Sumber: Shutterstock.com

,

Menyambangi Jalan Pandanaran, Pusat Oleh-oleh Khas Semarang

Apakah kamu suka membawakan oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat usai liburan dari suatu tempat? Well, selama masih ada bujet, silakan saja. Dengan memberikan oleh-oleh, kamu sedang berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Namun, selain urusan bujet, salah satu tantangan yang akan kamu hadapi adalah memilih tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh. Ada banyak toko yang menjual oleh-oleh, tetapi mencari yang sesuai dengan kebutuhan tidak mudah. Karena itu, jangan lupa untuk bekali diri dengan informasi lengkap sebelum berangkat, ya!

Ragam Oleh-oleh dari Semarang

Salah satu kota di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah Semarang. Selain memiliki berbagai objek wisata populer, ragam oleh-oleh khas Semarang yang menggoyang lidah merupakan daya tarik tersendiri. Untuk membelinya, kamu bisa bertandang ke Jalan Pandanaran, sebuah kawasan pusat kota yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas dari Semarang. 

Apa saja jenis jajanan yang bisa kamu beli? Kuy lihat daftarnya.

1. Lumpia Mbak Lien

Lumpia
Shutterstock.com

Sobat tiket, jangan bilang pernah ke Semarang kalau belum mencicipi lumpia atau loenpia. Ini adalah jajanan khas asal Semarang yang sangat legendaris. Nah, lokasi yang paling tepat untuk berburu lumpia adalah di Jalan Pandanaran.

Dari sekian banyak pilihan, kamu wajib mencoba Lumpia Mbak Lien yang menawarkan cita rasa autentik. Mbak Lien adalah generasi keempat yang mengantongi resep rahasia lumpia asli dari warisan leluhur. Ciri khasnya adalah lumpia yang wangi tanpa bau rebung.

Kamu dapat memilih salah satu dari 3 varian rasa yang dijual, yaitu ayam, udang, dan rasa spesial. Lumpia rasa ayam dan rasa udang dibanderol seharga Rp14.000* per buah, sedangkan rasa spesial, yaitu kombinasi keduanya, dapat kamu beli seharga Rp15.000* per buah.

Bagi yang ingin menikmati pengalaman berbeda, cobalah beberapa varian terbarunya, seperti rasa kepiting, smoked beef, mozzarella, jamur, dan nugget. Dengan tambahan saus widjo, daun bawang, dan acar timun, rasa lumpia akan semakin lezat.

2. Bandeng Juwana Elrina

Bandeng Presto
Shutterstock.com

Ikan bandeng yang diolah dengan cara presto adalah salah satu pilihan oleh-oleh khas Semarang. Rasanya gurih dan lezat dengan duri yang lunak. Bandeng Juwana tahan hingga 4-7 hari setelah diproduksi.

Nah, saat liburan ke Semarang, jangan lupa untuk bertandang ke salah satu gerai yang menjual Bandeng Juwana di Jalan Pandanaran, yaitu Bandeng Juwana Elrina. Keunggulan utama Bandeng Juwana Elrina adalah diolah dari bandeng segar terpilih sehingga hasilnya berkualitas.

Kamu juga bisa langsung mencicipi olahan bandeng presto di Waroeng Bandeng Juwana yang berada di lokasi sama. Menu-menu yang tersedia antara lain Gule Bandeng, Bandeng Tauco, Tongseng Bandeng, dan Sate Bandeng. 

Di Bandeng Juwana Elrina tersedia bandeng duri lunak dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar dengan harga antara Rp107.000* hingga Rp163.000*. Kamu juga bisa memilih bandeng yang di-vacuum kering maupun vacuum basah.

3. Wingko Babat Cap Kereta Api

Wingko
Shutterstock.com

Oleh-oleh dari Semarang yang sangat populer lainnya adalah wingko babat. Jajanan ini terbuat dari olahan kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Dari sekian banyak jenis wingko, merek yang tersohor dan legendaris adalah Wingko Babad Cap Kereta Api.

