Liburan Ke Taman Nasional? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini.

,

Liburan Ke Taman Nasional? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini.

Menjelajah taman nasional bisa menjadi salah satu pilihan berlibur Anda saat libur panjang. Terlebih bagi Anda yang tinggal di perkotaan besar dan selalu disibukkan dengan rutinitas kantor. Menikmati alam sambil bercengkrama dengan sahabat bisa jadi salah satu cara menyegarkan kembali pikiran dan badan Anda. Nah, bagi Anda yang belum terbiasa dan berencana untuk menjelajah taman nasional ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Lengkapi berkas perizinan

Taman nasional adalah salah satu tempat yang digunakan untuk konservasi. Meski begitu, ada beberapa bagian yang sengaja dibuka untuk umum dan bisa dikunjungi wisatawan. Ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan sebagai tiket masuk. Beberapa taman nasional juga mengharuskan Anda untuk membuat surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) sebelum masuk. Jadi ada baiknya cari tahu berkas apa saja yang diperlukan untuk memasuki kawasan taman nasional.

  1. Berjalan sesuai trek

Menikmati taman nasional dengan trekking di dalamnya adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan. Pastikan Anda telah mengetahui trek yang harus dilalui, pelajari dengan pasti karena beberapa taman nasional memiliki pilihan trek dan pintu masuk yang berbeda. Berjalanlah di trek yang telah disediakan & jangan sekali-kali membuka jalur baru karena bisa membuat Anda tersesat.

  1. Jaga kebersihan dan kelestariannya

Saat berada di kawasanan taman nasional Anda wajib untuk menjaga kebersihan dan menjaga kelestariannya. Meski ada retribusi yang telah dibayarkan saat masuk, bukan berarti Anda dapat buang sampah seenaknya serta merusak kelestariannya. Bawa kantung plastik khusus untuk semua sampah yang Anda hasilkan selama ada di taman nasional.

  1. Dirikan tenda di tempat seharusnya

Menikmati malam di taman nasional dapat dilakukan saat Anda selesai mendirikan tenda. Dirikan tenda di tempat yang telah ditentukan oleh pengurus taman nasional. Ada beberapa lokasi kemping yang telah disediakan untuk mendirikan tenda. Lokasi kemping ini tentunya telah diperhitungkan untuk keselamatan dan keamanan Anda selama berada di taman nasional, jadi ada baiknya Anda tidak mendirikan tenda di sembarang tempat.

  1. Pergi bersama yang berpengalaman.

Masih merasa kurang aman saat ingin menjelajah taman nasional. Anda dapat meminta bantuan kepada teman yang sudah memiliki pengalaman menjelajah taman nasional. Selain memiliki lebih tahu dengan lokasi yang akan dijelajahi, biasa mereka juga memiliki pengetahuan bagaimana cara bertahan hidup di alam. Jika tidak ada yang bisa diajak, jangan sengan-segan untuk meminta bantuan ranger atau polisi hutan menemani Anda.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga harus mencari tahu kapan waktu terbaik untuk menjelajah taman nasional. Anda dapat pergi menjelajah di taman nasional pada saat musim kemarau tiba, namun jangan lupa perbekalan air yang cukup agar Anda tidak terserang dehidrasi. Sudah tahu taman nasional mana yang mau Anda tuju? Selamat menjelajah!