,

5 Patung Pahlawan Terkenal di Indonesia, Bukan Hanya Indah Namun Juga Gagah!

Sobat tiket tentu tau, bahwa pada zaman dahulu Indonesia pernah memperjuangkan kemerdekaannya dari para penjajah, dan berdiri sebagai sebuah negara yang berdaulat. Kemerdekaan, kehidupan yang nyaman dan bebas dari penjajah di masa kini tak lepas dari perjuangan para pahlawan kita.

Demi kemerdekaan Indonesia, para pahlawan Indonesia rela berjuang dan berkorban hingga titik darah penghabisan. Sebagai bentuk dari rasa cinta, penghargaan, dan mengenang jasa para pahlawan, maka kita sering menjumpai patung-patung pahlawan di berbagai kota.

Biasanya, patung para pahlawan bisa dijumpai di tiap-tiap kota asal atau kota kelahiran para pahlawan tersebut. Untuk menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2019 mendatang, tiket.com mau membahas mengenai patung pahlawan terkenal di Indonesia nih, sobat tiket. Kira-kira, ada pahlawan dari kota asal kamu nggak ya di bawah ini?

5 Patung Pahlawan Terkenal di Indonesia

Jika mengingat kembali pada sejarah kemerdekaan Indonesia, ada banyak sekali nama perang yang tercetus di tiap kota dan daerah. Dari peperangan tersebut, muncul lah nama pemimpin perang yang juga kita sebut sebagai pahlawan daerah. Ada banyak sekali pahlawan Indonesia yang jasanya wajib untuk dikenang dan dihargai. Seperti 5 patung pahlawan terkenal di Indonesia berikut ini.

1. Patung 7 Pahlawan G30S/PKI

Patung pahlawan terkenal di Indonesia yang pertama adalah patung dari 7 pahlawan yang gugur pada Gerakan 30 September / PKI. Ketujuh pahlawan tersebut diantaranya adalah Jenderal Ahmad Yani, Jenderal S. Parman, Jenderal Suprapto, Jenderal Sutoyo, Jenderal MT Haryono, Jenderal Panjaitan, dan Kapten Pierre Tendean.

Dibangunnya monumen ini atas gagasan dari Presiden RI ke-2 yaitu Soeharto, sebagai bentuk untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur. Monumen ini bisa kamu temui di Monumen Pancasila Sakti yang berlokasi di Lubang Buaya, Jakarta Timur dan berada di lokasi yang sama dengan lubang buaya dan rumah penyiksaan ketujuh pahlawan tersebut.

2. Patung Diponegoro

Pangeran Diponegoro menjadi salah satu pahlawan yang namanya sangat tidak asing didengar, terlebih oleh warga Jakarta. Karena, nama pahlawan asal Yogyakarta ini juga menjadi nama salah satu jalan di kawasan Menteng, Jakarta.

Patung pahlawan yang wafat di Makassar, 8 Januari 1855 ini berdiri kokoh di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dengan material patung berupa perunggu, Patung Pangeran Diponegoro ini diilustrasikan sedang menunggang kuda dan membawa tombak.

3. Patung Nyi Ageng Serang

Patung gagah berani dari pahlawan wanita satu ini bisa kamu jumpai di Kulon Progo. Meskipun nama Nyi Ageng Serang tak sepopuler RA Kartini dan pahlawan wanita lainnya, namun pahlawan wanita yang masih keturunan Ki Hajar Dewantara ini juga berjasa untuk Indonesia.

Patung Nyi Ageng Serang terlihat begitu gagah berani dengan menunggangi seekor kuda dan sebuah tombak di tangannya.

4. Patung Martha Christina Tiahahu

Satu lagi patung pahlawan terkenal di Indonesia dan seorang wanita. Martha Christina Tiahahu mungkin menjadi salah satu pahlawan wanita dan termuda yang dengan gagah berani mengusir Belanda dari tanah Maluku. Patung dari Martha Christina Tiahahu ini bisa kamu jumpai di Karang Panjang, Ambon.

Dengan pemandangan laut yang indah, patung dari pahlawan nasional wanita ini berdiri dengan balutan kain panjang, ikatan kepala, dan tombak di tangannya. Terlihat begitu gagah dengan semangat yang menggelora.

5. Patung WR Supratman

Terakhir, ada patung dari WR Supratman yang dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya sedang bermain biola. WR Supratman, atau Wage Rudolf Supratman lahir di Surabaya, 17 Agustus 1938. 

Monumen WR Supratman memainkan biola ini bisa kamu temukan di Jalan Kenjeran, Surabaya Timur. Tidak hanya patung WR Supratman saja, terdapat pula teks lagu Indonesia Raya dengan ejaan lama yang menjadi background dari monumen ini.

Peringati Hari Pahlawan Sambil Liburan ke Kota Pahlawan

Untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November nanti, kamu juga bisa lho menikmatinya sambil liburan ke kota-kota para pahlawan. Pesan tiket pesawat di tiket.com untuk mengantarkan kamu ke kota-kota yang kamu inginkan.

Tempat Bersejarah di Surabaya ini juga bisa menjadi salah satu destinasi kamu untuk liburan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.