Wingko Babad Cap Kereta Api telah diproduksi sejak 1946 oleh Mulyono, seorang pendatang dari daerah Babat, Jawa Timur. Wingko ini awalnya dijajakan berkeliling di daerah Stasiun Tawang, Semarang. Para penumpang kereta api membelinya sebagai oleh-oleh.

Supaya mudah dikenal, Mulyono menamai wingko buatannya dengan Wingko Babad Cap Kereta Api. Pada bungkusnya memang ada gambar gerbong kereta api. Cita rasa wingko babat memang lebih khas dibandingkan merek lain.

Kamu bisa menemukan Wingko Babad Cap Kereta Api di toko-toko yang menjual oleh-oleh di sepanjang Jalan Pandanaran, salah satunya di Pusat Oleh-oleh Djoe. Para pedagang kaki lima yang berjualan di pedestrian juga menawarkan jajanan satu ini dengan harga yang lebih miring.

Selain rasa original, wingko babat juga memiliki beberapa varian, seperti nangka, durian, pandan, dan cokelat. Jajanan ini biasanya dijual dalam kemasan satuan beragam warna seukuran 6 cm. Satu bungkus wingko babat seharga Rp2.000* hingga Rp3.000*.

4. Moaci Gemini

Sebenarnya, kue moaci atau mochi bisa dijumpai di beberapa daerah di Indonesia.Kue ini berasal dari Jepang. Moaci terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut dan terasa lengket. Kemudian, adonan dibentuk bulat seperti kelereng. Di dalamnya berisi adonan kacang.

Di Semarang, salah satu merek moaci yang terkenal adalah Moaci Gemini. Moaci yang satu ini berbeda dengan merek kebanyakan karena bagian luarnya dibalut oleh taburan wijen selain tepung. 

Bukan cuma rasa original, kamu juga bisa memilih varian rasa durian, kacang merah, cokelat, strawberry, atau green tea. Harga per dus antara Rp19.000* hingga Rp45.000*. Karena rasanya yang khas, Moaci Gemini menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Semarang.

Pusat penjualan Moaci Gemini adalah di Jalan Kentangan Barat No. 101, Semarang. Namun, kamu juga bisa membeli jajanan ini di berbagai toko pusat oleh-oleh di Semarang, termasuk di Pusat Oleh-oleh DJOE yang terletak di Jalan Pandanaran.

5. Tahu Bakso Murni

Kamu juga bisa membeli Tahu Bakso Murni sebagai oleh-oleh dari Semarang. Tahu bakso juga merupakan makanan khas dari kota ini. Terbuat dari tahu dan campuran daging serta tepung, makanan ini enak disantap, baik sebagai camilan maupun lauk.

Tahu Bakso Murni dijual di beberapa gerai, salah satunya Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana Elrina, Jalan Pandanaran Nomor 55. Tahu bakso ini menjadi favorit banyak wisatawan karena besar, padat, dan enak. Rasanya juga gurih.

Saat ini, tahu bakso dijual dengan varian kecil atau besar. Satu paket dus tahu bakso terdiri atas 10 buah. Jika kamu membawanya sebagai oleh-oleh, pastikan disimpan di suhu dingin sehingga lebih tahan lama. Sementara itu, pada suhu ruang, tahu bakso tahan selama 2-3 hari.

Pilih Oleh-oleh Favoritmu!

Jalan Pandanaran merupakan salah satu ruas jalan yang menuju ke Simpang Lima Semarang. Karena aksesnya sangat mudah, kamu pasti tidak akan kesulitan untuk menyambangi kawasan ini. Dengan mengetahui lokasinya, tentu lebih mudah untuk mencari oleh-oleh yang tepat bagi keluarga dan teman.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah memikirkan jenis oleh-oleh yang kira-kira cocok untuk dibeli saat berlibur ke Semarang? Kini tidak perlu bingung lagi.  Datang saja ke Jalan Pandanaran Semarang.

Bukan hanya pusat oleh-oleh, kamu juga perlu mempersiapkan seluruh itinerary liburan dengan baik sebelum berangkat, termasuk tiket pesawat. Supaya lebih mudah dan praktis, kamu bisa membelinya di tiket.com. Tiket pesawat dari berbagai maskapai tersedia di sini. Selamat berlibur!

*Harga saat artikel ini dibuat