, ,

Nggak Cuma Cafe, Ubud Juga Punya Segudang Keindahan Yang Sulit Dilupakan

Bali itu memang istimewa. Setiap sudutnya mengandung memori yang sulit dilupakan. Bahkan, setiap daerah di Bali memiliki keunikannya tersendiri. Sebut saja Kuta dan Seminyak yang dikenal memiliki tempat hiburan yang sangat banyak mulai dari pantai hingga kelab malam yang menjadi incaran para turis.

Nusa Lembongan juga dikenal dengan pantai, ombak, dan resort khas Amerika. Begitu pula dengan Ubud yang dikenal dengan kearifan budaya, wisata pegunungan, dan tentu saja cafe ala Eropa yang memikat.

Kalau kamu sedang berada di Bali dan menginginkan suasana yang fresh serta jauh dari keramaian, Ubud adalah destinasi yang tepat. Di tempat ini Sobat Tiket akan menemukan banyak beda yang beberapa di antaranya tersaji di bawah ini.

1. Uji Nyali ke Ubud Monkey Forest
Salah satu destinasi wajib yang bisa kamu kunjungi ketika ke Ubud adalah Monkey Forest. Di sini kamu akan menemukan bangunan pura kuno lengkap dengan kera yang lalu lalang di sekitar pengunjung. Saat ke sini usahakan untuk tidak membawa apa-apa atau dengan ceroboh mengeluarkan benda yang menarik perhatian para monyet yang memang kadang suka mengambil barang miliki wisatawan.

Ubud Monkey Forest
Via @cenkabay

Saat terbaik untuk datang kawasan ini adalah pukul 14.00 di mana monyet sudah mulai kekenyangan. Biasanya mereka tidak akan agresif dan cenderung diam melihat wisatawan yang datang untuk melihat mereka. Oh ya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lakukan vaksinasi rabies sebelum berkunjung ke sini, ya!

2. Menjelajah Alam di Campuhan Ridge Walk
Bosan dengan suasana kota yang sangat monoton dan membuat pusing? Datanglah ke kawasan Campuhan, Ubud. Di sini kamu bisa melakukan perjalanan di bukit nan hijau dengan pemandangan yang menakjubkan. Sepanjang 9 km trek yang disediakan kamu bisa menemukan rumah tradisional penduduk, butik kotemporer, dan masih banyak lagi.

Campuhan Ridge Walk
Via @iworkfortravel

Kamu akan melewati lembah subur di dekat Sungai Wos, sawah-sawah berundak yang tampak indah dari kejauhan, dan latar belakang Gunung Agung yang memukau. Melakukan perjalanan panjang dan melelahkan ini akan memberikanmu banyak pengalaman berharga hingga rasanya ingin mengabadikan setiap momen yang ditemui di jalanan.

3. Menyucikan diri ke Tirta Empul Ubud
Ubud memang tidak pernah habis menyuguhkan keindahan kepada siapa saja yang datang. Setelah menikmati hutan penuh kera dan perjalanan menembus pedesaan, sekarang saatnya kamu beristirahat sejenak. Di salah salah satu kawasan desa Tampaksiring Ubud terdapat sebuah kuil Hindu Suci yang memiliki banyak sekali pancuran air yang sangat jernih bernama Tirta Empul Ubud.

Tirta Empul Ubud
Via @remitaurus

Di sini kamu bisa mandi di pancuran air yang sangat dingin namun menyegarkan. Air yang mengalir dari pancuran dipercaya mampu memberikan kesegaran yang tidak hanya pada badan saja tapi juga batin. Mandi di air ini sama halnya menyucikan jiwa dan raga hingga pikiran menjadi fresh dan siap menjalani kehidupan nyata yang kejam.

4. Menyaksikan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati
Salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan ketika berkunjung ke Ubud adalah menyaksikan pertunjukan Tari Kecak. Salah satu tempat yang paling tepat untuk menyaksikannya adalah di Pura Taman Saraswati yang terletak di kawasan pegunungan Ubud. Di sini kamu akan mendapatkan sebuah pura besar dengan banyak taman dan kolam-kolam berteratai.

Pura Taman Saraswati
Via @prinketsu

Setiap kamis malam dimulai pada pukul 19.30, kamu bisa menyaksikan pertunjukan Tari Kecak dari dekat. Aura magis yang menyeruak akan membuatmu betah dan tidak berkedip menyaksikan tarian massal yang gaungnya sudah sampai ke seluruh dunia.

5. Hangout di Cafe Unik Khas Ubud
Selain dikenal memiliki pesona wisata alam yang memikat, Ubud juga merupakan lokasi yang tepat untuk kamu yang suka hangout. Di sini kamu bisa menemukan deretan cafe menarik yang sulit untuk dilewatkan. Misal Pomegranate Cafe Ubud, cafe yang buka di pinggiran area persawahan ini menyajikan pengalaman unik kepada pengunjung yang datang. Suasana khas Bali ditampilkan secara maksimal lengkap dengan sajian kopi dan makanannya yang menggigit.

Motel Mexicola
Via @bimasya

Cafe selanjutnya yang bisa kamu datangi adalah Motel Mexicola. Di cafe ini kamu bisa merasakan uniknya bangunan yang didesain rasa Meksiko. Semua bangunan dibuat semirip mungkin dengan negeri telenovela itu. Bahkan, sajiannya juga banyak mengadopsi hidangan dari sana. Tertarik mencoba menikmati Ubud dengan cara yang beda? Come here!

Ubud selalu menyajikan hal unik, agak nyeleneh, namun berkesan bagi banyak orang. Kalau kamu ingin menikmati Bali yang anti mainstream, tidak ada salahnya mengunjungi Ubud yang indah ini.