Pangandaran International Kite Festival

,

Ayo Ikut Serunya Pangandaran International Kite Festival 2019

Pangandaran International Kite Festival – Ketika kamu sedang berada di tanah lapang, hari sudah menjelang sore dan tidak terlalu panas, ditambah lagi angin yang berhembus dengan kencang, tidak jarang muncul keinginan untuk menerbangkan layang-layang.

Tapi mungkin hal tersebut sudah jadi kenangan masa kecil bagi sebagian sobat tiket. Tapi tak perlu khawatir, karena kamu bisa kembali mengingat kenangan indah masa kecil bermain layangan dengan datang ke Pangandaran International Kite Festival.

Bukan hanya bagi kamu yang ingin mengenang kembali masa kecil, bagi kamu yang masih hobi menerbangkan layang-layang juga pastinya festival ini akan menjadi sebuah tempat yang akan membuatmu takjub.

Pasalnya, festival layang-layang yang akan diadakan di Pangandaran ini adalah festival yang bertaraf internasional. Jadi kamu akan melihat banyak sekali layang-layang yang diterbangkan di sini dan memiliki bentuk-bentuk yang unik.

Seputar Pangandaran International Kite Festival

Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukota dari kabupaten Pangandaran adalah Parigi. Di sini kamu bisa menemukan salah satu pantai yang paling indah di Jawa Barat, dan juga sangat populer di kalangan para surfer.

Di Pangandaran diadakan festival menerbangkan layang-layang setiap tahunnya di bulan Juli. Pada awalnya, warga setempat di sana menggunakan layang-layang untuk menangkap kelelawar yang akan digunakan baik itu untuk dikonsumsi, atau dijadikan sebagai bahan obat-obatan alternatif.

Kemudian akhirnya dibuatlah festival layang-layang yang diadakan setiap tahunnya. Festival tersebut mengumpulkan para penggemar layang-layang bahkan dari seluruh dunia. Kamu akan melihat banyak sekali jenis layang-layang yang diterbangkan di bawah birunya langit Pangandaran yang indah.

Kapan PIKF 2019 Diadakan?

Jangan lupa dicatat ya, Pangandaran International Kite Festival atau PIKF 2019 adalah sebuah festival layang-layang bertaraf internasional. Tahun ini, festival tersebut akan diadakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 12 Juli hingga 14 Juli 2019.

Jika kebetulan kamu sedang liburan ke Pangandaran di tanggal tersebut, maka kamu juga wajib menghadiri festival yang diadakan setiap tahun ini. Kalau kamu hobi fotografi, maka festival ini bisa jadi ladang emas bagi kamu untuk menghasilkan banyak foto yang keren-keren.

Pangandaran International Kite Festival 2019 ini akan diadakan di lapangan Katapang Doyong pantai timur, Pangandaran. Festival ini diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran bersama dengan Persatuan Layang Layang Pangandaran (PERLAP) serta tak lepas mendapat dukungan pula oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Nantinya, festival layang-layang Pangandaran ini akan diikuti oleh sekitar 10 negara. Salah satu tujuan diadakannya festival ini adalah untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung ke kawasan pariwisata Pangandaran bahkan di kalangan turis asing.

Festival ini ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa Pangandaran memiliki destinasi wisata berkelas internasional dan bisa jadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Jadi, dalam festival ini nanti kamu tidak hanya menikmati festival layangan yang keren, namun kamu bisa juga mengunjungi banyak destinasi wisata lain yang ada di Pangandaran.

Apa yang Bisa Kamu Lihat di PIKF 2019?

Pangandaran International Kite Festival ini akan dibagi menjadi dua jenis pertunjukan layang-layang. Pertama adalah night flying competition, kemudian yang kedua ada juga kite flying exhibition.

Nah, salah satu yang menarik adalah night flying competition di mana para peserta akan menerbangkan layang-layang di malam hari. Layang-layang tersebut juga dipasangi dengan lampu sehingga kamu bisa melihat keindahan malam di Pangandaran yang dihias oleh layang-layang terbang di langit.

Pastinya kamu tak boleh meninggalkan kamera kamu di rumah, karena pengalaman dan pemandangan yang kamu dapat di sini tiada duanya. Kamu akan seperti melihat lampion berukuran besar yang terbang di langit malam Pangandaran.

Sementara itu, kite flying exhibition adalah pertunjukan uji kebolehan dan keindahan layang-layang yang dibawa oleh setiap peserta, baik itu peserta lokal maupun peserta dari luar negeri.

Sejumlah peserta festival layang-layang yang berasal dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Filipina, Macau, India, Jepang, Mongolia, Swedia, Perancis, dan Italia akan ikut memeriahkan festival ini.

Selain itu ada juga banyak peserta yang berasal dari berbagai daerah di tanah air seperti dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Bali. Semuanya akan memamerkan layang-layang terbaik buatan mereka.

Festival berskala internasional ini juga akan banyak melibatkan semua pengunjung yang datang, terutama yang masih muda, karena akan ada kampanye berupa gotong-royong membersihkan pantai barat Pangandaran. Ditambah lagi dengan adanya bazar makanan, UMKM, dan lomba mewarnai layang-layang, kamu pastinya bisa menemukan banyak hal menarik di sini.

Lokasi Pangandaran International Kite Festival

Pangandaran International Kite Festival 2019 yang diselenggarakan kali ini akan dipusatkan di Lapangan Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran. Untuk ke tempat ini, ada banyak pilihan transportasi yang tersedia, di mana sebagian besar bisa ditempuh melalui jalur darat.

Cara yang mudah dan murah untuk ke Pangandaran adalah dengan menggunakan kereta api. Kamu bisa pesan tiket kereta api menuju Banjar terlebih dahulu, kemudian bisa dilanjutkan dengan menggunakan bus yang tersedia. Di Pangandaran ada hotel dengan pemandangan laut yang indah lho. Jangan lupa dicek ya.

Nah, bagi kamu yang lagi cari tujuan wisata mana yang ingin dikunjungi untuk liburan selanjutnya, atau kamu yang gemar fotografi, maka kamu bisa coba datang ke festival layang-layang internasional di Pangandaran ini.