, ,

5 Kue Legendaris Khas Ketika Hari Natal, Pernah Coba Nggak?

Wah tidak terasa sudah masuk Bulan Desember nih ya, musim liburan telah tiba! Pada penghujung bulan, ada Hari Raya Natal yang dirayakan oleh para pemeluk agama Kristen dan Katolik di seluruh dunia. Suasana yang identik dengan lampu-lampu indah, pohon natal dengan hiasan berwarna merah dan hijau, kado, hingga kue-kue khas Natal, sungguh sangat indah.

Tahukah sobat tiket kalau pada perayaan Natal di berbagai negara, ada beberapa kue khas yang memiliki rasa dan ciri khasnya masing-masing. Penasaran apa saja kue-kuenya? Simak terus ya!

Kue Legendaris Khas Natal Dari Berbagai Negara

1. Buche De Noel

Eits jangan kaget, sobat tiket! Ini bukan batang pohon kayu kok, melainkan kue bolu gulung yang dibentuk dan dihias seperti batang kayu. Kue bernama Buche De Noel ini merupakan hidangan manis tradisional berasal dari Prancis, yang hadir pada setiap perayaan Natal.

Selain menjadi kue khas Natal, ternyata ada makna lain lho dibalik kue Buche De Noel ini. Para masyarakat Perancis meyakini kalau menyajikan makanan ini saat Natal memiliki makna melindungi keamanan rumah serta keluarga di dalamnya. Kue ini mulai populer pada awal tahun 1900-an dan hingga kini masih menjadi salah satu hidangan wajib pada saat Natal.

2. Christopsomo

Menurut bahasa Yunani, christ yang berarti kristus dan psomi berarti roti. Pada bagian atas kue, sobat tiket bisa menemukan sebuah logo salib. Terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, kacang pinus, buah kering dan anggur merah, Christopsomo selalu ada pada perayaan Natal masyarakat Yunani.

Hanya muncul sekali dalam setahu, para masyarakat setempat tidak sembarangan dalam membuat kue yang satu ini. Karena dianggap suci dan sakral, maka pembuatan kue ini pun juga menggunakan bahan-bahan terbaik. Christopsomo diyakini sebagai mendatangkan kesejahteraan untuk keluarga di tahun-tahun berikutnya.

3. Julekage

Kue yang satu ini banyak disajikan saat hari Natal di beberapa negara Eropa seperti, Skandinavia, Denmark dan Norwegia. Beberapa orang juga menyebutnya dengan sebutan Julekaka yang berarti “Roti Yule”. Kue ini memiliki aroma harum khas rempah karena menggunakan kayu manis di dalamnya.

Selain harum, Julekage juga memiliki rasa yang manis dengan beberapa buah kering di dalam kuenya. Memiliki tekstur yang padat, kue ini juga disajikan bersama dengan icing sugar pada bagian atas kue. Cocok sekali untuk dinikmati dengan segelas coklat hangat, sobat tiket!

4. Stollen

Kue natal yang satu ini berasal dari salah satu negara di Eropa yang teknologinya maju, Jerman. Terbuat dari campuran adonan dengan manisan buah hingga kacang almond, rasanya sungguh lezat. Untuk menambah aroma dan rasa pada kue, digunakan rhum sebagai bahan bakunya.

Ada yang menarik dari kue khas Natal ini, apa itu? Stollen jika disimpan dalam waktu lama justru akan semakin meningkatkan rasa yang lebih enak serta harum. Masyarakat Jerman biasa mengenal kue ini juga dengan sebutan Weihnachtsstollen atau Christstollen atau di Belanda dengan nama Kerststol.

5. Panettone

Kue khas natal satu ini berasal dari negara yang memiliki kuliner khas yang mendunia seperti spaghetti dan pizza yaitu Italia. Panettone disajikan saat hari raya Natal dan menjadi salah satu lambang dari kota Milan. Nama kue ini berasal dari dialek “pan del ton” yang memiliki arti roti mewah.

Ada sebuah legenda dibalik cerita kue Panettone ini lho, sobat tiket! Dahulu kala ada seorang bangsawan bernama Ughetto Attelani jatuh cinta dengan seorang anak dari pembuat roti bernama Adalgisa. Agar bisa membantu sang pujaan hati, sang bangsawan membuat sebuah kue mewah sehingga mereka bisa menikah. Romantis sekali ya, sobat tiket?

Hari Raya Natal, Waktunya Liburan!

Sudah siap untuk menghabiskan waktu bersama keluarga? Buat hari Natal kali ini menjadi momen tidak terlupakan untuk berkumpul dan saling bercengkarama dengan orang terkasih. Cari inspirasi untuk kado natal? Jangan khawatir, kamu tidak perlu bingung lagi kok!

Mau merencanakan liburan panjang untuk libur hari Natal dan tahun baru? Kamu bisa cari tiket pesawat, hotel dan masih banyak lagi lewat aplikasi tiket.com. Jangan lupa untuk gunakan promo supaya bujet kamu jadi lebih aman dan liburan lebih hemat. Selamat Natal, sobat tiket!