,

Ayo Cicipi Kuliner di Labuan Bajo yang Menggoda, Dijamin Ngiler! 

Wisata Kuliner di Labuan Bajo – Tentunya, nggak cukup kalau eksplor satu kota baru tanpa mencoba kulinernya. Di Labuan Bajo, sobat tiket bisa menikmati makanan khas Flores ataupun makanan autentik negara lain, sambil memanjakan mata dengan panorama alam yang indah.

Ada banyak restoran atau rumah makan yang menyajikan kuliner lezat. Beberapa tempat makan tersebut buka sampai larut malam. Udah ga sabar pengin tahu apa saja yang bisa kamu cicipi di kota dermaga ini? Ayo simak ulasan tiket.com sekarang!

10 Kuliner Top di Labuan Bajo

Untuk membantu kamu saat di Labuan Bajo, tiket.com sudah merangkum 10 kuliner yang bisa kamu coba nih, sobat tiket!

1. Kellan Eat First

kuliner di labuan bajo

Baru landing di Komodo airport dan merasa lapar? Nggak perlu bingung. Kamu bisa langsung cus ke restoran dekat airport yang bernama Kellan Eat First. Restoran ini terlihat sederhana, dihiasi dengan meja dan kursi kayu. Makanan yang bisa kamu coba di sana yaitu makanan khas Indonesia sampai ke makanan khas western.

Menurut karyawan di restoran Kellan, makanan khas di sana yaitu ikan saus kellan yang menggunakan bumbu pedas manis, capcay, sapo tahu, cumi telor asin dan udang asam manis. Selain menu makanan favorit, ada juga pilihan makanan lainnya seperti sop buntut dan sup kepiting asparagus.

Alamat: Jln Mgr. Van Beekum, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jam buka: 

Senin-Minggu: 9am-3pm, 5-9.30pm

2. Seafood Kampung Ujung

kuliner di labuan bajo

Seafood Kampung Ujung adalah tempat yang wajib kamu datangi saat ke Labuan Bajo. Kamu bisa merasakan sensasi nyaman dan santai saat mencicipi berbagai olahan seafood yang fresh.

Ada banyak penjaja seafood di pinggir jalan yang akan menyambut kamu, mereka memasang persis disamping dermaga yang akan menyambut kamu. Kamu bisa duduk di bawah area berkanopi putih di sana saat makan. Beragam pilihan seafood yang bisa kamu coba adalah ikan kerapu, kepiting, udang, cumi, hingga lobster. Cara memasaknya beragam, kamu bisa memilihnya sesuai selera kamu. Bisa dibakar, digoreng asam manis, dan lain-lain.

Harga ikan kerapu ukuran sedang satu porsi berkisar Rp80.000-Rp100.000. Cumi satu porsi Rp100.000, kangkung Rp20.000. Harga tersebut hanya perkiraan, dan bisa berubah-ubah setiap saat dan kamu juga bisa nawar, lho! 

Selain makan seafood yang lezat, kamu juga bisa memesan jus segar di sana. Ada banyak pilihan sayuran dan buah-buahan segar yang bisa kamu pilih. Oh ya, ada juga yang menjual kelapa muda. Asyik, kan?

Alamat: Jl. Ikan Kerapu Kampung ujung, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86754

Jam buka: 

Senin-Minggu: 5pm-11pm

3. UNIQUE Rooftop Bar, AYANA Komodo Resort

kuliner di labuan bajo

Mau nyobain duduk santuy sambil ngemil di salah satu resort termewah di Labuan Bajo? 

Cobain deh ke UNIQUE Rooftop Bar. Di sana, kamu bisa menikmati makanan ringan sambil minum cocktail atau pilihan minuman non-alkohol lainnya sambil mendengarkan musik.

Waktu yang tepat untuk datang ke UNIQUE rooftop bar adalah saat sunset. Sambil duduk di sofa yang empuk, kamu bisa melihat pemandangan fantastis di Flores dengan hamparan bukit yang sambung menyambung. 

Alamat: AYANA Komodo Resort, Waecicu Beach Waecicu Beach, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86554

Jam buka: 

Senin-Minggu

4pm-12am

4. Artomoro Restaurant and Grill

Keterangan: gambar hanya ilustrasi

Kunjungan kamu ke Artomoro dijamin bakalan worth it. Pastinya, kamu bisa mencoba makanan enak dengan harga terjangkau di sini. Makanan yang bisa dinikmati, antara lain, yaitu makanan tradisional Indonesia seperti kangkung belacan, sup bayam, dan seafood.

Kalau kamu ingin mencoba sensasi yang baru, atau bosan dengan yang itu-itu melulu, sobat tiket bisa memesan western food. Ada roti dengan omelette ataupun berbagai pilihan pasta. Yang pasti, pilihan menu di Artomoro ini buanyaaak banget! Jadi, pastinya ada deh yang sesuai dengan selera sobat tiket.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86754

Jam buka: 

Senin-Minggu: 6am-10.30pm

5. Menyantap Makanan di Kapal

Kalau kamu ikut tour di Labuan Bajo, tentunya ada satu atau beberapa hari yang kamu habiskan untuk sailing trip atau menginap di kapal. Biasanya, setiap kapal menyediakan kitchen yang bisa digunakan oleh awak kapal untuk memasak.

