Liburan Imlek 2020

,

Rencanakan Liburan Imlek 2020, Ini Rekomendasi Negara untuk Merayakannya

Liburan Imlek 2020 – Dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2020 ini, tentu ada sederet kebiasaan yang dilakukan sebelum hari H tiba. Untuk sobat tiket yang merayakan, hal apa nih yang biasa kamu dan keluarga lakukan untuk menyambut Tahun Baru Imlek di setiap tahunnya?

Menurut kalender Tionghoa, 2020 ini akan menjadi tahun Tikus Logam Jantan lho, sobat tiket. Tahun Tikus Logam Jantan dipercaya memiliki keterkaitan dengan baja, senjata, atau angin kencang. Tahun Tikus Logam Jantan ini diartikan pula sebagai kapal di laut yang melawan angin kencang.

Berbicara soal Tahun Baru Imlek yang termasuk dalam hari libur nasional, kurang lengkap ya, jika tidak mengikut sertakan liburannya. Kamu bisa memanfaatkan hari libur ini untuk berlibur bersama dengan keluarga lho, sobat tiket.

Liburan Imlek 2020, Kamu Mau Liburan di Negara Mana?

Meskipun liburan Imlek 2020 bisa kamu lakukan di dalam negeri dan bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Namun nggak ada salahnya kan, untuk merayakan juga di negara lain dengan suasana yang berbeda? Dengan begitu, kamu jadi punya pengalaman baru deh.

Selain negara-negara utama yang merayakan Tahun Baru Imlek, negara-negara ini juga ikut memeriahkan Tahun Baru Imlek lho, sobat tiket. Bisa menjadi referensi liburan Imlek 2020 kamu bersama dengan keluarga besar deh!

1. Hong Kong

Hong Kong menjadi salah satu destinasi liburan Imlek 2020 yang memiliki demand tertinggi. Hal ini memang disebabkan karena Hong Kong merupakan salah satu negara pusat etnis Tionghoa. Jadi, tidak heran kalau negara ini menjadi negara tujuan untuk merayakan liburan Imlek 2020 oleh wisatawan berbagai negara.

Pada perayaan Imlek, Hong Kong akan menampilkan banyak perayaan dalam bentuk penyambutan hari besar bagi etnis Tionghoa ini. Bahkan, atmosfer Imlek pun bisa kamu rasakan sejak 12 hari sebelum Tahun Baru tiba. Jangan lewatkan acara penyambutan seperti parade, kembang api, hingga ornamen-ornamen yang identik dengan Imlek terpasang di seluruh sudut kota.

2. Thailand

Liburan Imlek 2020 - Thailand

Negara tujuan kedua untuk merayakan liburan Imlek 2020 adalah Thailand. Di negara ini, biasanya akan diramaikan dengan festival Imlek yang meriah sekali. Kamu bisa mengunjungi beberapa kota yang tercatat merayakan perayaan Imlek ini nih, sobat tiket. Bukan hanya suasananya saja yang menggambarkan Imlek, tapi kamu juga akan melihat booth-booth penuh pernak-pernik khas China.

Perayaan Imlek yang diselenggarakan atas kerjasama Tourism Authority of Thailand dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China dan Kedutaan Besar China di Thailand ini juga akan menyuguhkan beragam menu makanan khas China yang bisa kamu cicipi. Menarik kan, sobat tiket?

3. Singapore

Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki ragam etnis termasuk Tionghoa. Untuk itu, di setiap tahunnya pun Singapura akan merayakan Tahun Baru Imlek dengan penuh kemeriahan. Chinatown menjadi kawasan utama yang akan menampilkan banyak ornamen khas Imlek dalam rangka menyambut hari besar ini.

Memilih Singapura sebagai destinasi liburan Imlek 2020 kamu bersama keluarga, bisa menjadi opsi terbaik apabila tidak ingin bepergian terlalu jauh dari Indonesia.

4. Taiwan

Selain Hong Kong, Taiwan juga merupakan negara inti dari etnis Tionghoa. Oleh karena itu, menjadikan Taiwan sebagai negara tujuan untuk liburan Imlek 2020 nanti seperti menjadi momen pulang kampung.

Menjadi negara besar yang merayakan Hari Raya Imlek, tidak heran kalau penyambutan Imlek di negara ini akan berlangsung dengan meriah. Kamu akan melihat keseruan dan keramaian dari perayaan Imlek khususnya di Taipei. Karena akan ada festival Pingxi Sky Lantern yang mempesona.

