanan pulang dengan membicarakan berbagai hal. Sehingga waktu berbuka jadi terasa lebih cepat. Selain itu, pulang bersama teman juga bisa menjalin tali silahturahmi lho. Cari kontak teman-teman Anda yang sudah jarang ditemui dan buat janjian untuk pulang bersama. Tapi tetep cari yang satu arah ya, agar tidak terlalu menyusahkan Anda saat pulang kantor.

Jangan Lupa Bawa Takjil Buka Puasa

Adakalanya saat adzan magrib berkumandang Anda masih berada di angkutan umum seperti bis atau kereta api listrik. Jadi tidak ada salahnya membawa takjil buka puasa Anda sendiri. Dari pada membelinya dan tidak yakin dengan kebersihan makanan tersebut, Anda dapat membawa air minum dari kantor serta kurma atau cemilan sehat yang sudah disiapkan dari rumah. Cokelat batangan juga bisa teman terbaik saat berbuka. Jangan lupa, lebihkan sedikit porsi takjil yang dibawa untuk orang yang duduk di sebelah Anda.

Cari Tahu Lokasi Masjid atau Mushola Terdekat

Ini yang tidak kalah penting. Bagi yang masih dijalan saat adzan magrib berkumandang ada baiknya Anda mencari tahu dan mengingat dengan baik dimana lokasi masjid yang dapat disinggahi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat berhenti sejenak untuk melaksanakan shalat magrib di masjid yang searah dengan perjalanan pulang Anda. Selain itu, mushola di pom bensin bisa jadi alternatif untuk melaksanakan kewajiban tersebut. Nah, bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, mushola  di terminal atau stasiun bisa jadi alternatif saat Anda tidak dapat menemukan masjid terdekat. Beberapa masjid dan mushola juga menyediakan takjil bagi orang-orang yang berbuka puasa.