Kamu bisa mencicipi makanan enak loh di kapal. Setelah selesai snorkeling atau diving, kamu bisa naik ke kapal dan menikmati makanan enak seperti ikan goreng, tahu, sampai mie goreng. Tidak lupa ditemani dengan jus segar 🙂

6. Bajo Bay Fisherman’s Club

Keterangan: gambar hanya ilustrasi

Lokasi Bajo Bay Fisherman’s Club agak jauh dari jalan utama di Labuan Bajo. Tapi, kamu tentunya harus nyobain restoran yang satu ini. Di restoran ini, kamu bisa menikmati seafood yang fancy, sambil minum cocktail.

Contoh makanan yang bisa kamu coba adalah Fish à la meunière,ikan goreng dabu dabu, chicken tangerine and vegetarian banh mi. Tentunya, harganya bervariasi. Tetapi, kamu bisa siap-siap uang Rp80.000 – Rp150.000 per orang kalau mau makan di sini.

Alamat: Jl. Ikan Krapu, Labuan Bajo, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.

Jam buka: 

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu: 10am-11pm

Jumat: 10am-12am

7. Warung Mama

Keterangan: gambar hanya ilustrasi

Lagi pengen makan makanan Indonesia yang nggak menguras kantong? Nggak perlu ragu-ragu, sobat tiket. Kamu bisa melipir ke Warung Mama. Tempatnya homey banget dan kamu bisa pilih-pilih lauknya sesuai selera. Mau nasi kuning pake ayam, sambal dan tempe? Atau kamu prefer nasi putih hangat dengan rendang dan sedikit mie goreng? Semuanya bisa kamu dapetin di Warung Mama 😉

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Jam buka: 

Senin-Minggu: 8am-10pm

Selasa: Tutup

8. Tree Top Restaurant

Keterangan: gambar hanya ilustrasi

Mau makan sambil melihat view yang keren? Waktunya kamu ke Tree Top restaurant di Labuan Bajo. Saat kamu melintasi Jl. Soekarno Hatta, kamu pasti bisa dengan mudah melihat restoran ini. Bangunannya merupakan bangunan kayu tingkat tiga yang diapit oleh toko-toko kecil. 

Di restoran ini, kamu bisa mencoba udang goreng, cumi goreng tepung, serta kerang saus tiram. Jangan lupa pakai sambelnya, ya! Ada pilihan sambal terasi, sambal kecap manis dan lain-lain. Dan kamu juga bisa bisa sambil melihat pemandangan laut yang indah di depanmu, apalagi waktu sunset.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.

Jam buka: Senin-Minggu: 8am-11pm

9. MadeInItaly Ristorante

Keterangan: gambar hanya ilustrasi

Bosan makanan yang itu-itu melulu? Boleh banget nih cobain makan di salah satu restoran Italy yang makanannya endeus banget di Labuan Bajo. Kamu bisa mencoba berbagai macam olahan pasta di sini.

Di restoran berinterior serba kayu ini, kamu bisa mencoba risotto marinara, stick bread with tomato sauce, dan lain-lain. Di salah satu restoran terkenal di Labuan Bajo ini, kamu juga bisa menikmati minuman beralkohol serta non-alkohol.

Alamat: Jl. Pantai Pede No.10-B, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86574

Jam buka: 

Senin-Sabtu: 11am-11pm

Minggu: 8.30-11pm

10. Arema Sari Laut

Keterangan: gambar hanya ilustrasi

Arema Sari Laut tempatnya kecil, tapi menyajikan menu makan yang sulit untuk dilupakan. Ada berbagai jenis ikan segar yang bisa dipilih, termasuk kerapu patu, ikan cepa dan lain-lain. Masakan andalan di sini adalah ikan kuah asam. Sobat tiket udah ga sabar pengin cobain, nggak? Yang menambah kelezatannya adalah karena ikannya segar dan tidak amis.

Warung ini sudah buka selama lebih dari 10 tahun dan masih ramai dikunjungi turis sampai sekarang. Kalau kamu ingin mencoba makanan lezat ini, langsung aja cus ke Labuan Bajo!

Alamat: Kaper (Jalan Trans Flores Labuan Bajo-Ruteng), Labuan Bajo, Manggarai Barat

Jam buka: 

Senin-Minggu: 11am-17pm

Gimana, udah ga sabar mau ke Labuan Bajo? Kamu bisa kok booking dengan mudah tiket pesawat dan akomodasi di tiket.com! Rencanakan liburan kamu sekarang dan buat momen bahagia bersama orang-orang tersayang 🙂 

Oh ya, selain Labuan Bajo, ada banyak destinasi wisata lainnya di Indonesia yang bisa kamu kunjungi seperti Lombok, Semarang, dan Surabaya. Selamat liburan ya, sobat tiket!

Disclaimer: Tulisan ini akurat dan relevan saat dipublikasikan.

 

 

Baca Juga:

Obyek Wisata Keluarga Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

Ini Tempat Wisata Kekinian di Labuan Bajo, Sudah Tahu Belum?

Rekomendasi Hotel di Labuan Bajo, View Indah yang Bikin Mata Terpana