5. Indonesia

Liburan Imlek 2020 - Indonesia

Meskipun etnis Tionghoa bukanlah etnis utama di Indonesia, tetapi meriahnya perayaan hari besar Imlek juga dirasakan khususnya di kota-kota besar. Biasanya, untuk menyambut perayaan Imlek di Indonesia, hiasan bernuansa Imlek akan terlihat di berbagai sudut kota. Mulai dari pusat perbelanjaan hingga jalan-jalan besar.

Bahkan, pada hari H Imlek pun biasanya akan diadakan festival yang meriah. Seperti Barongsai atau tarian Liong yang diselenggarakan di Mall atau pun di acara-acara spesial.

6. Sydney, Australia

Liburan Imlek 2020 - Sydney

Australia bisa menjadi destinasi liburan Imlek yang kamu pilih untuk merayakan Imlek dengan suasana yang berbeda. Karena, Chinatown di Sydney yaitu The Chinese Garden of Friendship akan mengadakan festival yang sangat meriah dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Tidak hanya lampion-lampion saja yang terpasangan di sepanjang jalan. Namun juga akan diadakan parade Barongsai, festival kuliner dengan menu khas China, hingga pemasangan kembang api yang meriah.

7. Korea Selatan

Liburan Imlek 2020 - Korea Selatan

Berbeda dari negara-negara lainnya, perayaan Tahun Baru Imlek di Korea Selatan dikenal dengan sebutan Seollal. Tradisi perayaan Tahun Baru Imlek ini akan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut. 

Dimulai dari 1 hari sebelum perayaan, hari-H, dan hari setelah Seollal. Momen Seollal di Korea Selatan ini menjadi momen yang paling penting bagi masyarakat Korea Selatan. Karena di momen ini, mereka akan memanfaatkannya untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga besar.

8. Amerika

Liburan Imlek 2020 - Amerika

Perayaan Imlek yang meriah juga dirasakan oleh etnis Tionghoa di Amerika lho, sobat tiket. Biasanya, perayaan Imlek akan dengan meriah dilaksanakan di Chinatown yang terdapat di Los Angeles. Namun, suasana Imlek juga bisa dirasakan di beberapa kota lainnya seperti California, Chicago, New York City, Las Vegas, Seattle, Washington DC, dan beberapa kota lainnya.

Akan ada parade Barongsai, festival makanan khas China, pertunjukan musik tradisional, hingga momen bagi-bagi angpao yang pastinya meriah banget, sobat tiket. Kamu harus banget menjadikan Amerika sebagai destinasi merayakan Imlek yang berbeda di tahun ini.

9. Kamboja

Kamboja

Masing-masing negara tentu memiliki cara yang berbeda untuk menyambut dan merayakan Imlek. Sama seperti Kamboja nih, sobat tiket, yang menjadikan perayaan Imlek sebagai momen untuk menyantap daging babi panggang bersama keluarga.

Saat Imlek datang, maka babi panggang menjadi menu makanan yang paling dicari oleh penduduk Kamboja yang merayakan Imlek. Tidak heran jika Phnom Penh akan dipadati oleh para penjual babi panggang, mengingat tingginya permintaan untuk menu makanan ini.

10. Vietnam

Rekomendasi negara untuk destinasi liburan Imlek 2020 terakhir ada Vietnam nih, sobat tiket. Di Vietnam, Imlek disebut dengan nama Tet Nguyen Dan. Jika di Indonesia jajanan khas yang ada saat Imlek adalah kue keranjang, maka di Vietnam adalah Zongzi, semacam bacang.

Keunikan dari perayaan Imlek di Vietnam adalah kepercayaan bahwa tamu pertama yang datang adalah penentu dari keberuntungan bagi mereka.

Rayakan Imlek dengan Pergi Berlibur Bersama Keluarga

Nah, dari 10 rekomendasi negara untuk merayakan Imlek, negara mana nih yang akan kamu kunjungi dan menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga tercinta? 

Jangan lupa untuk pesan tiket pesawat di tiket.com untuk mengantarkan kamu ke negara-negara yang akan kamu tuju tersebut. Baca Tips Wisata Bersama Orang Tua, untuk kamu yang akan mengajak serta orang tuamu dalam liburan nanti.